BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Juventus vs Atalanta: Bianco-seri

17-12-2020 09:47 | Gia Yuda Pradana

Pierluigi Gollini dan Cristiano Ronaldo  (c) AP Photo Pierluigi Gollini dan Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Bola.net - Juventus menjamu Atalanta pada pekan ke-12 Serie A 2020/21, Kamis (17/12/2020). Duel di Allianz Stadium ini berkesudahan seri 1-1.

Juventus unggul terlebih dahulu melalui gol Federico Chiesa di menit 29, tapi Atalanta bisa menyamakan skor lewat gol Remo Freuler di menit 57.

Bianconeri mendapatkan hadiah penalti di menit 60. Namun, eksekusi Cristiano Ronaldo bisa dimentahkan oleh kiper Pierluigi Gollini.

Ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari laga ini. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Bianco-seri

Juventus memang belum terkalahkan di Serie A musim ini. Namun, jumlah kemenangan Juventus sama banyaknya dengan hasil seri yang mereka dapatkan.

Juventus meraih enam kemenangan, tapi juga enam kali seri dalam 12 laga yang sudah mereka mainkan di Serie A 2020/21.

Juventus pun meraih minimal enam hasil seri dari 12 laga pembuka di Serie A untuk pertama kalinya sejak musim 1984/85. Musim itu, Juventus hanya finis peringkat enam.

Jika Bianconeri musim ini terus-terusan menjadi Bianco-seri, maka mereka bakal kesulitan mempertahankan gelar.

2 dari 5 halaman

Juventus Buang-buang Peluang

Alvaro Morata vs Jose Luis Palomino (c) AP Photo Alvaro Morata vs Jose Luis Palomino (c) AP Photo

Juventus bukannya tanpa peluang di laga ini. Total tujuh tembakan tepat sasaran mereka catatkan, tapi hanya bisa mencetak satu gol, dan akhirnya harus puas dengan hasil seri.

Salah satu peluang emas Juventus, selain penalti Ronaldo yang gagal, adalah heel shot Alvaro Morata di babak pertama.

"Itu membuat saya sangat marah," kata pelatih Juventus, Andrea Pirlo, tentang peluang Morata itu, seperti dikutip Football Italia.

"Itu adalah sesuatu yang tak boleh terjadi. Kesempatan-kesempatan seperti itu bisa mengubah jalannya laga. Seseorang harus bisa mengambil keputusan yang tepat, dan dia tidak. Terlepas dari itu, dia bermain hebat. Gagal mencetak gol adalah sesuatu yang kadang bisa kita alami."

3 dari 5 halaman

Gollini Menangi Duel vs Ronaldo

Salah satu kunci keberhasilan Atalanta mencuri poin di Turin adalah kesuksesan kiper Pierluigi Gollini menangkap eksekusi penalti Cristiano Ronaldo.

"Dia salah satu pemain terbaik sepanjang masa," kata kiper 25 tahun Italia itu tentang Ronaldo, seperti dikutip Football Italia.

"Dia menendang ke arah yang sama belakangan ini, tapi saya punya firasat kalau dia akan mengubahnya saat melawan saya."

"Dia mencetak dua gol dari dua [penalti] lawan saya musim lalu. Kali ini, saya yang menang duel."

4 dari 5 halaman

Untung Ada Szczesny

Juventus juga pantas berterima kasih kepada kiper Wojciech Szczesny. Dari enam tembakan tepat sasaran Atalanta, hanya satu yang gagal dia amankan.

Salah satu peluang emas Atalanta yang dimentahkan oleh Szczesny adalah sundulan Cristian Romero di menit 73.

"Dia melakukan sebuah penyelamatan hebat untuk menggagalkan Romero. Saya sempat mengira itu akan gol," kata pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, seperti dikutip Football Italia.

5 dari 5 halaman

Panggung Aksi Penjaga Gawang

Laga ini menjadi panggung aksi dua penjaga gawang. Wojciech Szczesny dan Pierluigi Gollini sama-sama unjuk kehebatan.

Namun, penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan Gollini harus diakui lebih mengagumkan. Enam dari tujuh tembakan tepat sasaran Juventus sukses dia mentahkan.

"Dia melakukan beberapa penyelamatan ajaib," kata Szczesny tentang Gollini, seperti dikutip Football Italia. "Penyelamatan-penyelamatan saya lebih mudah, tapi cukup banyak juga."

"Tak mudah bermain bagus melawan Atalanta, tapi kami seharusnya mencetak gol-gol ketika mendapatkan emat-lima peluang emas. Gollini menggagalkan semuanya. Dia pantas mendapatkan pujian."

KOMENTAR