BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Faktor yang Menentukan di Duel AS Roma vs Parma

08-07-2020 15:58 | Gia Yuda Pradana

Serie A, AS Roma vs Parma (c) Bola.net Serie A, AS Roma vs Parma (c) Bola.net

Bola.net - AS Roma akan menjamu Parma di pekan ke-31 Serie A 2019/20, Kamis (9/7/2020). Ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan jelang duel mereka.

Roma dan Parma sama-sama selalu kalah dalam tiga laga terakhirnya di Serie A. Mereka ingin segera kembali ke trek kemenangan.

Bagaimanakah hasil akhir pertandingan Roma vs Parma? Ada setidaknya lima faktor yang bisa menentukan.

1 dari 5 halaman

Lubang di Lini Belakang Roma

Bek AS Roma, Chris Smalling (c) AP Photo Bek AS Roma, Chris Smalling (c) AP Photo

Roma tak bisa menurunkan kekuatan penuhnya. Yang paling krusial adalah potensi adanya lubang di lini belakang mereka.

Pasalnya, salah satu bek andalan Roma, Chris Smalling, baru mengalami cedera otot dan harus absen lawan Parma. Smalling diperkirakan menepi selama tujuh hingga sepuluh hari ke depan.

Pelatih Paulo Fonseca harus memutar otak meramu barisan pertahanan timnya untuk menghadapi lini ofensif Parma yang tidak bisa diremehkan.

2 dari 5 halaman

Set-piece Roma

AS Roma (c) Official Twitter AS Roma AS Roma (c) Official Twitter AS Roma

Salah satu kelebihan Roma adalah kemampuan mereka dalam memanfaatkan situasi-situasi bola mati (set-piece). Dengan striker seperti Edin Dzeko, Roma sangat berbahaya, terutama lewat corner.

Sejauh ini, Roma sudah mencetak 11 gol lewat situasi-situasi set-piece. Jumlah itu cuma kalah dari Atalanta (16) dan Inter Milan (12).

3 dari 5 halaman

Serangan Balik Cepat Parma

Serie A, Parma vs AS Roma (c) Bola.net Serie A, Parma vs AS Roma (c) Bola.net

Jika ada satu hal yang paling diwaspadai oleh Roma, maka itu adalah serangan balik cepat Parma. Di Serie A musim ini, Parma telah mencetak delapan gol lewat skema serangan balik, lebih banyak daripada tim-tim lainnya.

"Parma sangat agresif dan termasuk salah satu pemilik serangan terbaik di Serie A," kata Fonseca, seperti dikutip Football Italia.

Ada setidaknya dua pemain ofensif berkaki cepat milik Parma yang sangat berbahaya saat timnya melancarkan serangan balik. Yang pertama adalah Dejan Kulusevski. Yang kedua adalah Gervinho, dan Roma pasti sangat mengenalnya, karena dia merupakan mantan pemain mereka.

4 dari 5 halaman

Mentalitas

Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca (c) AS Roma Official Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca (c) AS Roma Official

Setelah sama-sama menelan tiga kekalahan beruntun di Serie A, ada satu faktor penting yang sangat krusial bagi Roma maupun Parma. Faktor itu adalah mentalitas para pemainnya.

Jika mentalitas itu tak segera diperbaiki, maka sulit bagi tim untuk meraih hasil yang mereka inginkan.

"Saya berusaha memperbaiki masalah mentalitas ini," ucap Fonseca, tanpa bermaksud menutup-nutupi masalah yang sedang menghinggapi Roma tersebut.

5 dari 5 halaman

Keinginan untuk Menang

Dejan Kulusevski dan Roberto D Aversa, Parma (c) AP Photo Dejan Kulusevski dan Roberto D Aversa, Parma (c) AP Photo

Satu faktor lain yang tak kalah penting dalam duel ini adalah determinasi, atau keinginan untuk menang. Tim dengan keinginan menang paling kuat bakal memiliki peluang lebih baik untuk mengamankan hasil terbaik.

"Kami harus me-recharge energi dan melakukan apa yang kami bisa untuk memperbaiki keadaan," kata pelatih Parma, Roberto D'Aversa, seperti dikutip Football Italia.

"Kami tak boleh terbiasa dengan kekalahan," tegasnya.

KOMENTAR