4 Kunci AC Milan Petik Poin Penuh di Markas Atalanta

Gia Yuda Pradana | 4 Oktober 2021, 08:33
Pemain AC Milan, Davide Calabria (c) AP Photo
Pemain AC Milan, Davide Calabria (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan memetik poin penuh dalam lawatannya ke kandang Atalanta, Gewiss Stadium, pada pekan ketujuh Serie A 2021/2022 yang berlangsung Senin (4/10), dini hari WIB. I Rossoneri menang 3-2.


Sempat unggul 3-0 via Davide Calabria (1'), Sandro Tonali (42'), dan Rafael Leao (78'), gawang AC Milan robek dua kali pada menit-menit terakhir. Atalanta coba mengejar lewat Duvan Zapata (86' pen), dan Mario Pasalic (90+4).

Namun, Atalanta kehabisan waktu untuk memburu gol ketiga. Injury time selama enam menit akhirnya habis, dan wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Pastinya, kemenangan AC Milan tidak didapat begitu saja karena ada persiapan taktik dan strategi yang matang. Berikut setidaknya empat kunci AC Milan menang di markas Atalanta.

1 dari 4 halaman

Gol Cepat

Bek kanan AC Milan, Davide Calabria (c) La Presse via AP Photo

Sudah menjadi rahasia umum jika gol cepat sangat berguna buat suatu tim. Gol cepat akan membuat lawan cenderung panik dan terburu-buru untuk mengejar ketertinggalan.

AC Milan dalam pertandingan Senin (4/10) dini hari WIB, sukses mencatat gol cepat lewat Davide Calabria. Bek kanan itu sudah mencetak gol pada detik ke-27.

Gol cepat itu membuat Atalanta langsung bermain menyerang total. Namun, permainan AC Milan yang solid membuat La Dea malah kebobolan lagi dua gol.

2 dari 4 halaman

Matteo Pessina Cedera

Pemain Atalanta, Matteo Pessina (c) AP Photo

Gelandang Timnas Italia, Matteo Pessina harus keluar dari lapangan pada menit ke-24. Fakta itu membuat Atalanta kelimpungan karena kehilangan pilar di lini tengah.

Seperti diketahui, Matteo Pessina merupakan salah satu gelandang andalan Gian Piero Gasperini di lini tengah Atalanta. Hal itu terlihat dari menit bermainnya yang tinggi.

Keluarnya Matteo Pessina justru membuat Gian Piero Gasperini memasukkan pemain dengan karakter bertahan, Giuseppe Pezzella. Sebab, belum ada pelapis yang sepadan untuk Pessina dalam daftar gelandang serang Atalanta.

3 dari 4 halaman

Percaya Diri Tinggi

Rafael Leao (c) LaPresse via AP Photo

Usai pertandingan, Davide Calabria menilai kemenangan di Gewiss Stadium berkat kepercayaan diri yang tinggi. AC Milan disebut selalu berpikir mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Kami terus fokus kepada diri sendiri dan percaya bahwa kami adalah yang terbaik. Ada banyak pertandingan dan momen yang berubah, tapi kami tetap harus berpikir positif," katanya.

Davide Calabria merupakan wakil kapten di AC Milan. Jika Alessio Romagnoli tidak bermain, ia yang akan memimpin rekan-rekannya.

4 dari 4 halaman

Belajar dari Liverpool

Skuad AC Milan merayakan gol di markas Atalanta, Senin (4/10/2021) (c) La Presse via AP Photo

Stefano Pioli mengatakan dalam keterangan pers bahwa kemenangan AC Milan atas Atalanta tidak lepas dari persiapan teknis. Terutama mempelajari permainan La Dea secara detail saat bermain di Liga Champions.

"Kami tahu Atalanta sangat agresif dalam bertahan, jadi kami coba melepas seseorang dari lini tengah untuk maju," tutur Stefano Pioli.

"Apa yang tidak kami lakukan dengan baik di setengah jam pertama melawan Liverpool adalah menjadi dinamis. Jadi kami belajar dari situ, untuk mengambil pendekatan yang tepat melawan Atalanta, karena gaya mereka cukup mirip," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR