BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

15 Gelandang Terbaik Juventus Sepanjang Sejarah (Bagian 1)

02-11-2020 21:58 | Serafin Unus Pasi

Mantan pemain Juventus, Pavel Nedved. (c) Juventus FC Mantan pemain Juventus, Pavel Nedved. (c) Juventus FC

Bola.net - Juventus atau yang biasa dikenal Juve adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Turin, Italia. Didirikan pada tahun 1897, Juventus menjadi klub sepak bola Italia tertua ketiga setelah Genoa dan Udinese.

Selama itu, klub yang berjuluk Bianconeri ini sudah meraih banyak gelar bergengsi dalam proses panjangnya. Raihan 36 trofi Serie A dan dua trofi Liga Champions menjadi bukti nyata kekuatan Juventus.

Torehan trofi tersebut tentu tak lepas dari peran pemain yang pernah berseragam Juventus. Apalagi, La Vecchia Signora memang dikenal dengan klub yang memiliki komposisi komplit di setiap lininya dan dihuni banyak pemain legendaris.

Namun yang menarik perhatian tentu dari lini tengah Juve yang banyak dihuni pemain hebat. Dilansir Sportmob, setidaknya ada 15 nama yang dicap sebagai gelandang terbaik Juventus sepanjang sejarah klub.

Lantas, siapa saja mereka?

Selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Marco Tardelli

Marco Tardelli - Francesco Totti (c) AFP Marco Tardelli - Francesco Totti (c) AFP

Siapa yang tidak kenal dengan Marco Tardelli? Yap, gelandang bertahan asal Italia tersebut terkenal dengan selebrasi ikoniknya di final Piala Dunia 1982 melawan Jerman Barat dan dianggap sebagai salah satu momen paling ikonik dalam sejarah Piala Dunia.

Tak hanya terkenal dengan selebrasinya saja, tetapi Tardelli juga dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik Juventus berkat teknik dan kemampuannya yang brilian. Berposisi sebagai gelandang bertahan, ia dikenal sosok yang tekun, terampil secara teknis, dan elegan.

Selama satu dekade bersama Juventus, Tardelli berhasil membawa Bianconeri menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya pada musim 1984/85.

2 dari 5 halaman

Pavel Nedved

Pavel Nedved di Serie A 2004 (c) AFP Pavel Nedved di Serie A 2004 (c) AFP

Keputusan Pavel Nedved hengkang dari Lazio dan bergabung dengan Juventus pada tahun 2001 menjadi keputusan yang tepat. Pasalnya, Nedved berhasil menjelma sebagai pesepak bola terbaik pada generasinya sejak berseragam Bianconeri.

Pemain yang terkenal dengan rambut pirangnya yang panjang itu memiliki atribut lengkap sebagai seorang gelandang. Nedved memiliki tembakan dan tendangan volinya yang kuat dari jarak jauh, berkat kemampuannya itu Nedved mendapat julukan ‘The Czech Canon’.

Delapan tahun membela Juve, Nedved memang tidak banyak mencetak gol dan membuat assist. Tetapi perannya sebagai gelandang kiri untuk Bianconeri terbukti ampuh dengan berbagai trofi bergengsi yang sudah disumbangkan.

Bahkan, Nedved pun pernah meraih gelar individu bergengsi yaitu trofi Ballon d'Or pada tahun 2003. Maka tak heran, apabila gelandang asal Ceko tersebut masuk di dalam daftar gelandang terbaik Juventus sepanjang sejarah.

3 dari 5 halaman

Giancarlo Marrochi

Giancarlo Marocchi (c) Bob Thomas Giancarlo Marocchi (c) Bob Thomas

Giancarlo Marrochi datang ke Juventus pada tahun 1988 setelah enam tahun membela Bologna. Sejak saat itu, Marrochi langsung menjadi pilihan utama di lini tengah Juventus kala itu.

Tercatat, gelandang tengah asal Italia tersebut telah membuat 319 penampilan dan membukukan 25 gol dan tujuh assist. Perannya sebagai gelandang tengah kala itu terbukti cukup ampuh untuk Juventus.

Terbukti di tahun keduanya berseragam Juve, Marrochi langsung membawa La Vecchia Signora juara Liga Europa pada musim 1989/90.

4 dari 5 halaman

Carlo Parola

Carlo Parola bisa dibilang gelandang unik dan lengkap yang pernah dimiliki Juventus. Pasalnya, Parola dapat bermain di posisi penjaga gawang, sayap, dan penyerang tengah.

Selama 16 tahun membela Bianconeri, Parola memang tidak banyak menyumbang gelar untuk Juve. Tetapi perannya yang penting sebagai gelandang bertahan untuk Juve kala itu membuat dirinya layak masuk dalam daftar gelandang terbaik Juventus sepanjang sejarah.

Gelandang berpaspor Italia ini dikenal sebagai gelandang bertahan terbaik sepanjang masa berkat teknik dan kekuatan fisiknya yang hebat. Tak hanya itu, Parola juga dikenal sebagai ‘Mr. Overhead Kick’ karena ia yang menyebarkan tendangan salto tersebut pada tahun 1940-an.

5 dari 5 halaman

Luis Del Sol

Luis Del Sol (c) JFC Luis Del Sol (c) JFC

Luis Del Sol menjadi pemain Spanyol pertama yang membela Juventus kala itu. Luis didatangkan Juve dari Real Madrid pada tahun 1962. Di awal kedatangannya, ia langsung diberi nomor punggung keramat yaitu 10.

Di eranya kala itu, Luis adalah salah satu pemain penting bagi Bianconeri. Tercatat, gelandang tengah asal Spanyol itu membuat 293 penampilan selama delapan musim bersama Juve.

Selama itu, ia pun turut membantu La Vecchia Signora meraih gelar Serie A pada musim 1966/67.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR