11 Laga Bersama Genoa, 2 Kekalahan Lawan AC Milan, dan Shevchenko Out?

Asad Arifin | 14 Januari 2022, 07:47
Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (c) AP Photo
Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Bola.net - Andriy Shevchenko punya banyak memori manis bersama AC Milan. Tapi, kini AC Milan juga mungkin menorehkan memori buruk untuk legenda sepak bola asal Ukraina tersebut.


Shevchenko baru saja membawa Genoa menjalani laga tandang ke San Siro pada ajang Coppa Italia, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB. Genoa sempat memberi perlawanan, walau akhirnya kalah dengan skor 3-1.

Kekalahan pada ajang Coppa Italia ini membuat situasi di Genoa menjadi makin buruk. Shevchenko belum mampu membawa perubahan yang positif bagi klub. Sebelum duel lawan Milan, kabar bahwa dia akan dipecat sudah menguat.

Lantas, bagaimana nasib Shevchenko usai kekalahan dari klub yang pernah menjadi rumahnya tersebut? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 3 halaman

Sambutan Fans Milan

Laga babak 16 Besar Coppa Italia ini menjadi pertemuan kedua Shevchenko sebagai pelatih Genoa melawan AC Milan. Pada laga sebelumnya, Genoa dan Milan bertemu di Serie A. Genoa kalah dengan skor 3-0.

Pertemuan terkini digelar di San Siro. Fans Milan pun memberi sambutan yang hangat untuk Shevchenko. Ada spanduk khusus yang didedikasikan pada sang legenda.

"Kisah cinta yang panjang, lirikan di Manchester terpahat di hati kita, Sheva legenda selamanya," tulis fans Milan.

'Lirikan di Manchester' merujuk pada momen ketika Shevchenko hendak mengambil penalti pada final Liga Champions 2003. Ketika itu, Milan mengalahkan Juventus pada babak adu penalti di Old Trafford.

2 dari 3 halaman

Shevchenko Out?

Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Shevchenko tentu saja harus gembira karena mendapat sambutan manis dari fans Milan. Tapi, ada kabar buruk yang mungkin menanti Shevchenko usai duel melawan Milan.

Shevchenko gagal meningkatkan prestasi Genoa sejak ditunjuk sebagai pelatih. Selain gagal di Coppa Italia, Genoa juga terpuruk di Serie A dengan berada di posisi ke-19 klasemen.

Ancaman pemecatan sudah muncul bahkan sebelum duel melawan Milan. "Sejauh yang saya ketahui, saya melakukan pekerjaan saya setiap hari. Klub kemudian harus mengumumkan keputusan mereka," kata Shevchenko.

3 dari 3 halaman

Baru 11 Laga

Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih Genoa pada November 2021 lalu. Saat itu, klub berada dalam situasi yang cukup pelik. Genoa berjuang untuk lepas dari zona degradasi dan klub berharap banyak pada Shevchenko.

Tapi, setelah 11 laga dilalui, belum ada perbaikan signifikan yang dibawa Shevchenko. Genoa baru sekali menang, tiga kali imbang, dan sisanya selalu kalah. Bukan hasil yang bagus untuk Shevchenko.

"Saya melakukan pekerjaan saya satu hari pada suatu waktu. Saya berusia 45 tahun, saya masih muda dan mendapatkan pengalaman. Hidup itu naik turun, menang dan kalah, saya terus maju dan kami fokus pada proyek," tegasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR