BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Wolves 0-1 Liverpool, The Reds Masih Tumpul

16-03-2021 10:51 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool sukses meraih kemenangan atas Wolverhampton pada laga lanjutan Premier League 2020/2021. Dalam laga yang digelar di Stadion Molineux, Selasa (16/03) dini hari WIB, The Reds meraih kemenangan tipis 1-0. Gol semata wayang pada laga tersebut dicetak Diogo Jota.

Bagi Liverpool, kemenangan ini membawa mereka menempati posisi enam klasemen sementara. Mereka mengoleksi 46 angka dari 29 laga. Sementara, bagi Wolves, kekalahan ini membuat mereka berada di peringkat ke-13 klasemen dengan raihan 35 poin dari 29 pertandingan.

Tak hanya membawa mereka naik satu peringkat di klasemen sementara, bagi Liverpool, kemenangan ini sekaligus memutus raihan buruk yang mereka dapat dari dua laga sebelumnya di Premier League.

Namun, di balik kemenangan ini, masih ada sejumlah catatan pekerjaan rumah yang wajib dituntaskan skuad besutan Jurgen Klopp ini. Apa saja pekerjaan-pekerjaan rumah The Reds? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Gagal Ciptakan Peluang Berkualitas

Wolverhampton vs Liverpool (c) AP Photo Wolverhampton vs Liverpool (c) AP Photo

Menang pada pertadingan kontra Wolves tak berarti Liverpool lebih superior ketimbang lawannya tersebut. Dalam data yang dilansir dari laman Understat, tampak bahwa sejatinya Liverpool justru sedikit di bawah Wolves.

Tak hanya dalam aspek penguasaan bola, Liverpool juga kalah dalam hal menciptakan peluang berkualitas. Understat mencatat bahwa dari 12 peluang yang dimiliki Liverpool, mereka hanya memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,06.

Sementara, Wolves memang hanya memiliki sepuluh peluang dalam laga kontra Liverpool ini. Namun, nilai xG mereka 1,29, lebih tingi dari nilai xG Liverpool. Ini artinya, secara kualitas peluang, Wolves justru lebih unggul ketimbang Liverpool.

2 dari 3 halaman

Penyelesaian Akhir Buruk

Pemain Liverpool, Diogo Jota (c) AP Photo Pemain Liverpool, Diogo Jota (c) AP Photo

Dalam pertandingan ini, Liverpool memiliki 12 peluang tembakan ke pertahanan Wolves. Namun, buruknya penyelesaian akhir mereka membuat hanya empat dari 12 peluang tersebut yang mengarah ke gawang Wolves.

Namun, secara perhitungan nilai xG, tiga peluang yang dicetak di kotak penalti Wolves ini sejatinya tak terlalu tinggi. Jumlah nilai xG tiga peluang tersebut adalah 0,29.

Sementara, peluang terbaik Liverpool pada laga ini dimiliki Sadio Mane pada menit 37. Namun, peluang bernilai xG 0,23 tersebut gagal dikonversi menjadi gol karena melenceng dari sasaran.

3 dari 3 halaman

Pertahanan Murah hati

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Tak hanya sektor penyerangan, divisi pertahanan Liverpool juga harus berbenah. Dalam laga kontra Wolves mereka masih kerap bermurah hati membiarkan pemain lawan menciptakan peluang di area mereka.

Dalam pertandingan ini, Wolves hanya menciptakan tiga peluang di kotak penalti Liverpool yang mengancam gawang The Reds. Namun, di antara tiga peluang tersebut, ada peluang dengan nilai xG terbesar di laga tersebut, yaitu 0,66. Peluang ini dicetak Fabio Silva pada menit 104. Beruntung bagi Liverpool, Alisson Becker sukses mementahkan peluang tersebut.

Jika ingin mempertahankan tren positif mereka, Liverpool tak boleh alpa membenahi lini pertahanan mereka ini.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR