BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Warisan Mesut Ozil untuk Arsenal: 254 Pertandingan, 44 Gol, 71 Assists

25-01-2021 06:00 | Richard Andreas

Mesut Ozil (c) AFP Mesut Ozil (c) AFP

Bola.net - Mesut Ozil akhirnya resmi meninggalkan Arsenal, bergabung dengan Fenerbahce, mengakhiri drama yang berputar setahun terakhir. Ozil pergi meninggalkan torehan impresif.

Ya, meski kepergiannya terbilang buruk -- tidak bermain lagi sekitar setahun terakhir -- torehan Ozil selama 7,5 tahun di Arsenal tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dia menempuh total 254 pertandingan untuk The Gunners di semua kompetisi, menyumbang 44 gol dan 71 assists. Torehan assists inilah yang paling memukau, Ozil dikenal bisa melihat celah umpan yang tak terlihat pemain lain.

Untuk itu, BR Football mengapreiasi karier Ozil di Arsenal dengan membuat tautan di media sosial Twitter. Dimulai dari kedatangan Ozil pada tahun 2013 dan dilanjutkan dengan kontribusi istimewa sang gelandang.

Bagaimana rangkuman singkat perjalanan Ozil selama membela Arsenal? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 7 halaman

Tiba tahun 2013

Tahun 2013, tidak ada yang menduga justru Arsenal yang bisa mendapatkan Ozil dari Real Madrid. Transfer ini pun mengejutkan karena Ozil dinilai sedang bagus-bagusnya.

Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos bahkan sempat memprotes pihak klub yang membiarkan Ozil pergi.

2 dari 7 halaman

Akhiri puasa gelar

Ozil tak butuh waktu lama untuk membuat perbedaan. Musim pertamanya di Emirates Stadium, dia membantu tim menjuarai FA Cup dan mengakhiri puasa gelar selama sembilan tahun.

Saat itu Ozil pun langsung jadi idola baru. Dia paling sering meladeni Olivier Giroud dengan umpan-umpan memanjakan.

3 dari 7 halaman

Gaspol di musim ketiga

Musim terbaik Ozil ada pada musim 2015/16. Dia jadi salah satu pemain terbaik di Premier League, membuat total 19 assists dalam semusim.

Kala itu Ozil sudah dipandang jadi nyawa permainan Arsenal, kehadirannya di lapangan begitu penting.

4 dari 7 halaman

Gol terindah, assist diri sendiri

Saking jagonya bikin assist, Ozil bahkan sampai membuat assist untuk dirinya sendiri. Terjadi pada duel kontra Ludogorets di Liga Champions.

Kala itu Ozil berada di ujung serangan balik Arsenal, berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan, dan mengecohnya dengan mencungkil bola.

5 dari 7 halaman

Spesialis FA Cup

Meski tak pernah menjuarai Premier League, Arsenal selalu dikenal sebagai jagoan Piala FA, dan kehadiran Ozil sangat membantu.

Dia mengoleksi total 4 trofi FA Cup bersama Arsenal, teranyar pada tahun 2020 lalu bersama Mikel Arteta.

6 dari 7 halaman

Tercepat bikin 50 assists

Sekali lagi, Ozil punya mata istimewa untuk melihat celah umpan. Dia tidak banyak mencetak gol, tapi urusan assist tetap jagonya.

Tahun 2017, Ozil jadi pemain tercepat yang membungkus total 50 assists di Premier League, masih belum terpecahkan sampai sekarang.

7 dari 7 halaman

Tinggalkan warisan

Meski setahun terakhir berjalan buruk bagi Ozil yang bahkan tidak bermain, dia tetap patut diapresiasi sebagai salah satu pemain terbaik Arsenal dalam 10 tahun terakhir.

Sekarang, 32 tahun, Ozil melanjutkan kariernya di Fenerbahce. Mungkin akan menunjukkan sisa-sisa sentuhan ajaibnya.

Sumber: BR Football

KOMENTAR