Warbiyasah! Abramovich Dinilai Punya Dampak yang Sama di EPL Seperti Ferguson & Wenger

Dimas Ardi Prasetya | 5 Maret 2022, 04:45
Roman Abramovich, bos Chelsea (c) AP Photo
Roman Abramovich, bos Chelsea (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Arsenal Patrick Vieira mengakui bahwa Roman Abramovich punya dampak yang sama besarnya seperti Sir Alex Ferguson maupun Arsene Wenger di Premier League.


Sir Alex dan Wenger merupakan salah satu di antara dua manajer paling berpengaruh di Premier League. Mereka meraih sukses besar bersama Manchester United dan Arsenal, di dalam maupun luar lapangan.

Abramovich jelas memiliki kapasitas berbeda dibandingkan Sir Alex dan Wenger. Ia bisa dibilang merupakan salah satu pemilik klub terbaik di pentas Premier League.

Ia membeli Chelsea pada tahun 2003 silam. Abramovich mengucurkan dana gila-gilaan untuk berinvestasi di Stamford Bridge.

Hasilnya, ia membantu Chelsea bertranformasi menjadi klub besar di Inggris. Sudah banyak gelar juara yang dimenangkan The Blues.

1 dari 3 halaman

Abramovich Selevel Ferguson dan Wenger

Namun kini Roman Abramovich tak akan lagi menjadi pemilik Chelsea. Ia terpaksa harus melego The Blues sebagai imbas invasi Rusia ke Ukraina.

Jelang perpisahan Abramovich dengan Chelsea, Patrick Vieira ditanya apakah taipan minyak asal Rusia tersebut bisa dikatakan selevel dengan Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger dalam hal pengaruhnya pada Premier League. Vieira pun menganggukkan kepalanya.

“Saya pikir ia adalah bagian dari orang-orang yang Anda sebutkan yang membantu Premier League berkembang,” jawab Vieira seperti dilansir Football London.

“Ia menghabiskan 20 tahun, 19 trofi dan berhasil membawa beberapa pemain terbaik dunia ke Premier League," serunya.

“Terlepas dari apa yang sedang terjadi, saya sangat yakin ia adalah bagian dari orang-orang yang membantu Premier League menjadi sukses," ujar Vieira.

2 dari 3 halaman

Vieira Desak Dunia Olahraga Bersatu

Pekan lalu Patrick Vieira menyerukan para pemimpin dari seluruh dunia olahraga untuk bersatu dan menggunakan pengaruh mereka untuk membantu mendorong perdamaian di Ukraina. Ia kemudian menegaskan kembali seruan tersebut jelang duel Crystal Palace lawan Wolverhampton di laga pekan ke-28 Premier League.

"Kami memiliki peran untuk dimainkan dan ketika saya mengatakan kami, yang saya maksud adalah komunitas sepak bola," serunya.

“Saya pikir ini adalah pernyataan yang sangat kuat untuk mendukung apa yang sedang terjadi di seluruh dunia saat ini dan terutama di Ukraina," tegas Vieira.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR