BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Wahai Unai Emery, di Mana Mesut Ozil?

22-10-2019 09:54 | Asad Arifin

Mesut Ozil (c) AFP Mesut Ozil (c) AFP

Bola.net - Tidak ada nama Mesut Ozil dalam daftar susunan pemain Arsenal vs Sheffield United yang digelar Selasa (22/102019) dini hari WIB. Tentu saja ini menimbulkan pertanyaan besar, di mana Mesut Ozil?

Arsenal berjumpa Sheffield pada laga pekan ke-9 Premier League 2019/2020. Arsenal kalah dengan skor 1-0 pada laga di Bramall Lane. Gol dicetak oleh Lys Mousset pada menit ke-30.

Manajer Arsenal, Unai Emery, memilih tampil dengan formasi 4-2-3-1. Pierre-Emeric Aubameyang dipercaya menjadi penyerang tengah. Pemain asal Gabon tersebut ditopang tiga gelandang serang: Nicolas Pepe, Joe Willock, dan Bukayo Saka.

Pemilihan tiga pemain di belakang Aubayemang membuat fans Arsenal terheran-heran. Mengapa Emery lebih memilih Joe Willock dan mengabaikan begitu saja Mesut Ozil? Apakah ini tanda masa depan Mesut Ozil di Arsenal sudah tiada?

1 dari 2 halaman

Di mana Mesut Ozil?

Dikutip dari BBC Sports, setiap kali Arsenal usai bermain, para jurnalis peliput Arsenal hampir selalu bertanya 'di mana Mezut Ozil?' kepada Unai Emery. Sang manajer pun diyakini sudah mulai bosan dan enggan menjawab pertanyaan itu lagi.

Sebenarnya, pertanyaan itu sudah dijawab oleh Unai Emery pada awal musim 2019/2020 lalu. Pelatih asal Spanyol itu tidak benar-benar punya rencana dan tempat untuk Mesut Ozil di skuat Arsenal.

"Sang pemain bisa membantu kami. Dia memiliki skil serta kualitas besar yang kami butuhkan di laga berikutnya. Saya senang melihat bagaimana dirinya berkembang dan berlatih setiap harinya," kata Unai Emery.

Namun, sejauh ini Mesut Ozil baru satu kali dimainkan oleh Unai Emery pada musim 2019/2020. Pemain berusia 31 tahun bermain sebagai pemain inti di laga melawan Watford, saat Arsenal bermain imbang 2-2. Itu pun Mesut Ozil tidak bermain selama 90 menit.

Sejak bermain di Arsenal pada tahun 2013, Mesut Ozil masih tercatat sebagai pemain paling kreatif. Eks Real Madrid itu, berdasarkan BBC Sports, mampu membuat 522 peluang. Jauh lebih baik dibanding Aaron Ramsey [272], Santi Cazorla [190] atau bahkan Granit Xhaka [121].

Ketika Arsenal nampak buntu dan minim kreativitas seperti di laga melawan Sheffield, maka tidak heran jika keberadaan Mesut Ozil mulai dirindukan. Joe Willock, maupun Dani Ceballos, dinilai belum mampu berada di level yang sama dengan Mesut Ozil.

2 dari 2 halaman

Siapa yang Salah, Arsenal? Mesut Ozil? Atau Unai Emery?

Situasi yang terjadi antara Unai Emery, Arsenal dan Mesut Ozil cukup kompleks. Semuanya punya sikap tetap tidak ada pemahaman di antara mereka. Mantan pemain Aston Villa, Lee Hendrie, melihat ada yang salah dari hubungan mereka.

"Ini pasti salah urus," ucap Lee Hendrie dikutip dari BBC Sport.

"Pada zamannya dia adalah pemain kelas dunia tetapi ketika Anda mendapatkan uang sebanyak itu, maka Anda akan berada di bawah pengawasan. Anda mendapat gaji besar dan tidak bermain," sambung Lee Hendrie.

Chris Sutton, kepada BBC Sport, menilai masalah yang menimpa Mesut Ozil harus segera diselesaikan. Sebab, jika kondisi ini terus berlanjut, klub dan para penggemar menjadi pihak yang paling dirugikan.

"Saya tidak peduli berapa banyak Mesut Ozil dibayar, yang paling penting adalah bagaimana dia tampil di lapangan dengan mengenakan jersey Arsenal - dan dia tidak melakukan itu," kata Chris Sutton.

"Arsenal harus mengirim dia keluar atau mereka harus membuatnya kembali bermain di samping, tetapi itu tergantung pada kinerja mereka sendiri dan saya merasa mereka telah menyebabkan masalah mereka sendiri," tegas Chris Sutton.

Sumber: BBC Sport

Deretan Pesepak Bola Jatuh ke Pelukan Wanita yang Lebih Tua

KOMENTAR