BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Waduh, Taktik Mikel Arteta Membuat Pemain Arsenal Ini Jadi Frustrasi

30-10-2020 10:22 | Yaumil Azis

Willian bersama Mikel Arteta usai laga melawan Fulham, Sabtu (12/9/2020). (c) AP Photo Willian bersama Mikel Arteta usai laga melawan Fulham, Sabtu (12/9/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Musim perdana Willian di Arsenal Diwarnai dengan bumbu frustrasi. Kendati demikian, ia tidak mempermasalahkan hal itu karena mendapatkan banyak pembelajaran dari sang pelatih, Mikel Arteta.

Sebelumnya, Willian menjalani karir yang cukup panjang bersama klub raksasa Inggris lainnya, Chelsea. Ia melalui tujuh tahun semenjak direkrut dari Shakhtar Donetsk dan meraih serangkaian prestasi.

Perjalanannya bersama Chelsea dipastikan berakhir setelah kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan soal durasi kontrak. Alhasil, begitu kontrak lamanya berakhir, ia memilih hengkang ke Arsenal.

Dengan segudang pengalamannya, Willian tidak menemui kesulitan untuk menembus skuat utama. Meskipun sempat mengalami cedera, pria berkebangsaan Brasil tersebut bisa mencatatkan enam penampilan di semua ajang musim ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Willian Mengaku Frustrasi

Berganti klub, artinya Willian harus melalui proses adaptasi lagi. Sebab Arsenal secara kulturnya saja sudah berbeda dari Chelsea. Belum lagi dirinya harus berhadapan dengan sosok baru di kursi kepelatihan, Mikel Arteta.

Willian mengaku bahwa dirinya frustrasi dalam mempelajari taktik yang diusung pria asal Spanyol tersebut. Namun ia tidak kesal ataupun sedih karena bisa belajar banyak darinya.

"Permainan posisi bukan berarti anda punya kebebasan di lapangan, anda punya kebebasan bergerak, namun berkali-kali anda harus menghormati posisi, apa yang diminta oleh pelatih, instruksinya, memahami bahwa itu akan jadi lebih baik untuk tim," buka Willian ke Globo Esporte.

"Anda mungkin saja tidak akan menyentuh bola dan merasa frustrasi, namun Mikel selalu mengatakan itu, menunggulah, bola akan datang. Saya belajar banyak darinya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Ahlinya

Taktik yang membuat Willian frustrasi ini mungkin didapatkan Arteta saat menjadi asisten pelatih Manchester City. Selama di klub berjuluk the Citizens tersebut, ia mendapatkan banyak ilmu dari Josep Guardiola.

Guardiola sendiri bukanlah pelatih yang ecek-ecek. Ia pernah meraih berbagai macam prestasi di klub-klub sebelumnya dan kini dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia.

Dalam kurun waktu empat tahun sejak dirinya berlabu di Etihad Stadium, Guardiola sudah mempersembahkan total delapan gelar. Ia bahkan pernah membantu the Citizens menyapu bersih semua gelar domestik di musim 2018/19.

(Metro)

KOMENTAR