BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Wacana EPL Musim 2020/21: Liverpool Auto Juara dan Liga Digulirkan dengan 22 Tim

14-03-2020 19:07 | Serafin Unus Pasi

Bola resmi pertandingan Premier League. (c) EPL Bola resmi pertandingan Premier League. (c) EPL

Bola.net - Sebuah rumor beredar terkait rencana Premier League jika musim kompetisi 2019/2020 tidak bisa dilanjutkan. Ada setidaknya empat langkah yang akan diambil operator Liga Inggris itu, salah satunya adalah menghadiahi Liverpool gelar juara.

Per hari Jumat (13/3) kemarin, Premier League resmi ditunda. Hal ini dikarenakan sejumlah pemain dan manajer yang bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris itu sudah terjangkit COVID-19 alias virus corona.

Menurut pengumuman resmi mereka, EPL akan ditunda setidaknya akan ditunda hingga tanggal 4 April mendatang. Namun penundaan ini bisa diperpanjang jika kondisi penyebaran virus corona semakin memburuk.

Sejauh ini sudah digaungkan rencana untuk membatalkan secara penuh EPL musim ini. Musim ini dianggap tidak ada dan semuanya akan dimulai ulang pada musim 2020/2021 mendatang.

The Telegraph mengklaim bahwa operator Premier League mulai mempertimbangkan sejumlah opsi jika EPL musim ini dibatalkan. Ada setidaknya empat langkah yang dirumorkan akan diambil.

Apa saja langkah yang akan diambil EPL? SImak informasinya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Liverpool Otomatis Juara

Menurut laporan tersebut, Premier League musim depan apapun hasilnya akan menobatkan Liverpool menjadi juara.

Langkah ini diambil untuk mengapresiasi perjuangan Liverpool musim ini. The Reds memang menjadi tim yang paling dirugikan jika liga jadi dibatalkan karena mereka hanya kurang enam poin saja untuk menjadi juara, sementara masih ada sembilan laga yang tersisa.

Untuk itu, EPL mewacanakan agar apapun hasil yang akan didapatkan Liverpool musim depan, mereka secara otomatis didaulat menjadi juara.

2 dari 4 halaman

Liga Pakai 22 Tim

Perubahan kedua yang akan terjadi adalah jumlah kontestan akan ditingkatkan menjadi 22 tim.

22 tim itu rinciannya adalah 20 tim peserta EPL musim ini ditambah Leeds United dan Wes Brom yang saat ini menempati peringkat satu dan dua Championship.

Langkah ini diambil karena ada persaingan yang sangat ketat di zona degradasi, sehingga sulit untuk menentukan siapa yang harus didegradasikan. Sementara Leeds dan West Brom sudah unggul jauh di klasemen Championship sehingga kedua tim bisa dipromosikan ke EPL.

3 dari 4 halaman

Lima Tim Didegradasi

Sebagai dampak dari dinaikkannya jumlah peserta EPL musim depan, maka jumlah tim yang terdegradasi akan ditingkatkan.

Biasanya hanya ada tiga tim yang terdegradasi ke Championship. Namun jika dengan sistem 22 tim, maka ada lima tim yang akan terdegradasi.

Jumlah ini ditingkatkan agar untuk musim 2021/22 sistem promosi dan degradasi kembali normal, yaitu tiga tim promosi dan tiga tim degradasi.

4 dari 4 halaman

Carabao Cup Dihapuskan

Langkah lain yang akan diambil oleh FA untuk mengatasi 22 tim yang bertanding di EPL adalah penghapusan kompetisi EFL Cup (Carabao Cup)

Langkah ini diambil karena dengan 22 tim yang bertanding, dibutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menuntaskan liga. Untuk itu mereka perlu menghapus satu kompetisi yang dianggap memiliki tingkat kepentingan yang paling rendah.

Untuk itu EFL Cup rencananya akan dihilangkan selama satu musim untuk memberikan tambahan waktu untuk penyelenggaraan liga.

(The Telegraph)

KOMENTAR