BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Virgil Van Dijk, Senjata Berharga Liverpool dari Set Piece

20-01-2020 22:18 | Dimas Ardi Prasetya

Selebrasi Virgil Van Dijk usai mencetak gol ke gawang Manchester United, Minggu (19/01/2020). (c) AP Photo Selebrasi Virgil Van Dijk usai mencetak gol ke gawang Manchester United, Minggu (19/01/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Trent Alexander-Arnold mengakui bahwa Virgil van Dijk merupakan salah satu senjata Liverpool yang paling berharga dari situasi set piece alias bola mati.

Van Dijk tampil apik saat Liverpool menjamu Manchester United di matchday 23 Premier League di Anfield, Minggu (19/01/2020). Ia membuka keunggulan timnya dengan menjebol gawang David de Gea pada menit ke-14.

Bek asal Belanda itu menanduk bola hasil sepak pojok Trent. Ia juga tampil solid dalam mengawal lini pertahanan Liverpool.

The Reds akhirnya berhasil dibawanya menang dengan skor 2-0. Virgil Van Dijk sendiri terpilih menjadi Man of the Match pertandingan tersebut.

1 dari 2 halaman

Pujian Trent untuk Van Dijk

Trent Alexander-Arnold saat beraksi di laga Leicester City vs Liverpool di King Power Stadium, Jumat (27/12/2019). (c) AP Photo Trent Alexander-Arnold saat beraksi di laga Leicester City vs Liverpool di King Power Stadium, Jumat (27/12/2019). (c) AP Photo

Usai pertandingan, Trent Alexander-Arnold memberikan pujian setinggi langit kepada Virgil van Dijk. Ia mengakui bahwa bek dengan tinggi badan 193 cm itu merupakan salah satu senjata paling berharga Liverpool dalam urusan set piece.

"Ya, ia mungkin salah satu, jika bukan bek tengah paling produktif di liga dan memiliki seseorang seperti itu, yang masuk ke dalam kotak dan menempatkan kepalanya di ujung umpan adalah hal yang fantastis," puji Trent pada situs resmi Liverpool.

"Saya pikir ia menunjukkan bahwa ia mungkin adalah bek tengah terbaik di dunia selama 18 bulan terakhir dan ia menunjukkannya lagi hari ini. Pekerjaan defensifnya mungkin sedikit tanpa disadari karena kita sudah terbiasa melihatnya tetapi Anda tidak dapat mengabaikannya begitu saja," serunya.

"Ia selalu ada di tempat yang tepat, jumlah sundulan yang ia keluarkan untuk kami, memenangkan duel udara dari situasi sepak pojok, sangat berharga bagi kami," puji Trent.

2 dari 2 halaman

Bek Tengah Paling Produktif

Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle (c) AP Photo Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle (c) AP Photo

Virgil van Dijk mulai memperkuat Liverpool sejak Januari 2018 lalu. Sejak saat itulah ia menjadi pilar andalan Jurgen Klopp di lini belakang.

Namun Van Dijk tak cuma bisa membuat lini belakang Liverpool sulit ditembus. Ia juga mampu memberikan kontribusi saat menyerang dengan mempersembahkan gol.

Sejauh ini, sudah delapan gol yang telah dipersembahkan oleh Van Dijk bagi Liverpool. Hal itu sudah cukup membuatnya mendapatkan status sebagai bek paling subur di Premier League.

"Virgil van Dijk telah mencetak delapan gol Premier League untuk Liverpool sejak bergabung pada Januari 2018, yang paling banyak di antara para bek tengah. Gunung."

Virgil Van Dijk dkk sempat kesulitan meraih clean sheet bagi Liverpool di awal musim ini. Namun belakangan ini performa The Reds membaik dan berhasil mencatatkan tujuh clean sheet beruntun di Premier League.

(liverpoolfc.com/opta)

KOMENTAR