BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Virgil van Dijk Cedera, Ini 4 Bek Tengah Yang Bisa Diandalkan Liverpool

19-10-2020 14:13 | Asad Arifin

Bek Liverpool Virgil Van Dijk. (c) AP Photo Bek Liverpool Virgil Van Dijk. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool menerima kenyataan pahit. Bek andalannya, Virgil van Dijk mengalami cedera ACL yang didapat kala Liverpool berduel dengan Everton di derby Merseyside di pekan kelima Premier League 2020/21, Sabtu (17/10/2020).

Cedera ACL yang didapat Van Dijk, tak lain dan tak bukan akibat tekel mengerikan dari kiper Everton, Jordan Pickford yang berusaha menghalangi Van Dijk untuk menendang bola rebound.

Akibat tekel brutal itu, kabarnya bek asal Belanda tersebut akan absen memperkuat Liverpool selama tujuh hingga delapan bulan akibat cedera ACL yang dialaminya.

Absennya Van Dijk tentu membuat kerugian besar bagi Liverpool. Pasalnya, pemain berusia 29 tahun ini adalah tembok utama di lini pertahanan The Reds sejak kedatangannya di Anfield.

Namun, Jurgen Klopp tidak perlu khawatir. Karena, di skuat The Reds saat ini setidaknya ada empat pemain yang bisa diandalkan pelatih asal Jerman itu untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Van Dijk.

Lantas, siapa saja mereka? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

1. Joe Gomez

Joe Gomez berduel melawan Ainsley Maitland-Niles di laga Community Shield Arsenal vs Liverpool, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo Joe Gomez berduel melawan Ainsley Maitland-Niles di laga Community Shield Arsenal vs Liverpool, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo

Joe Gomez menjadi pemain yang paling memungkinkan untuk menggantikan posisi Van Dijk. Bukan tanpa alasan, mengingat musim lalu Gomez memang menjadi duet bek asal Belanda tersebut di lini belakang Liverpool.

Selain itu, pemain berusia 23 tahun ini juga mempunyai kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Gomez dibekali kecepatan, duel udara yang baik serta tackle yang cukup mematikan pergerakan lawan.

2 dari 4 halaman

2. Joel Matip

Joel Matip (c) lfc Joel Matip (c) lfc

Setelah hanya menjadi pelapis Joe Gomez musim lalu, kini Joel Matip mempunyai kans yang cukup besar untuk bermain reguler di lini belakang Liverpool. Cederanya Van Dijk tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Matip.

Pasalnya, bek asal Kamerun tersebut bisa menjadi opsi menarik untuk Jurgen Klopp. Apalagi, Matip pernah menjadi andalan Klopp di awal-awal kedatangannya.

Sehingga, tidak susah bagi pemain berusia 29 tahun tersebut untuk mendapatkan kesempatan bermain selama Van Dijk masih absen.

3 dari 4 halaman

3. Fabinho

Fabinho (c) AP Photo Fabinho (c) AP Photo

Sejatinya, Fabinho adalah seorang gelandang bertahan. Namun, sejak mendaratkan kaki di Anfield, Fabinho beberapa kali pernah diplot oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp untuk bermain sebagai bek tengah.

Dengan absennya Van Dijk, Fabinho pun mempunyai kesempatan untuk bisa bermain sebagai bek tengah. Apalagi di musim ini, pemain berusia 26 tahun itu juga sudah pernah diplot oleh Klopp sebagai bek tengah ketika Liverpool mengalahkan Chelsea 2-0.

4 dari 4 halaman

4. Sepp van den Berg

Sepp Van Den Berg (c) LFC Sepp Van Den Berg (c) LFC

Di antara nama-nama di atas, mungkin nama Sepp van den Berg menjadi yang tidak diunggulkan. Namun, potensi pemain berusia 18 tahun ini sangat besar. Bahkan, The Reds rela menggelontorkan dana sebesar 1,9 juta euro untuk mendapatkan jasanya.

Mempunyai postur tubuh yang tinggi yaitu 189 cm, Van den Berg bisa diandalkan dalam situasi duel bola udara dan terlihat sebagai sosok yang dominan di lini belakang. Tak hanya itu, bek asal Belanda tersebut juga memiliki kelincahan dalam mendribel bola.

Bukan tak mungkin, apabila Van den Berg bisa menjadi pilihan yang baik untuk Jurgen Klopp mengingat padatnya jadwal Liverpool dan cederanya Van Dijk.

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR