BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Virgil Van Dijk Absen, Ini Efeknya Bagi Trent dan Robertson

20-10-2020 20:58 | Dimas Ardi Prasetya

Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. (c) Pool Getty via AP Photo Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Eks bek Liverpool Glen Johnson mengatakan absennya Virgil van Dijk akan memaksa duo fullback Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson bermain dengan lebih berhati-hati ketimbang biasanya.

Liverpool akan kehilangan Van Dijk dalam jangka waktu yang lama. Bisa jadi ia akan absen hingga lebih dari enam bulan.

Sebab ia mengalami cedera ACL di lutut kanannya. Butuh operasi untuk bisa mengatasi cedera itu dan waktu pemulihannya akan sangat lama.

Van Dijk sendiri adalah pilar tak tergantikan di lini belakang Liverpool. Ia juga berperan besar membantu The Reds meraih empat gelar juara dalam dua musim terakhir.

1 dari 2 halaman

Van Dijk Bakal Dirindukan

Menurut Glen Johnson, absennya Virgil van Dijk akan membuat skuat Liverpool terpengaruh. Sebab kehadirannya memiliki efek besar pada performa orang lain di sekelilingnya.

"Ia pemain nomor satu yang jelas Liverpool tidak ingin ia sampai absen. Ia salah satu pemain yang membuat semua orang tampil lebih baik ketika ia di luar sana, tidak ada dua cara lagi, ia akan dirindukan," serunya pada Mirror.

Yang lebih penting lagi, Van Dijk bisa memberikan rasa aman pada rekan-rekannya. Jadi mereka bisa bergerak maju tanpa harus terbebani pikiran untuk membantu lini pertahanan.

"Tidak ada yang lebih baik sebagai bek sayap menyerang untuk berpikir 'oh sebenarnya, saya tidak perlu mundur karena saya tahu bahwa Van Dijk ada di sana, atau John Terry ada di sana'. Anda hanya tahu mereka akan memenangkan bola."

2 dari 2 halaman

Pengaruhi Performa Trent dan Robertson

Virgil Van Dijk merayakan gol yang dicetak oleh Andrew Robertson ke gawang RB Salzburg. (c) AP Photo Virgil Van Dijk merayakan gol yang dicetak oleh Andrew Robertson ke gawang RB Salzburg. (c) AP Photo

Glen Johnson menambahkan, absennya Virgil van Dijk ini nanti jelas akan memengaruhi penampilan Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold. Sebab mereka kini tak akan bisa lagi leluasa bergerak maju.

"Jika Anda melihat dari balik bahu Anda dan itu orang lain maka Anda tidak mendapatkan kepercayaan diri itu, dan kemudian Anda harus berada di posisi yang sama sekali berbeda."

"Kami telah melihatnya selama bertahun-tahun dengan Trent. Kadang-kadang secara defensif ia mendapat beberapa posisi yang buruk, tetapi itu tidak masalah karena Van Dijk akan menyapu semuanya di belakang dan membuat semuanya terlihat sangat mudah."

"Kedua full-back harus berubah," tegas Glen Johnson.

Sebelum Virgil van Dijk absen, pertahanan Liverpool sebenarnya sudah cukup ambyar. Dari lima laga, mereka sudah kebobolan 13 gol.

(Liverpoolfc.com)

KOMENTAR