BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

VAR Untungkan Manchester United, Solskjaer: Keputusan Tepat, Kami Gembira

18-02-2020 09:00 | Richard Andreas

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United berhasil memetik kemenangan 2-0 dalam kunjungan ke Stamford Bridge, kandang Chelsea, Selasa (18/2/2020). MU terbilang diuntungkan VAR pada pertandingan ini, bahkan sampai tiga kali.

Pertama, VAR membebaskan Harry Maguire dari hukuman kartu merah usai terlihat melanggar Michy Batshuayi. Lalu, VAR dua kali menganulir gol Chelsea, yang mungkin seharusnya bisa mengubah skor jadi 2-2.

Frank Lampard langsung mengeluhkan keputusan VAR ini yang menurutnya merugikan dan keliru. Namun, keluhan Lampard itu dianggap tidak tepat oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Solskjaer merasa VAR sudah membuat keputusan tepat. Apa katanya?

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Keputusan Tepat

Penggunaan VAR di Premier League sudah dikritik sejak awal musim. Salah satu kekurangan terbesarnya adalah tidak adanya monitor di tepi lapangan yang seharusnya jadi acuan wasit pemimpin pertandingan.

Solskjaer pun pernah mengeluhkan VAR, tapi tidak kali ini. Menurutnya, keputusan VAR pada laga tersebut sudah benar dan MU gembira bisa menjalani pertandingan yang adil.

"Anda menginginkan keputusan-keputusan yang tepat dan kami senang akhirnya keputusan itu dibuat, sebab sebelumnya tidak ada keputusan tepat tanpa bantuan itu [kritik terhadap VAR]," tutur Solskjaer di Manutd.com.

"Tahun ini sudah terbukti beberapa kali bahwa kami membutuhkan bantuan itu [monitor di tepi lapangan]. Saya tidak tahu mengapa demikian."

2 dari 2 halaman

Tidak Gol

Solskjaer pun yakin bahwa dua gol Chelsea memang layak dianulir. Pertama, Azpilicueta terbukti mendorong Brandon Williams sebelum Kurt Zouma mencetak gol. Kedua, Olivier Giroud terbukti offside sebelum melepas tendangan yang menjebol gawang David De Gea.

"[Gol Giroud] offside. Lalu untuk gol Zouma, saya melihat layar dan sepertinya ada dorongan di punggung. Jadi bagi saya itu bukan gol," sambung Solskjaer.

Kemudian, tentang pelanggaran Harry Maguire yang lolos dari hukuman kartu merah, Solskjaer merasa bek andalannya itu tidak bermaksud melukai Batshuayi.

"Saya kira itu bukanlah kartu merah. Dia hanya melindungi dirinya sendiri. Ada pemain [Batshuayi] yang berdiri di hadapannya dan kakinya berada di posisi yang menyakitkan," tandasnya.

Sumber: Manutd

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland