Van Dijk Mulanya tak Paham Seberapa Besar Liverpool Itu

Dimas Ardi Prasetya | 11 Mei 2020, 16:31
Virgil Van Dijk (c) AP Photo
Virgil Van Dijk (c) AP Photo

Bola.net - Virgil Van Dijk mengaku ia awalnya tak paham seberapa besar Liverpool itu dan baru menyadarinya saat ia bermain di Southampton.


Van Dijk termasuk pemain yang cukup telat berkembang. Ia mulai karir profesionalnya bersama Groningen pada tahun 2011. Dua tahun kemudian ia gabung dengan Celtic di Skotlandia.

Performanya menarik perhatian Southampton dan pada tahun 2015, mereka menariknya ke Premier League. Di Soton, Van Dijk mulai menunjukkan kemampuannya sebagai bek tengah yang solid.

Ia kemudian diincar Manchester City, Liverpool, dan Chelsea. Namun pada akhirnya ia memilih gabung The Reds pada musim dingin 2018 dengan bandrol mencapai 75 juta pounds.

Di Liverpool, Van Dijk berkembang jadi bek terbaik dunia, di usia 27 tahun. Ia juga menjadi andalan lini pertahanan Timnas Belanda. Bek kelahiran Breda ini dikenal sebagai bek yang sulit dilewati dalam duel satu lawan satu.

1 dari 2 halaman

Tak Paham Seberapa Besar Liverpool

Virgil Van Dijk mengenang masa-masa sebelum ia pindah ke Liverpool. Bek berusia 28 tahun ini mengatakan sebelumnya ia buta informasi soal klub Merseyside tersebut.

Ia akhirnya baru mulai merasakan aura kebesaran Liverpool setelah bermain di Inggris bersama Southampton. Terlebih ia sempat bermain melawan mereka dan bertemu dengan para suporternya.

Pada akhirnya, hal itu ikut membantu Van Dijk membuat keputusan untuk mengacuhkan Manchester City dan memilih Liverpool.

"Sungguh tidak nyata bagi saya harus membuat keputusan ke mana harus pergi pada saat itu. Perasaan instan ada di sana dengan Liverpool dan mereka memenuhi sebagian besar persyaratan saya," kata Van Dijk dalam sebuah wawancara dengan Jamie Redknapp di Sky Sports.

"Ketika saya pergi ke Celtic, saya tidak menyadari seberapa besar mereka pada waktu itu, tetapi saya memiliki perasaan sebelum saya bergabung dengan Liverpool seberapa besar Liverpool sebenarnya," serunya.

"Anda melihat semua pertandingan mereka, saya sudah bermain di sana dua kali sebelum saya bergabung dengan mereka, dan selama waktu sebelum saya masuk, saya bertemu begitu banyak orang, penggemar Liverpool, yang akan mengatakan, 'Saya harap Anda bergabung dengan kami'," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Everton dan Kemajuan Liverpool

Virgil Van Dijk langsung bisa beradaptasi dengan Liverpool setelah pindah ke Anfield. Ia bahkan langsung dimainkan saat The Reds bersua Everton dan bahkan langsung mencetak gol.

Van Dijk juga berhasil membantu Liverpool masuk ke dua final Liga Champions, dan memenangi satu di antaranya. Dua gelar lainnya menyusul dan musim ini ia sebenarnya nyaris membawa The Reds juara Premier League.

Van Dijk mengaku sangat mengingat debutnya bersama Liverpool. Dan setelah melihat perjalanannya sejauh ini, ia mengaku senang karena dirinya dan The Reds telah berkembang begitu jauh dan ia berharap situasinya akan terus seperti itu.

"Itu istimewa, dan ketika segala sesuatunya selesai dan Anda mulai bermain, debut saya melawan Everton adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan," seru Van Dijk.

"Bagaimana keadaan pada akhirnya; dimulai pada musim dingin, mencapai final Liga Champions, kekecewaan karena kalah, tetapi kemudian memenangkannya setahun kemudian, nyaris mendekati memenangkan Premier League dan jelas sekarang kami berada dalam posisi yang sangat beruntung untuk mudah-mudahan bisa melewati batas ketika segalanya mulai bergerak lagi," serunya.

"Kami membuat kemajuan besar sebagai sebuah tim dan saya sendiri jelas telah membuat kemajuan besar," tandas Van Dijk.

(sky sports)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR