Van Dijk Bek Terbaik Premier League? Eks Liverpool Ini Justru Bilang Tidak

Dimas Ardi Prasetya | 14 Mei 2020, 21:10
Selebrasi Virgil van Dijk usai membobol gawang Brighton (c) AP Photo
Selebrasi Virgil van Dijk usai membobol gawang Brighton (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Liverpool Steve Nicol berpendapat Virgil Van Dijk saat ini masih terlalu dini untuk disebut sebagai bek terbaik Premier League sepanjang masa.


Van Dijk membuat banyak orang terkesan dengan performanya, khususnya setelah ia membela Liverpool. Kehebatannya sudah diakui dengan diberikannya penghargaan bek terbaik UEFA pada musim lalu.

Van Dijk juga berhasil memenangi penghargaan pemain terbaik Premier League 2018-19. Selain itu, ia juga dianggap layak memenangi trofi Ballon d'or 2019 lalu, meski pada akhirnya dikalahkan oleh Lionel Messi.

Bek asal Belanda ini juga memicu perdebatan. Ada yang menyebutnya layak disebut sebagai bek terbaik di Premier League sepanjang masa dan tentunya ada yang merasa ada bek lain yang lebih baik darinya.

1 dari 2 halaman

Pujian Kompany

Liverpool Sebelumnya mendapatkan pujian dari eks kapten Manchester City, Vincent Kompany. Bek asal Belgia itu bahkan mengabaikan nama-nama besar lain seperti John Terry dan Rio Ferdinand.

"Saya memilih Virgil van Dijk sebagai bek terbaik. Mungkin itu aneh karena ia tidak bermain dengan nama-nama top, John Terry dan Rio Ferdinand. Mereka telah bermain di level top untuk waktu yang sangat lama," ucapnya.

"Tetapi, dalam beberapa musim terakhir, Van Dijk memberikan sinyal yang sangat jelas bahwa ia berada di puncak. Ia telah melangkah jauh dari level sebelumnya," seru Kompany.

2 dari 2 halaman

Bukan yang Terbaik

AKan tetapi Steve Nicol memiliki pendapat yang berbeda ketimbang Vincent Kompany. Ia mengatakan Virgil Van Dijk memang bek top, namun saat ini ia belum bisa dianggap sebagai bek terbaik sepanjang masa karena ia baru menunjukkan performanya terbaiknya dalam dua musim terakhir bersama Liverpool.

"Saya pikir itu sangat sulit untuk berbalik dan mengatakan dia adalah bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Premier karena masalahnya sekarang dia saat ini dan itulah yang menjadi fokus Kompany," kata Nicol kepada ESPN FC.

“Orang terbaik di Premier League di Southampton adalah Van Dijk dan ia datang dan ia tampil luar biasa. Ia saat ini, tanpa pertanyaan, adalah bek tengah teratas di dunia sepak bola, apalagi di Premier League," ucapnya.

"Waktunya berada di puncak dengan Liverpool masih pendek, dua musim, jadi saya tidak cukup siap untuk mengatakan ia yang terbaik yang pernah ada. Ia tentu saja di sana dalam argumen tetapi hanya sedikit lebih awal bagi saya untuk melemparkan penghargaan semacam itu," tegasnya.

(espn)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR