BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Van de Beek Tak Perlu Panik, Dengarkan Saja Komentar De Gea dan Fred

20-01-2021 06:50 | Richard Andreas

Donny van de Beek (c) AP Photo Donny van de Beek (c) AP Photo

Bola.net - Donny van de Beek mungkin tak menyangka bahwa musim debutnya di Manchester United justru lebih banyak dihabiskan di bangku cadangan. Meski demikian, seharusnya Van de Beek tidak perlu panik.

Bagi pemain luar Inggris, musim pertama di Premier League selalu berjalan sulit. Hal ini pun pernah diakui langsung oleh dua rekan Van de Beek sekarang, David De Gea dan Fred.

Sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, pun meyakini bahwa Van de Beek hanya butuh waktu untuk mencapai level yang diperlukan di Premier League, tidak perlu terburu-buru.

Setidaknya komentar-komentar De Gea dan Fred pun sudah cukup untuk membuat Van de Beek lebih tenang. Lantas apa kata mereka?

1 dari 3 halaman

De Gea: Musim pertama diragukan

Beberapa tahun lalu, De Gea pernah bicara soal musim pertamanya di MU. Kasusnya sama seperti Van de Beek, dia sangat kesulitan di musim pertama, bahkan dicap pembelian flop karena fisik terlalu kurus.

"Sepak bola Inggris berbeda, khususnya untuk kiper. Lebih agresif, lebih menuntut fisik. Jauh lebih sulit. Bola lebih sering di udara dan Anda sering didorong lawan tapi wasit tetap diam," ujar De Gea.

"Ada keraguan soal musim pertama saya tetapi saya selalu percaya pada kemampuan sendiri. Anda harus bersikap tangguh ketika segalanya berjalan sulit."

"Saya kira saat itu orang-orang tidak menyadari bahwa musim pertama tidaklah mudah," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Fred: Musim pertama sangat sulit

Bukan hanya De Gea, Fred pun pernah melontarkan kalimat yang sama. Dia datang dari Shakhtar Donestk dan langsung dituntut tampil apik di MU, jelas gagal.

Fred bahkan sempat dikabarkan akan dijual MU sampai akhirnya dia bisa menemukan performa terbaiknya setahun terakhir.

"Musim pertama sangatlah sulit, saya kira banyak pemain yang menderita karena itu. Saya pun sungguh kesulitan di musim pertama, terlebih karena beban harga," kata Fred.

"Anda datang dengan ekspektasi tinggi, hasilnya ketika Anda tidak bermain baik di semua pertandingan, Anda akan dikritik."

3 dari 3 halaman

Van de Beek santai saja

Dua komentar pemain MU di atas seharusnya sudah cukup menenangkan Van de Beek. Dia baru tiba di Old Trafford, kariernya masih panjang, tidak perlu panik jarang bermain.

Yang perlu diperbuat Van de Beek adalah terus bekerja keras dan terus belajar membiasakan diri. Dia baru 23 tahun, wajar jika banyak dicadangkan saat ini.

Sumber: Express

KOMENTAR