BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Usai Tottenham, Klub Mana Saja Nih yang Bisa Dituju Jose Mourinho?

30-04-2021 23:29 | Dimas Ardi Prasetya

Jose Mourinho (c) AP Photo Jose Mourinho (c) AP Photo

Bola.net - Jose Mourinho kini tengah mencari klub baru setelah ia dipecat oleh Tottenham.

Mourinho didepak oleh Tottenham pada 19 April lalu. Ia didepak setelah Spurs bermain imbang lawan Everton.

Pelatih asal Portugal itu cuma bertahan di Spurs selama sekitar 17 bulan saja. Sejatinya ia masih terikat kontrak dengan klub London tersebut hingga tahun 2023 mendatang.

Ada beberapa spekulasi terkait pemecatannya. Ada yang menyebut karena prestasi Spurs yang tak membaik dan ada juga yang mengatakan ia didepak karena menolak melatih tim usai manajemen ikut gabung European Super League secara sepihak.

Kini Mourinho menganggur. Namun ia menegaskan tak mau lama-lama berdiam diri tanpa pekerjaan. Ia ingin segera menangani klub baru.

Jadi kira-kira klub mana saja yang nanti bisa jadi pelabuah karir baru Mourinho? Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

AC Milan

Saat ini AC Milan masih dilatih oleh Stefano Pioli. Kontraknya dengan Rossoneri masih tersisa hingga tahun 2022 mendatang.

Namun kini masa depannya tidak menentu. Sebab performa AC Milan menurun dan mereka terancam gagal finis di zona empat besar Serie A. Jika itu terjadi, maka Rossoneri tak akan bisa bermain di Liga Champions.

Jika Milan gagal lagi bermain di Liga Champions, Pioli kabarnya bisa dipecat di akhir musim ini. Saat itulah Jose Mourinho bisa masuk.

Dengan pengalamannya, ia bisa membantu mengangkat performa AC Milan. Di San Siro nanti, ia juga akan sangat terbantu oleh kehadiran Zlatan Ibrahimovic.

Mourinho memang pernah membesut Inter Milan. Namun hal itu tak akan jadi halangan baginya. Ia sebelumnya pernah membela Chelsea, namun hal itu tak menghalanginya menukangi Manchester United dan Tottenham.

2 dari 5 halaman

Juventus

Juventus tidak baik-baik saja musim ini. Performa mereka menurun dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Tentu saja ini tak lepas dari Andrea Pirlo. Ia masih belum bisa menemukan racikan yang cocok bagi Juve. Maklum saja ia belum punya pengalaman melatih sebelumnya.

Juve sekarang terancam tak bisa lolos ke Liga Champions. Selain itu mereka juga gagal di UCL musim ini dan gagal juga di Serie A. Satu-satunya harapan adalah Coppa Italia, namun di final mereka akan bersua Atalanta.

Nasib Pirlo disebut berada di ujung tanduk. Ia bisa saja didepak pada musim panas nanti.

Jika jadi berpisah, Mourinho bisa membantu meningkatkan performa Juventus lagi. Ia juga akan dibantu sejumlah pemain senior di klub tersebut. Selain itu, jika Mourinho datang ada kemungkinan Cristiano Ronaldo mungkin mau bertahan di Turin.

3 dari 5 halaman

Glasgow Celtic

Glasgow Celtic sekarang sedang mencari pelatih baru. Sebab raksasa Skotlandia itu sebelumnya ditinggalkanoleh Neil Lennon.

Beberapa kandidat sudah dikaitkan dengan Celtic. Di antaranya ada Eddie Howe dan bahkan legenda Manchester United, Roy Keane. Namun keduanya tak punya pengalaman juara.

Di sinilah Mourinho bisa datang. Ia akan membantu Celtic kembali berjaya di pentas domestik.

Celtic sendiri musim ini dikalahkan oleh rival abadinya, Glasgow Rangers. Jika Mourinho merapat, akan ada pertarungan menarik antara dirinya dengan pemain yang dulu sangat ia dambakan yakni Steven Gerrard.

Melatih Celtic sendiri mungkin juga akan bisa membantu Mourinho menemukan lagi kepercayaan dirinya, mengingat ia sebelumnya gagal di Man United dan Tottenham. Sebab level sepak bola Skotlandia tentu di bawah Premier League dan tekanannya juga tak akan terlalu besar.

4 dari 5 halaman

FC Porto

Klub ini tentu sangat familier dengan Jose Mourinho. Ia pertama kali mencuri perhatian dengan kesuksesannya membawa Porto jadi juara Liga Champions 2004.

Kembali ke Porto jelas bisa menjadi pilihan baginya. Kembali ke klub yang menjadi awal kesuksesan karirnya sebagai pelatih mungkin bisa membantunya menemukan lagi sentuhan ajaibnya yang hilang dalam beberapa tahun terakhir.

Porto sendiri saat ini memang masih dilatih oleh Sergio Conceicao. Akan tetapi karena kinerjanya yang apik, ia dilirik oleh sejumlah tim, di antaranya adalah Fiorentina. Bisa jadi ia akan segera angkat kaki dari klub tersebut.

5 dari 5 halaman

Valencia

Ada opsi bagi Jose Mourinho untuk kembali ke La Liga. Bukan ke Real Madrid tentunya.

Ia bisa menukangi klub Valencia. Saat ini klub tersebut masih dilatih oleh Javi Gracia.

Ia juga masih terikat kontrak dengan Los Che hingga 2022. Akan tetapi kabarnya manajemen Valencia tak puas dengan kinerja pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Sekarang ini Valencia ada di posisi 14 klasemen sementara La Liga. Mereka cuma mengoleksi 36 angka dari 33 laga. Mereka cuma terpaut enam angka dari Elche yang ada di posisi 18, tepat di ujung zona degradasi.

Dengan pengalamannya, Jose Mourinho diharapkan bisa membawa Valencia bisa bersaing di papan atas La Liga. Selain Madrid, Mourinho sebenarnya juga punya pengalaman sebagai asisten pelatih di skuat Barcelona di era tahun 90an silam.

(Mirror/Fichajes)

KOMENTAR