BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tuchel Masa Bodoh dengan Status Kepa Sebagai Kiper Termahal: Siapa yang Peduli?

22-09-2021 07:06 | Yaumil Azis

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. (c) Chelsea FC
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. (c) Chelsea FC

Bola.net - Kepa Arrizabalaga menyandang status kiper termahal dunia setelah dibeli Chelsea. Namun sejauh ini, ia belum mampu membuktikan kalau dirinya pantas diberikan label tersebut.

Kiper berkebangsaan Spanyol tersebut memijakkan kakinya di Stamford Bridge sebagai pemain Chelsea pada tahun 2018. The Blues menebus klausul transfernya dengan nilai yang tidak main-main untuk menggantikan Thibaut Courtois.

Biaya yang dikeluarkan Chelsea untuk mendapatkan Kepa pada tahun 2018 lalu mencapai 71 juta pounds. Dan dalam sekejap, gelar kiper termahal pindah ke tangannya setelah sempat dipegang Alisson Becker selama beberapa hari.

Namun, berbeda dengan Alisson, performa Kepa jauh dari kata memuaskan. Banyak yang beranggapan kalau harganya memberikan beban tersendiri, sehingga Kepa tak mampu mengeluarkan kehebatannya seperti waktu di Athletic Bilbao.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pujian Tuchel Buat Kepa

Selama beberapa musim terakhir, penampilan Kepa kerap mengundang kritik dari berbagai kalangan. Namun pada musim ini, kritikus seperti sudah tidak punya alasan untuk memberikan komentar negatif lagi untuknya.

Pria berusia 26 tahun itu mencatatkan penampilan dalam dua laga, salah satunya saat Chelsea bertemu Villarreal pada laga Piala Super UEFA. Ia juga bermain ketika Edouard Mendy tak bisa tampil di laga kontra Tottenham akhir pekan kemarin.

Kepa berhasil menjaga gawangnya bersih saat menghadapi Tottenham, yang membuat Chelsea bisa menang dengan skor telak 3-0. Sang pelatih, Thomas Tuchel, sampai kesulitan menahan diri untuk tidak memujinya.

"Kami memiliki dua kiper super kuat. Apakah kami butuh keduanya? Kami punya buktinya akhir pekan kemarin. Dia adalah faktor kunci yang membuat kami bisa mendapatkan clean sheet," ujar Tuchel, dikutip dari Goal International.

2 dari 2 halaman

Siapa yang Peduli dengan Harganya?

Beberapa laporan menyebutkan kalau Kepa sedang tidak betah di Chelsea karena jarang diberi kesempatan tampil. Namun dari pandangan Tuchel, tidak ada masalah dari Kepa di setiap sesi latihan.

"Dia terlihat gembira buat saya, dia mungkin tidak senang dengan situasinya, tapi dia senang pada tempat dia berada dan bagian yang ia mainkan dalam tim ini," kata Tuchel.

Tuchel juga tidak peduli dengan label harga Kepa yang sangat tinggi. Buatnya, uang tidak lagi relevan dalam setiap obrolan berkaitan dengan sang penjaga gawang.

"Siapa yang peduli soal apa yang klub bayar? Memangnya kenapa? Uang tidak lagi penting sekarang. Pertanyaannya adalah apakah kami mampu memiliki dia sebagai penjaga gawang," pungkasnya.

(Goal International)

KOMENTAR