BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tuchel Bawa Perubahan Besar, Hakim Ziyech Bisa Gagal Total di Chelsea

09-02-2021 15:00 | Richard Andreas

Pemain Chelsea, Hakim Ziyech (c) AP Photo Pemain Chelsea, Hakim Ziyech (c) AP Photo

Bola.net - Kedatangan Thomas Tuchel sejauh ini membawa dampak positif untuk Chelsea. Empat laga telah dilalui, dengan tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Pemain-pemain Chelsea yang sempat tersingkir di era Frank Lampard pun kembali mendapatkan kesempatan bermain di bawah Tuchel. Singkatnya, Chelsea memulai dari nol dengan taktik dan gaya main baru.

Tuchel tampak lebih menyukai formasi 3-4-3, dengan dua wing-back sebagai senjata utama. Formasi ini tampak menjanjikan bagi sebagian besar pemain, tapi sepertinya bisa jadi masalah untuk Hakim Ziyech.

Ya, Ziyech bisa jadi gagal total di Chelsea karena formasi ini dan karena keberadaan Mason Mount. Apa maksudnya?

1 dari 2 halaman

Mount jawab tantangan

Ketika Lampard dipecat, muncul dugaan bahwa Mason Mount bakal kembali duduk di bangku cadangan. Namun, faktanya sekarang Mount telah jadi starter pada tiga laga bersama Tuchel.

Mount tampak cepat beradaptasi dengan gaya main Tuchel. Permainannya mengalir, cerdas membawa bola, juga punya energi untuk menggebrak ke depan. Mount juga pemain yang serbabisa.

Lawan Burnley, dia awalnya turun di sisi kanan trio penyerang, lalu digeser ke tengah di babak kedua, mengisi ruang di belakang Werner-Pulisic.

Lawan Tottenham, Mount bermain sebagai false nine. Dan lawan Sheffield kemarin, dia kembali ke posisi favoritnya sebagai si no. 10.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Ziyech?

Lalu bagaimana dengan Ziyech? Jelas eks Ajax ini tidak mungkin mengisi pos wing-back di formasi 3-4-3 Tuchel. Ziyech tidak punya kemampuan defensif yang mumpuni.

Artinya, jika Tuchel tidak mengubah formasi dan gaya mainnya, Ziyech harus bersaing langsung dengan Mount untuk peran false nine atau si no. 10. Dan ini pun masih belum menghitung nama Kai Havertz.

Ziyech benar masih penuh percaya diri, dia pasti siap bersaing ketat dengan Mount. Masalahnya, kondisinya belum benar-benar fit dan sering diserang cedera ringan kambuhan.

Jika tidak bermain reguler, Ziyech bakal sulit menggusur Mount dalam taktik Tuchel, dan kariernya di Chelsea bisa tenggelam.

Sumber: Football London

KOMENTAR