BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tribut Melankolis dari Jose Mourinho untuk Petr Cech

16-01-2019 00:30 |

Petr Cech (c) ARS
Petr Cech (c) ARS

Bola.net - Pengumuman pensiun kiper Arsenal, Petr Cech, membuat Jose Mourinho jadi mendayu-dayu. Wajar saja, sebab pelatih asal Portugal tersebut merupakan sosok yang membawa Cech menunjukkan sinarnya di Premier League.

Petr Cech mendarat di Inggris usai Chelsea merampungkan transfer dari Rennes seharga tujuh juta pounds di tahun 2004 silam. Mourinho memberinya panggung pertunjukan untuknya setelah kiper utama, Carlo Cudicini, mengalami cedera di awal musim.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh pemain asal Ceko tersebut. Pada musim perdananya, ia mencatatkan total 48 penampilan di semua kompetisi dengan torehan 29 clean sheet dan hanya kebobolan 28 gol saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Tribut Mourinho untuk Cech

Masa-masa kebersamaan Cech dengan Mourinho hanya bertahan tiga musim saja, sebab sang pelatih memilih pergi di tahun 2007. Namun keduanya kembali bereuni di Stamford Bridge pada tahun 2013 lalu.

2015, Cech dan Mourinho kembali berpisah jalur. Ia memilih pindah ke Arsenal, sedangkan Mourinho harus nganggur setahun sebelum direkrut oleh Manchester United. Pada tahun 2016, keduanya bertemu pertama kali sebagai lawan di ajang Premier League.

Kini, Cech telah berumur 36 tahun. Baru-baru ini, ia mengumumkan akan gantung sepatu dari dunia sepak bola pada akhir musim nanti. Mourinho pun tak bisa menahan ucapan manisnya untuk Cech.

"Saya merasa terhormat bisa menjadi pelatih yang, pada umurnya yang masih muda, memberikan seragam nomor satu di klub papan atas Premier League," ujar Mourinho seperti yang dikutip dari Sky Sports.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Besar untuk Sepak Bola

Mourinho menyebut pensiunnya Cech sebagai salah satu hari kehilangan terbesar di dunia sepak bola. Untuk memberikan penghormatan kepadanya, ia mengucapkan selamat atas catatan karir sang kiper yang dianggapnya luar biasa itu.

"Setelah hari itu, semuanya tentang dia. Semuanya berbicara tentang angkanya, performanya, clean sheet-nya, gelar, dan juga profesionalitasnya," tambahnya.

"Sebuah kehilangan besar untuk sepak bola, tapi sejarah tidak bisa dihapus. Selamat untuk karirnya yang luar biasa," tandasnya.

Selama di Chelsea, ia berhasil mempersembahkan total 15 gelar dari berbagai ajang, termasuk Premier League serta Liga Champions. Sedangkan untuk Arsenal, walau tidak lama, ia sempat memberi gelar juara FA Cup dan juga Community Shield.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini

Di antara dua pemain terbaik di dunia saat ini, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, siapakah yang dipilih oleh bintang Chelsea, Eden Hazard? Cari tahu jawabannya melalui tautan video yang telah tersedia di bawah ini.

KOMENTAR