Tottenham vs Southampton: Ketika Antonio Conte Pertanyakan Mentalitas Spurs

Richard Andreas | 10 Februari 2022, 12:00
Ekspresi Antonio Conte di tengah pertandingan Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Ekspresi Antonio Conte di tengah pertandingan Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Tottenham menelan kekalahan pahit dari Southampton (2-3) dalam duel lanjutan Premier League 2021/22, Kamis (10/2/2022). Kemenangan sudah di depan mata, tapi sirna karena lengah.


Pertandingan berjalan alot. Spurs unggul lebih dahulu lewat gol bunuh diri Jan Bednarek di menit ke-18, tapi Southampton dengan cepat menyamakan kedudukan melalui Armando Brojka (23').

Laga semakin alot di babak kedua. Spurs kembali unggul melalui aksi Son Heung-Min di menit ke-70. Sayangnya, kemenangan yang sudah di depan mata sirna karena kebobolan di 10 menit akhir.

Menit ke-79, Mohamed Elyounouossi menyamakan kedudukan. Lalu di menit ke-82, Che Adams menuntaskan come back Southampton.

1 dari 4 halaman

Cukup bagus, tapi ...

Tottenham tidak berdaya menghadapi gempuran Southampton. Mereka mungkin dua kali unggul, tapi tidak benar-benar menguasai pertandingan.

Statistik menunjukkan bahwa Southampton berhasil membuat 23 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. Artinya, Spurs dipaksa kesulitan di wilayah bermainnya sendiri.

Permainan Spurs di babak kedua juga tidak lebih baik. Butuh waktu lama bagi mereka untuk menemukan ritme yang tepat dan mencetak gol kedua.

Sayangnya, Spurs tidak bisa memanfaatkan momentum setelah unggul kedua kalinya. Justru mereka membiarkan Southampton bermain lebih leluasa.

2 dari 4 halaman

Kata Conte

(c) AP Photo

(c) AP Photo

Conte mengakui hasil pertandingan kali ini sangat mengeecwakan. Timnya sudah berjuang maksikmal, tapi ada massalah dalam ritme dan penerapan taktik di lapangan.

"Kekecewaan besar, pertandingan alot, liga ini sangat sulit dan kami harus tahu bahwa kami adalah tim yang bermain untuk memenangi pertandingan," ujar Conte di Tottenhamhotspur.com.

"Di setiap pertandingan kami harus memberikan 120 persen. Hari ini, para pemain sudah memberikan usaha maksimal."

"Hanya di babak pertama kami sedikit kesulitan karena terlalu banyak kesalahan saat membawa bola," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Pertanyakan mentalitas

Conte juga sedikit meragukan mentalitas skuadnya. Mereka membuat kesalahan-kesalahan sendiri saat membawa bola. Akibatnya, perlahan-lahan pemain Spurs justru tertekan sendiri.

"Menurut saya, ketika Anda membuat kesalahan saat menguasai bola, ada kemungkinan munculnya masalah mental yang tidak stabil," sambung Conte.

"Kami baru mulai bermain di babak kedua, berjalan cukup bagus. Jelas, ketika Anda mencetak gol dan masih ada 15-20 menit sisa pertandingan, Anda harus berhat-hati."

"Kami memenangi laga kontra Leicester dengan cara seperti itu dan sekarang kami kalah dari Southampton dengan cara yang sama," tandasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR