BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tottenham Hotspur 1-3 Manchester United: Kunci Kebangkitan Setan Merah

12-04-2021 11:47 | Gia Yuda Pradana

Manchester United (c) Pool via AP Manchester United (c) Pool via AP

Bola.net - Manchester United sukses meraih kemenangan pada laga lanjutan Premier League 2020/2021, kontra Tottenham Hotspur. Dalam laga yang dihelat di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (11/04) malam WIB tersebut, United menang dengan skor 3-1.

Kemenangan ini sangat berarti bagi United. Tiga poin dari laga ini membuat mereka bisa memperkecil jarak dari Manchester City, yang saat ini berada di puncak klasemen. Kemenangan ini pun memperlebar jarak Setan Merah dari Leicester City, yang sekarang berada di peringkat ketiga klasemen.

Namun, sejatinya, kemenangan ini tak diraih United dengan mudah. Pada laga ini, Setan Merah sempat lebih dulu tertinggal melalui gol Son Heung Min. Namun, mereka mampu membalas tiga gol melalui Fred, Edinson Cavani, dan Mason Greenwood.

Ada sejumlah catatan di balik comeback epik United ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Fred Sang Pembangkit

Pemain Manchester United, Fred (c) Pool via AP Pemain Manchester United, Fred (c) Pool via AP

United mengawali laga ini dengan tak meyakinkan. Dalam grafik waktu yang disusun Understat, tampak bahwa Setan Merah tampil inferior sejak awal laga.

Setan Merah baru bangkit setelah Fred mencetak gol penyama kedudukan pada menit 56. Setelah gol tersebut, United balik mendominasi pertandingan dan mencetak peluang demi peluang berkualitas ke gawang Spurs.

Tak hanya mencetak gol yang membangkitkan mental rekan-rekannya, secara teknis, performa Fred pada laga ini cukup ciamik. Gelandang asal Brasil tersebut melepas dua sepakan dan satu umpan kunci. Akurasi umpannya pun mencapai 82,2 persen. Laman Whoscored memberi Fred nilai 7,93, kedua tertinggi setelah Paul Pogba, yang menjadi pemain terbaik pada laga tersebut.

2 dari 3 halaman

Pertahanan Spurs Rapuh

Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) Pool via AP Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) Pool via AP

Pada laga ini, kebangkitan United juga tak lepas dari rapuhnya pertahanan Spurs. Dalam laga ini, para penggawa Setan Merah berhasil sembilan kali mencetak peluang di kotak penalti Spurs.

Dari sepuluh peluang tersebut, para pemain belakang Spurs hanya berhasil melakukan dua blok. Sisanya, dua peluang meleset dari sasaran, dua diselamatkan kiper, dan tiga peluang berbuah gol United.

Secara total, sepanjang pertandigan, para penggawa Spurs hanya melakukan 17 blok. Catatan ini lebih rendah dari United yang sukses melakukan 19 blok.

3 dari 3 halaman

Lihai Manfaatkan Peluang

Pemain Manchester United, Edinson Cavani (c) Pool via AP Pemain Manchester United, Edinson Cavani (c) Pool via AP

Para penggawa United juga lihai dalam memanfaatkan peluang mereka pada laga ini. Laman Understat menaksir bahwa pada laga ini Setan Merah memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 2,10. Dari nilai xG ini mereka berhasil mencetak tiga gol ke gawang Spurs. Selisih positif antara gol dan nilai xG ini menunjukkan para penggawa United memiliki performa yang bagus dalam mencetak gol.

Sebetulnya, United bisa menambah satu gol lagi ke gawang Spurs. Namun, peluang Paul Pogba pada menit 66 gagal dikonversinya menjadi gol. Padahal, menurut Understat, nilai xG dari peluang tersebut sebesar 0,76, setara dengan nilai xG penalti.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR