BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Top Skor Sepanjang Masa Manchester United (Bagian 2)

27-10-2020 20:21 | Serafin Unus Pasi

Ryan Giggs (c) Fuuta.com Ryan Giggs (c) Fuuta.com

Bola.net - Manchester United begitu kaya akan kejayaan dalam sejarahnya, dari gelar Premier League terbanyak, pelatih legendaris, hingga pemain-pemain terbaik yang dimilikinya. Tercatat nama-nama besar seperti David Beckham, George Best hingga Cristiano Ronaldo pernah berjaya di United.

Manchester United pun kerap diisi nama-nama beken yang dikenal sebagai predator di lini depan dengan catatan golnya yang begitu besar. Catatan gol beberapa pemain tersebut juga yang mampu membawa Manchester United menjadi klub elit dalam sepak bola.

Mencetak 100 gol lebih di Manchester United tentu menjadi suatu pencapaian impresif sebagai seorang pemain. Manchester United pun selalu pandai di setiap dekadenya untuk menemukan pemain yang bisa merealisasikan hal pencapaian tersebut.

Di era sepak bola modern, Manchester United tentu dikenal memiliki striker hebat dalam diri Wayne Rooney yang kemudian masuk sebagai top skor sepanjang masa klub. Bukan hanya Wayne Rooney, Manchester United pun seakan selalu dianugerahi pemain tajam lainnya.

Lalu siapa saja yang terdaftar dalam sejarah Manchester United sebagai pencetak gol terbanyak tim? Berikut urutan 8-5 dari daftar tersebut.

1 dari 4 halaman

8. Ryan Giggs (168 Gol)

Ryan Giggs usai mencetak gol ke gawang Arsenal di semifinal Piala FA 1999 (c) Twitter Dugout Ryan Giggs usai mencetak gol ke gawang Arsenal di semifinal Piala FA 1999 (c) Twitter Dugout

Di Manchester United bukan hanya penyerang yang bisa bertengger sebagai salah satu pencetak gol terbanyak klub. Hal yang dibuktikan oleh Ryan Giggs, yang mengabdikan karir sepak bolanya hanya untuk berseragam Manchester United.

Sejak awal debutnya di tim senior tahun 1991 hingga pensiun di tahun 2014, Ryan Giggs yang berposisi sebagai gelandang sayap memberikan 168 gol dari 963 penampilannya. Tidak hanya gol, Ryan Giggs pun memiliki catatan assists yang impresif yakni 248 assists untuk United.

Keputusan yang sangat tepat untuk Giggs terus membela United, karena di sana Giggs mendapatkan segalanya termasuk 13 gelar Premier League. Giggs juga merupakan sosok generasi emas bersama pelatih Sir Alex Ferguson.

2 dari 4 halaman

7. Joe Spence (168 Gol)

Sebelum adanya pemain-pemain besar di era sepak bola modern, Manchester United memiliki pemain mematikan di tahun 1920 hingga 1930-an. Berada di Manchester United ketika klub belum menjadi sukses seperti sekarang, Spence mampu mencetak 168 gol.

Selama 14 tahun membela United pun Joe Spence, telah mengalami banyak kesulitan bersama klub. Dua kali Joe Spence merasakan kepedihan akibat United terdegradasi. Namun, dirinya tetap menjadi sosok yang cerah dan dianggap mampu membangkitkan United.

Selama itu, Joe Spence tampil sebanyak 510 kali bersama Manchester United. Namun sayang raihan terbaiknya hanya membawa Manchester United dua kali finish di empat besar.

3 dari 4 halaman

6. George Best (179 Gol)

George Best (c) PAI George Best (c) PAI

George Best striker haus gol yang membela Manchester United pada periode 1963 hingga 1974. Bersama United Best menunjukkan penampilan terbaiknya dan menjadi salah satu daya gedor kebanggaan United.

George Best pernah mengukir namanya pada musim 1967/68 sebagai pencetak gol terbanyak (28 gol) di Divisi Utama kala itu, yang diteruskan ke level timnas. Hasilnya timnas Inggris pun meraih trofi Piala Eropa dan Best meraih Ballon d’Or tahun 1968.

Sepanjang karirnya di Manchester United George Best tampil sebanyak 470 kali dan berhasil masuk ke jajaran pencetak gol terbanyak klub dengan 179 golnya.

4 dari 4 halaman

5. Dennis Viollet (179 Gol)

Sebelum adanya George Best, Manchester United pernah memiliki striker mematikan lain yaitu Dennis Viollet. Penyerang berkebangsaan Inggris tersebut menjadi andalan The Reds Devils sejak tahun 1952 hingga 1963.

Dennis Viollet pernah mencapai catatan manis bersama United dengan menjadi top skor di liga musim 1959/60 dengan raihan 32 gol. Kecepatannya serta positioning-nya sebagai penyerang kala itu dianggap berbahaya, dan berkat kemampuannya 179 gol lahir untuk United.

Dennis Viollet hanya membutuhkan 293 penampilan untuk menciptakan 179 gol tersebut dan bertengger sebagai salah satu penyerang terbaik yang dimiliki United.

Sumber: Manchester United

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR