Thomas Tuchel Ungkap Masalah Chelsea Musim Ini, Bukan Soal Striker yang Mandul

Yaumil Azis | 29 April 2022, 10:10
Thomas Tuchel Ungkap Masalah Chelsea Musim Ini, Bukan Soal Striker yang Mandul
Cesar Azpilicueta (membawa bola) dan pemain Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang Real Madrid di leg I perempat final Liga Champions 2021-2022. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea menjadi salah satu kandidat terkuat peraih gelar juara Premier League di paruh pertama musim 2021/22. Tapi setelah beberapa waktu berselang, performanya menurun dan kini harus puas menduduki peringkat ketiga.

Bersaing dengan Liverpool dan Manchester City selaku penghuni dua besar tampak mustahil. Hasil imbang melawan the Red Devils membuat Chelsea tertinggal 13 dan 14 poin dari kedua tim tersebut.

Lalu, masih dibandingkan dengan Liverpool dan Manchester City, Chelsea kalah jauh dari segi perolehan gol. Mereka baru menghasilkan 68 gol, sementara kedua raksasa Inggris berada di kisaran 80 gol.

Dari sini bisa terlihat kalau masalah Chelsea terletak di lini depan. Cukup mengejutkan, sebab mereka sudah sadar permasalahan itu sampai mendatangkan Romelu Lukaku dengan mahar 97,5 juta pounds.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Masalah Utama Chelsea

Lukaku sendiri bisa disebut sebagai investasi gagal the Blues. Bagaimana tidak, ia membuat Chelsea merogoh kocek dalam-dalam tapi hanya 12 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi.

Penyerang lain seperti Timo Werner dan Kai Havertz memang menunjukkan peningkatan dibandingkan musim lalu, namun belum mencapai standar yang dibutuhkan Chelsea. Ini kian memperkuat dugaan kalau masalah the Blues ada di lini depan.

Namun Thomas Tuchel selaku pelatih memiliki anggapan yang berbeda. "Ketika saya melhat cara Reece James bermain dan kami kehilangan dirinya selama 12 pekan, saya terkesan kami masih di tiga besar."

"Hampir mencapai babak semifinal Liga Champions lagi, dan dua final kejuaraan. Anda bisa menyaksikan kualitas yang hilang," kata Tuchel, seperti yang dikutip dari situs resmi klub.

2 dari 2 halaman

Berbeda dengan City dan Liverpool

Chelsea juga kehilangan beberapa pemain sebelum bertemu Manchester United, yakni Mateo Kovacic. Ben Chilwell pun masih belum bisa dimainkan setelah mengalami cedera parah saat menghadapi Juventus di fase grup Liga Champions.

"Hari ini Mateo Kovacic absen, sama dengan Ben Chilwell, dan inilah cerita musim ini," pelatih berkebangsaan Jerman itu melanjutkan.

"Perbedaan besarnya adalah Man City dan Liverpool punya skuat penuh yang tersedia, dan kami kesulitan sepanjang musim, periode Covid, cedera jangkap panjang, dan ini menentukan lebih dari segalanya," pungkasnya.

Dengan kondisi ini, Chelsea harus menyelesaikan kompetisi sebaik-baiknya. Tapi setidaknya, mereka bisa mengakhiri musim dengan gelar di tangan jika mampu meraih kemenangan atas Liverpool dalam partai final FA Cup.

(Chelsea FC)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR