BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Thomas Tuchel Sebut Declan Rice Sebagai 'Chelsea Boy' dan Memuji Setinggi Langit

04-12-2021 14:44 | Asad Arifin

Declan Rice usai mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb pada laga Liga Europa (c) AP Photo
Declan Rice usai mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb pada laga Liga Europa (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, memberi pujian setinggi langit kepada Declan Rice. Bukan hanya itu, Tuchel juga menyebut Rice sebagai 'Chelsea boy' dan sangat mengagumi performanya.

Pujian Tuchel kepada Rice menjadi sangat menarik jika dikaitkan dengan dua hal. Pertama, Chelsea akan berjumpa West Ham -klub Rice- pada pekan ke-16 Premier League hari Sabtu (4/12/2021) malam WIB.

Kedua, Declan Rice sejak lama dikaitkan dengan Chelsea. Rice disebut sudah menjadi incaran The Blues sejak era Frank Lampard. Bahkan, pada awal musim 2021/2022, Rice masuk dalam daftar belanja Chelsea. Tapi, yang datang adalah Saul Niguez.

1 dari 4 halaman

Pujian untuk 'Chelsea Boy'

Declan Rice disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Inggris saat ini. Dia bermain luar biasa untuk West Ham. Pemain 22 tahun kini juga bermain secara reguler bersama Timnas Inggris.

"Saya sejatinya menyadari bahwa dia adalah 'Chelsea boy' dan dia berasal dari akademi kami. Dia juga sangat dekat dengan orang-orang kami. Dia pemain yang sangat kuat," ucap Tuchel dikutip dari Football London.

Yap, Rice adalah pemain didikan The Blues. Rice punya hubungan karib dengan Mason Mount, pemain muda yang jadi pilar Chelsea. Rice benar-benar dekat dengan Chelsea, tetapi bermain untuk West Ham.

"Hal-hal ini terjadi dan saya tidak bisa mengomentari ini karena itu terjadi di setiap klub di dunia, kadang pemain yang dilepas suatu saat punya karier yang berbeda. Itu adalah hal normal," katanya.

2 dari 4 halaman

Pemain yang Hebat

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo
Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Tuchel, secara teknis, juga kagum dengan apa yang dilakukan Rice bersama West Ham. Manajer asal Jerman itu pun memilih menjelaskan keistimewaan Rice dengan kalimat yang cukup sederhana berikut ini.

"Declan adalah anggota penting dari timnas Inggris, jadi itu berbicara untuk dirinya sendiri," kata Tuchel.

"Sangat kuat dalam build-up, sangat cerdas dalam passing dan, tentu saja, dia adalah pemain berkualitas. Selain itu, dia juga punya karakter yang sangat bagus," kata eks pelatih PSG tersebut.

3 dari 4 halaman

Juga Kagumi Tomas Soucek

Selain Declan Rice, Tuchel juga kagum dengan Thomas Soucek. Mereka adalah rekan duet yang sangat solid di lini tengah West Ham. Di mata Tuchel, ini adalah duet yang sangat lengkap.

"Saya benar-benar terkesan dengan Soucek dan Rice. Apa yang mereka lakukan sejak saya datang ke Premier League. Apa yang mereka lakukan untuk West Ham. Mereka adalah pekerja nyata di lapangan."

"Mereka bertanggung jawab untuk pressing tinggi, untuk pertahanan yang dalam, untuk mengisi celah di sayap, untuk membangun serangan dari belakang. Mereka melakukan segalanya di West Ham," tutup Tuchel.

4 dari 4 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Football London

KOMENTAR