Thomas Tuchel Ketar-ketir Lihat Aktivitas Transfer Tottenham, Manchester United, dan Arsenal

Abdi Rafi Akmal | 14 Juli 2022, 19:58
Thomas Tuchel Ketar-ketir Lihat Aktivitas Transfer Tottenham, Manchester United, dan Arsenal
Ekspresi Thomas Tuchel di laga Chelsea vs Liverpool di Stamford Bridge, Minggu (02/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Bursa transfer musim panas 2022 sangat bergairah dengan sejumlah tim besar di Liga Inggris, seperti Manchester United, Arsenal, dan Tottenham aktif mencari pemain baru. Manajer Chelsea Thomas Tuchel sampai ketar-ketir terhadap pergerakan rivalnya tersebut.

Chelsea sebetulnya tidak kalah aktif di bursa transfer. Raheem Sterling jadi rekrutan pertama yang didatangkan.

Selain Sterling, Kalidou Koulibaly juga nyaris tuntas. Begitu pula dengan negosiasi Nathan Ake yang hampir selesai. Beberapa nama lain kabarnya masih coba didatangkan oleh The Blues.

Namun, Tuchel juga khawatir dengan aktivitas ketiga tim rivalnya di Big Six itu. Sebab, hal itu menunjukkan betapa seriusnya rivalnya untuk bisa meraih hasil yang baik di musim depan.

1 dari 3 halaman

Sangat Khawatir

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Tuchel cukup khawatir dengan peta persaingan musim depan. Walaupun sebetulnya Tuchel juga mendapatkan beberapa amunisi baru.

"Jika kalian melihat aktivitas di bursa transfer, lalu terdapat pelatih-pelatih berkualitas di Tottenham, di Man United, dan di Arsenal, maka kalian tahu akan seberapa menantang musim depan," ujarnya.

"Hal tersebut akan jadi tantangan terberat yang bisa kami dapatkan," lanjut dia.

2 dari 3 halaman

Dua Tim di Luar Jangkauan

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Meski begitu, Tuchel masih mengkategorikan Manchester City dan Liverpool sebagai kandidat terkuat peraih gelar juara. Keduanya dianggap masih sulit untuk diimbangi Chelsea.

Sembari terus meningkatkan kualitas mengejar dua tim terbaik di Liga Inggris itu, Chelsea juga harus hati-hati dengan peningkatan yang akan dibuat tiga tim rival lainnya.

"Kami sedang berkompetisi melawan dua tim top (Liverpol dan Man City). Tapi Tottenham sangat aktif dan agresif di periode awal bursa transfer," ujar dia di laman resmi Chelsea.

"Manchester United juga tidak malu-malu kucing dalam melakukan perekrutan bersama pelatih baru. Arsenal bahkan sudah melakukan transfer besar. Jadi mau bagaimanapun kami tetap harus bisa kompetitif," katanya.

3 dari 3 halaman

Bukan Cuma Tim, Pelatih Juga

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Tuchel menjelaskan, musim depan bukan sekadar kualitas skuad yang dimiliki masing-masing tim. Akan tetapi, kualitas pelatih lima rivalnya.

Pep Guardiola dan Jurgen Klopp telah diakui beberapa waktu belakangan sebagai pelatih yang cerdas. Mikel Arteta juga menunjukkan ia punya potensi jadi pelatih hebat karena pintar memanajemen pemain-pemain muda.

Kualitas Antonio Conte juga tidak perlu diragukan lagi, meski dia kini hanya mengarsiteki Tottenham. Begitu pula dengan Manchester United yang akhirnya bisa mendatangkan pelatih yang punya profil yang cukup baik kaliber Erik Ten Hag.

"Persaingannya saat ini di level yang tinggi. Kami tidak hanya berkompetisi melawan tim-tim terbaik, tetapi juga pelatih-pelatih terbaik," tandas dia.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR