BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Testimoni Lord Klavan Soal Bos Liverpool, Jurgen Klopp

24-09-2021 18:33 | Dimas Ardi Prasetya

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Eks bek Liverpool Ragnar Klavan membeberkan Jurgen Klopp tak pernah mengulang kata-katanya pada pemain dan juga sosok pelatih yang bisa membaca timnya dengan sangat baik.

Klopp merapat ke Liverpool pada Oktober 2015 silam. Kemudian pada musim panas 2016, Klavan gabung dengan manajer asal Jerman itu di Anfield.

Klopp saat itu mendatangkan Klavan dari klub Jerman, Augsburg. Bek asal Estonia itu cukup sering dipercaya Klopp mengawal pertahanan Liverpol.

Sayangnya Klavan bertahan sampai tahun 2018 saja di Liverpool. Saat itu ia dilego ke Cagliari.

1 dari 2 halaman

Beda Klopp dengan Pelatih Lain

Ragnar Klavan memang hanya bertahan dua musim saja di Liverpool. Namun ia mendapat kesempatan untuk mengenal Jurgen Klopp dengan baik.

Menurut Klavan, Klopp termasuk sosok pelatih yang istimewa. Sebab caranya melatih beda dengan pelatih lain.

“Apa yang tidak saya miliki dengan pelatih lain dalam pertemuan tim adalah ia tidak pernah mengulangi dirinya sendiri. Ia selalu berbicara dari sudut yang berbeda atau ada sedikit lelucon di dalamnya," terang Klavan pada akun Youtube Betsafe Eesti Podcast.

2 dari 2 halaman

Klopp Paham Cara Membaca Tim

Ragnar Klavan kemudian membeberkan kelebihan Jurgen Klopp lainnya. Ia mengatakan eks bos Borussia Dortmund tersebut adalah sosok pelatih yang bisa membaca timnya dengan sangat baik.

Jadi ia tahu apa yang harus dikatakan pada timnya pada saat-saat tertentu. Khususnya pada saat mereka mengalami hari yang buruk.

“Ia merasakan pemain dan tim dengan sangat baik. Ia tahu kapan harus mengatakan apa," seru Klavan.

"Jika ia melihat ada masalah dalam tim, ia bisa membalikkannya dengan lelucon sederhana atau sebaliknya, ketika tim tidak menganggapnya dengan serius, lalu ia menunjukkan kepada mereka siapa bosnya. Bagi saya, itu adalah fenomenanya. Bahwa ia bisa membaca tim dengan baik, dan juga secara individu," tandas Klavan.

Jurgen Klopp kini sudah enam musim melatih Liverpool. Ia sejauh ini telah mempersembahkan empat gelar juara pada The Reds.

(Youtube)

KOMENTAR