BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Terungkap, Rencana Terselubung Arsene Wenger di Balik Penawaran 40+1 Juta Pounds

15-10-2020 11:07 | Yaumil Azis

Arsene Wenger (c) AFC Arsene Wenger (c) AFC

Bola.net - Dulu, Arsenal pernah menghiasi halaman depan surat kabar dengan melayangkan penawaran senilai 40+1 juta pounds untuk merekrut Luis Suarez. Penawaran tersebut membuat klub Suarez kala itu, Liverpool, marah besar.

Pada tahun 2013 lalu, Wenger yang masih melatih Arsenal sedang mencari sosok pengganti Robin van Persie. Setelah upayanya merekrut Gonzalo Higuain dari Real Madrid gagal, Wenger mengalihkan bidikannya ke Suarez.

Diketahui bahwa Liverpool mematok harga 40 juta pounds sebagai klausul pelepasan sang pemain. Tidak diduga, the Gunners justru melepaskan penawaran senilai 40 juta pounds ditambah satu pounds.

Jelas saja kalau Liverpool marah. Mereka menganggap ini sebagai 'ejekan'. Pemilik Liverpool, John W. Henry, sampai menuliskan "Apa yang mereka hirup di Emirates sana?" melalui media sosial Twitter miliknya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Rencana Terselubung Wenger

Setelah tujuh tahun, Wenger akhirnya angkat bicara soal penawaran tersebut. Pria asal Prancis tersebut berkata bahwa Arsenal sebenarnya tidak memiliki niatan untuk mengejek Liverpool dengan penawaran tersebut.

Ia mengatakan bahwa Arsenal hanya sekadar melakukan sebuah tes belaka untuk mengetahui kebenaran dari klausul pelepasan tersebut. Yang ternyata terbukti palsu.

"Kami telah mencapai kesepakatan dengan sang pemain serta agennya. Namun agennya mengklaim bahwa ada klausul: dengan penawaran di atas 40 juta pounds, Liverpool wajib membiarkan sang pemain pergi," tulisnya dalam otobiografi bertajuk 'Arsene Wenger, My Life in Red and White'.

"Namun berkat ketidakpercayaan terhadap Liverpoo, saya menemukan bahwa klausul itu tidak pernah ada. Agar tahu kebenarannya, kami menawarkan 40+1 juta pounds. Ini mungkin terlihat menggelikan, saya akui," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Penawaran Arsenal Ditolak

Pada akhirnya penawaran tersebut ditolak mentah-mentah. Andai klausul itu benar adanya, maka Luis Suarez harusnya sudah menjadi pemain Arsenal pada tahun itu.

"Liverpool tidak ingin menjual Suarez, mereka mampu mempertahankannya dan penawaran dari Barcelona juga sudah berada di depan mata," pungkasnya.

Suarez melanjutkan karirnya bersama Liverpool dengan torehan 31 gol dari 37 penampilan di semua kompetisi. Lalu, setahun berikutnya, datanglah penawaran yang tidak bisa ditolak Liverpool maupun Suarez sendiri.

(Metro)

KOMENTAR