BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Terungkap! Liverpool Seharusnya Dapatkan Thiago Tahun 2013 Lalu, Begini Kronologinya

19-09-2020 04:30 | Richard Andreas

Thiago Alcantara, bintang baru Liverpool. (c) liverpoolfc.com Thiago Alcantara, bintang baru Liverpool. (c) liverpoolfc.com

Bola.net - Liverpool akhirnya mendapatkan bidikan mereka. Jumat (18/9/2020) kemarin, Thiago Alcantara resmi dikenalkan sebagai pemain baru The Reds.

Gelandang 29 tahun ini meneken kontrak berdurasi empat tahun, meninggalkan Bayern Munchen, klub yang dia bela tujuh tahun terakhir.

Pembelian ini jelas mencuri perhatian. Thiago adalah salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini, dan dia bergabung dengan salah satu tim terbaik di dunia. Untuk 30 juta pounds, harganya relatif murah.

Juga, peresmian pembelian Thiago ini pun mengakhiri saga transfer yang sudah berjalan terlalu lama, bahkan sampai tujuh tahun, tepatnya sejak 2013 lalu.

Apa maksudnya? Mengutip Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Sudah tujuh tahun

Thiago boleh jadi baru mengenakan kostum Liverpool sekarang, tapi ternyata The Reds sudah pernah mendekatinya tujuh tahun lalu, bahkan nyaris.

Saat itu Liverpool mengirim perwakilan mereka, Dave Fallows, untuk bertemu dengan Pere Guardiola di Barcelona. Pertemuan ini krusial, Liverpool berusaha mempertahankan Luis Suarez.

Pere Guardiola, saudara Pep Guardiola, adalah agen Suarez. Kala itu Suarez diyakini bakal pergi, entah ke Arsenal, entah ke Real Madrid, entah ke Barcelona -- yang akhirnya terwujud.

Saat itu Suarez jadi topik utama, tapi di saat yang sama Liverpool pun tertarik pada nama lain: Thiago.

2 dari 3 halaman

Seharusnya ke Liverpool

Barcelona ternyata sudah kacau balau pada 2013 lalu. Mereka baru mengikat Thiago dengan kontrak baru pada 2011, dengan klausul rilis sebesar 90 juta euro.

Namun, mereka gagal memenuhi sejumlah syarat dalam klausul tersebut, yang terkait dengan menit bermain Thiago. Di musim 2012/13, menit bermain Thiago ada jauh di bawah ketentuan, yang berarti klausul rilisnya merosot jadi 18 juta euro saja.

Tentu klub-klub Eropa langsung waspada, salah satunya Liverpool. Saat itu The Reds ada di posisi terdepan, Thiago sendiri berminat pindah ke Anfield.

3 dari 3 halaman

Batal karena Rodgers

Sayangnya, transfer ini gagal karena pelatih Liverpool kala itu, Brendan Rodgers, bersikap ragu-ragu. Musim sebelumnya Liverpool telah mendatangkan Joe Allen, seorang gelandang, dan Rodgers merasa tidak perlu mendatangkan gelandang lagi.

Rodgers mempertimbangkan situasi tim, yang saat itu lebih membutuhkan striker pengganti Suarez dan bek tengah baru untuk menggantikan Jamie Carragher yang pensiun.

Suarez pada akhirnya bertahan di tahun 2013 tersebut, setidaknya untuk satu musim terakhir. Sayangnya, Liverpool telanjur membuang kesempatan untuk mendatangkan Thiago.

Thiago pun memilih menyusul pelatihnya, Josep Guardiola, untuk bermain di Bayern Munchen dan menghabiskan tujuh tahun di sana.

Sumber: Goal

KOMENTAR