Terulang Kembali? Keterpurukan MU Adalah Hasil Kegagalan Kolektif

Richard Andreas | 19 Agustus 2022, 04:00
Skuat Manchester United mendengarkan instruksi Erik Ten Hag di laga lawan Brighton di pekan pertama Premier League 2022/2023 di Old Trafford, Minggu (07/08/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Skuat Manchester United mendengarkan instruksi Erik Ten Hag di laga lawan Brighton di pekan pertama Premier League 2022/2023 di Old Trafford, Minggu (07/08/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Musim baru, Manchester United yang lama. Setan Merah kembali dihantui bayang-bayang kegagalan di awal Premier League 2022/23, belum ada perubahan.

Musim ini seharusnya jadi era perubahan MU di bawah si pelatih baru, Erik ten Hag. Segalanya tampak positif di pramusim, Ten Hag menunjukkan perubahan positif.

Sayangnya, fakta di lapangan tidak sesuai harapan. MU langsung kalah di dua pertandingan awal Liga Inggris, kalah 1-2 dari Brighton, dan dihajar 0-4 oleh Brentford.

Dua kekalahan tersebut kembali membawa MU berada di bawah awan hitam. Akankah musim ini sama seperti musim-musim sebelumnya?

1 dari 3 halaman

Ada yang salah

Situasi sulit MU pun diperhatikan oleh si mantan pemain, Mikael Silvestre. Dia mengamati bahwa persoalan MU sudah mengakar cukup dalam, khususnya soal kinerja pemilik klub.

"Para pemilik klub tidak berada di lapangan. Memang banyak yang mengkritik pengelolaan klub, tapi saya kira setiap manajer MU sudah didukung secara finansial dan diberi sumber daya untuk membeli pemain," ujar Silvestre.

"Persoalannya, bagaimana cara mereka mengelola belanja pemain tersebut? Ada masalah dalam proses rekrutmen MU, semangat tim juga bermasalah."

"Tim tidak menunjukkan semangat saat melawan Brentford. MU belum mencapai komitmen yang dibutuhkan untuk bersaing di Premier League," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Kegagalan kolektif

Silvestre mengkritik pemilik klub karena masalah MU terlalu banyak untuk dipilah secara khusus. Ada banyak hal yang keliru, MU harus coba memperbaiki semuanya secara perlahan.

"Ada banyak elemen yang hilang dan kita tidak bisa menyalahkan satu departemen saja. Pada akhirnya, ini adalah kegagalan kolektif," sambung Silvestre.

"Memang musim masih awal, tapi sudah terlihat pola yang sama seperti sebelumnya kembali terulang. Tim terlalu mudah menyerah," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris 22/23

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR