BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ternyata, Klopp Jadi Pelatih Top Berkat Roy Hodgson

20-05-2021 04:28 | Dimas Ardi Prasetya

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan kesuksesannya saat ini tak lepas dari sosok Roy Hodgson dan juga Arrigo Sacchi.

Klopp sudah melatih cukup lama. Ia meraih sukses saat masih menukangi Borrussia Dortmund.

Klopp juga meraih kesuksesan saat meraih Liverpool. Salah satunya membantu The Reds meraih gelar Premier League perdananya.

Gaya sepak bola yang diusung Klopp juga menjadi tren. Tak sedikit pelatih lain yang terinspirasi oleh taktik yang dipakainya di klub Merseyside tersebut.

1 dari 2 halaman

Hodgson Bantu Klopp Jadi Pelatih Top

Jurgen Klopp sendiri juga punya pelatih yang menjadi sumber inspirasinya dalam melatih dan menjadikannya seperti sekarang ini. Klopp mengungkapkan ia dulunya sering menyimak taktik pelatih legendaris Italia, Arrigo Sacchi.

Namun ada juga pelatih lainnya. Ia adalah eks pelatih Liverpool, Roy Hodgson.

“Mantan manajer saya Wolfgang Frank, yang memperkenalkan pertahanan berorientasi bola di Jerman, menunjukkan banyak video dari Arrigo Sacchi, tetapi juga Roy Hodgson dari waktunya [melatih] di Swiss,” ungkapnya seperti dilansir Football Italia.

“Ia jelas merupakan bagian dari tim penemu dengan gaya seperti ini. Saya mengenalnya jauh sebelum saya bertemu dengannya, tetapi ketika saya bertemu dengannya, itu bahkan lebih baik, karena ia pria yang sangat, sangat baik," puji Klopp.

2 dari 2 halaman

Mustahil Klopp Ikuti Jejak Hodgson

Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson (c) AP Photo
Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson (c) AP Photo

Roy Hodgson musim ini melatih Crystal Palace. Namun musim ini adalah musim terakhirnya melatih Palace.
Selain itu, musim ini juga akan jadi musim terakhirnya melatih. Sebab pelatih berusia 73 tahun itu memutuskan bakal pensiun per musim panas 2021 ini.

Jurgen Klopp kemudian ditanya apakah ia bakal mengikuti jejak Hodgson melatih sampai usia 73 tahun. Ia auto menggelengkan kepalanya.

"Tidak, tidak ada peluang (menjadi manajer pada usia 73). Mudah-mudahan saya sehat dan hidup saat itu, itu sudah menjadi pencapaian yang luar biasa, tapi tidak, saya tidak akan melatih lagi," serunya seperti dilansir Liverpool Echo.

"Tapi Anda cukup muda, jika saya masih di bangku cadangan maka Anda bisa mengingatkan saya tentang itu dan memberi tahu saya omong kosong apa yang saya bicarakan bertahun-tahun yang lalu tetapi itu sama sekali tidak ada dalam rencana saya," kelakar Klopp.

Roy Hodgson pernah melatih Liverpool selama setengah musim saja, tepatnya di musim 2010-2011. Ia awalnya ditunjuk jadi pelatih pada Juli 2010 tapi kemudian mengundurkan diri pada Januari 2011.

(Football Italia/Liverpool Echo)

KOMENTAR