BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Rooney, Ini 10 Penggawa Manchester United yang Paling Sering Tampil di Old Trafford

17-02-2021 14:27 | Gia Yuda Pradana

Bendera Manchester United (c) AP Photo Bendera Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Jumat (19/02) ini akan menjadi ulang tahun bagi Old Trafford. Pada tanggal tersebut, 111 tahun lalu, stadion ini pertama kalinya digunakan oleh Manchester United sebagai kandang mereka.

Old Trafford sendiri lebih dari sekadar kandang bagi United. Stadion ini sudah menjadi salah satu monumen sukses Setan Merah.

Selama lebih dari seabad berstatus sebagai kandang Setan Merah, Old Trafford sudah banyak menyaksikan para penggawa Setan Merah datang dan pergi. Stadion yang dirancang Achibald Leitch ini pun menjadi saksi penampilan para penggawa Manchester United.

Di antara ribuan pemain United yang pernah beraksi di hamparan rumput Old Trafford, ada sejumlah pemain yang tampil lebih banyak dari yang lain.

Siapa saja para pemain United yang paling kerap tampil di Old Trafford? Berikut sepuluh di antara mereka.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Denis Irwin

Denis Irwin menempati posisi sepuluh dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford. Selama kariernya di Manchester United, Irwin sempat 251 kali tampil di Old Trafford.

Irwin sendiri bergabung ke United pada Juni 1990. Ia meninggalkan Setan Merah pada Juli 2002.

Selama 251 kali berlaga di Old Trafford, fullback kiri asal Irlandia ini juga sempat mencetak 19 gol bagi United.

2 dari 10 halaman

Joe Spence

Peringkat kesembilan dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford ditempati oleh Joe Spence. Sepanjang berseragam Manchester United, Spence sempat 252 kali tampil di Old Trafford.

Spence bergabung ke United pada Maret 1919, sembilan tahun setelah Old Trafford dijadikan markas oleh Setan Merah. Pemain kelahiran 15 Desember 1898 tersebut kemudian meninggalkan United pada Juni 1933 untuk bergabung dengan Bradford City.

Selama merumput di Old Trafford, Spence sempat mencetak 98 gol.

3 dari 10 halaman

Tony Dunne

Tony Dunne berada di posisi delapan dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford. Selama memperkuat United, Dunne sempat tampil 257 kali di Old Trafford.

Dunne sendiri bergabung dengan United pada 1960, ketika ditransfer dari Shelbourne. Fullback asal Irlandia ini meninggalkan kubu Setan Merah pada Agustus 1973.

4 dari 10 halaman

Alex Stepney

Peringkat ketujuh dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford ditempati oleh Alex Stepney. Selama memperkuat Setan Merah, Stepney sempat tampil 268 kali di Old Trafford.

Stepney sendiri bergabung dengan United dari Chelsea pada Agustus 1966. Pria kelahiran 18 September 1942 tersebut meninggalkan United pada Februari 1979 menuju ke Amerika Serikat.

Selama memperkuat United, Stepney sempat mencetak dua gol. Kedua gol ini dicetaknya di Old Trafford pada musim 1973/1974.

5 dari 10 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP Wayne Rooney (c) AFP

Rooney menempati posisi enam dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford. Selama membela panji Setan Merah, Rooney sempat tampil 274 kali di Old Trafford.

Rooney bergabung ke United dari Everton pada 31 Agustus 2004. Ia mengakhiri masa baktinya di Old Trafford pada Juli 2017, untuk kembali ke Everton.

Selama memperkuat United, Rooney sempat mencetak 253 gol, yang 135 di antaranya dicetak di Old Trafford.

6 dari 10 halaman

Gary Neville

Gary Neville (c) AFP Gary Neville (c) AFP

Peringkat kelima dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford adalah Gary Neville. Sepanjang berseragam United, Neville sempat 300 kali bermain di Old Trafford.

Neville sendiri merupakan pemain didikan Manchester United. Ia bergabung dengan tim senior pada Januari 1993. Ia mengakhiri kariernya di United ketika gantung sepatu pada Februari 2011.

Selama memperkuat United, Neville sempat mencetak tujuh gol. Ketujuh gol ini dicetaknya di Old Trafford.

7 dari 10 halaman

William Foulkes

William Foulkes menempati posisi empat dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford. Selama berkarier di Manchester United, Foulkes sempat 334 kali bermain di Old Trafford.

Foulkes sendiri menandatangani kontrak profesional bersama United pada Agustus 1951. Ia menuntaskan masa baktinya di Old Trafford pada Juni 1970.

Selama memperkuat United, Foulkes sempat mencetak sembilan gol. Dari sembilan gol tersebut, lima di antaranya dicetak pemain bertahan tersebut di Old Trafford.

8 dari 10 halaman

Paul Scholes

Paul Scholes (c) AFP Paul Scholes (c) AFP

Peringkat tiga dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford ditempati oleh Paul Scholes. Sepanjang berseragam Setan Merah, Scholes sempat 340 kali merumput di Old Trafford.

Scholes menandatangani kontrak profesionalnya di United pada Januari 1993. Ia sempat memutuskan pensiun pada 2011. Kemudian, pada 1 Januari 2012, Scholes kembali turun gunung. Ia kemudian kembali memutuskan gantung sepatu pada 19 mei 2013.

Selama kariernya di United, Scholes sempat mencetak 155 gol bagi Setan Merah. 83 dari 155 gol tersebut dicetaknya di Old Trafford.

9 dari 10 halaman

Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton menempati posisi runner-up dalam daftar sepuluh besar penggawa United yang paling sering tampil di Old Trafford. Selama membela panji Setan Merah, ia sempat 370 kali tampil di Old Trafford.

Oktober 1954 merupakan awal masa pengabdian Sir Bobby Charlton di United. Ia kemudian mengakhiri karier sepak bolanya di United kala memutuskan gantung sepatu pada 28 April 1973.

Sepanjang memperkuat United, ia sempat mencetak 249 gol. Dari catatan tersebut, 138 gol dicetaknya di Old Trafford.

10 dari 10 halaman

Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) Bola.net Ryan Giggs (c) Bola.net

Pemain Manchester United yang paling banyak merumput di Old Trafford adalah Ryan Giggs. Sepanjang kariernya bersama Setan Merah, Giggs sempat tampil 460 kali di Old Trafford.

Giggs menandatangani kontrak profesionalnya di United pada 29 November 1990. Ia kemudian mengakhiri karier pesepak bola profesionalnya pada 19 Mei 2014.

Selama berkostum Setan Merah, winger asal Wales ini sempat mencetak 168 gol. 85 gol di antara gol-gol tersebut dicetaknya di Old Trafford.

Sumber: Olahan data MUFCInfo

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR