BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Ronaldo-Messi, Ini 8 Pemain yang Pernah Dapat Standing Ovation dari Suporter Lawan

09-04-2020 12:00 | Richard Andreas

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Ketika pemain lawan menjebol tim kesayangan Anda, sering kali Anda merasa kesal, tidak menyukainya. Namun, terkadang ada momen-momen spesial ketika rivalitas itu dikalahkan oleh kekaguman yang lebih tinggi.

Terkadang suporter pun harus mengangkat topi jika menyaksikan satu pemain lawan yang tampil luar biasa selama 90 menit. Apresiasi ini bukan mengaku kalah, hanya sebagai bentuk respek dan kekaguman.

Sebab itu, hanya pemain-pemain spesial yang pernah mendapatkan penghormatan seperti itu. Ketika seisi stadion memberikan standing ovation untuk pemain lawan, momen itu langka dan patut diingat.

Squawka merangkum beberapa momen standing ovation yang paling diingat di dunia sepak bola. Apa saja?

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 8 halaman

Ronaldinho vs Real Madrid (2005)

Santiago Bernabeu dikenal sebagai tempat yang keras, tapi fans Los Blancos garis keras pun rela mengangkat topi mereka untuk Ronaldinho.

Saat itu, pemain ajaib asal Brasil ini menyuguhkan performa ajaib, mencetak dua gol untuk membantu Barca memetik kemenangan 3-0 di kandang rival abadi mereka.

Madrid tidak berdaya menghadapi Ronaldinho yang tampil impresif pada pertandingan tersebut. Dengan senang hati, publik Bernabeu pun berdiri dan memberikan aplaus untuk magis Ronaldinho.

2 dari 8 halaman

Alessandro Del Piero vs Real Madrid (2008)

Alessandro Del Piero (c) AFPAlessandro Del Piero (c) AFP

Permainan terbaik Del Piero adalah suguhan yang menyenangkan untuk suporter tuan rumah. Saat itu, Del Piero mencetak gol indah dengan kaki kiri sebelum menambah koleksinya dengan gol tendangan bebas yang membawa Juventus memetik kemenangan 2-0.

Madrid tahu mereka sudah kalah dari Juventus. Publik Bernabeu pun dengan senang hati memberikan aplaus berdiri untuk Del Piero, yang ditarik keluar beberapa detik sebelum pertandingan berakhir.

Pada laga ini, bek-bek Madrid memahami langsung bagaimana kualitas Del Piero pada puncak kariernya. Kualitas kapten Juventus itu tidak bisa dipandang sebelah mata.

3 dari 8 halaman

Steven Gerrard vs Chelsea (2015)

Rival tangguh, Gerrard dan fans Chelsea tidak bakal pernah berteman baik. Gelandang The Reds ini selalu diserang suporter The Blues epanjang kariernya, sebab mereka percaya Frank Lampard lebih baik dari Gerrard.

Namun, Gerrard terbukti bisa mencetak gol di Stamford Bridge pada laga-laga terakhirnya untuk Liverpool. Gol itu sudah cukup untuk membuat fans Chelsea berdiri, memberikan aplaus dengan kagum ketika Gerrard meninggalkan lapangan.

Gerrad, uniknya, memberikan respons berkelas untuk penghargaan fans Chelsea itu: "Saya tidak akan terbawa suasana dan mendoakan fans Chelsea yang terbaik. Rasanya menyenangkan melihat mereka berdiri satu kali hari ini."

4 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo vs Juventus (2018)

Cristiano Ronaldo. (c) AFPCristiano Ronaldo. (c) AFP

Cristiano Ronaldo mencetak gol tendangan salto yang luar biasa ke gawang Juventus pada Liga Champions 2017/18. Uniknya, gol inilah yang justru membuat fans Juve jatuh cinta dengan Ronaldo -- cinta yang berbalas.

Gol ini luar biasa, bisa jadi salah satu gol indah di Liga Champions. Ronaldo melompat begitu tinggi, menendang bola dengan presisi tanpa melihat gawang. Buffon jelas tidak punya kesempatan.

Tepat ketika Ronaldo ingin melakukan selebrasi "Siuuuu" biasanya, dia mendapati sebagian besar fans Juve berdiri dan memberikan aplaus. Momen inilah yang juga membuat Ronaldo tertarik datang ke Juventus musim berikutnya.

5 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo vs Liverpool (2014)

Ronaldo lagi, kali ini ke gawang Liverpool. Bintang Portugal ini pernah jadi musuh besar publik Anfield, khususnya selama dia membela Manchester United selama enam tahun.

Setiap kali Ronaldo menyentuh bola, fans Liverpool langsung bersiul mengkritik. Namun, setelah membantu Madrid memetik kemenangan 3-0, Ronaldo akhirnya mendapatkan aplaus langsung dari publik Anfield.

Terkadang Anda harus mengakui bahwa Anda kalah dari pemain yang lebih baik. Kala itu, Liverpool mengakui ketajaman Ronaldo.

6 dari 8 halaman

Lionel Messi vs Atletico Madrid (2009)

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP PhotoKapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Ronaldo pernah, Messi pun pernah. Sudah beberapa kali Messi mendapatkan pujian langsung dari rival, saat itu dari suporter Atletico Madrid.

Superstar Barca ini mencetak hattrick untuk membantu tim memetik kemenangan 3-1. Messi muda sudah memukai..

Mencuri hati fans Atletico Madrid bukan perkara mudah. Messi adalah satu dari segelintir pemain yang pernah mendapatkannya.

7 dari 8 halaman

Lionel Messi vs Real Betis (2019)

Kisah yang relatif baru. Tahun lalu, Messi meluluhlantakkan pertahanan Real Betis. Dia mencetak hattrick ke gawang Betis yang tidak berdaya menghadapi keindahan permainan Messi.

Publik Benito Villamarin kecewa timnya kalah, tapi mereka mengaku kagum atas kehebatan Messi. Saat itu, Messi sendiri mengaku beruntung bisa mendapatkan aplaus berdiri.

"Saya tidak ingat pernah mengalami malam seperti ini [mendapatkan aplaus dari suporter lawan]. Saya sangat bersyukur atas respons fans lawan."

8 dari 8 halaman

Ronaldo vs Manchester United (2003)

Mungkin ini merupakan standing ovation paling terkenal. Saat itu, Ronaldo Nazario memupus mimpi Manchester United untuk menjuarai liga Champions.

MU memetik kemenangan 4-3 pada pertandingan tersebut, tapi justru hattrick Ronaldo yang mencuri perhatian seiring Madrid melangkah dengan kemenangan agregat 6-5.

Old Trafford tahu mereka telah menyaksikan sesuatu yang spesial. Ronaldo El Fenomeno telah menyihir mereka.

Sumber: Squawka

KOMENTAR