Termasuk Ronaldo, Ini Pemain Berusia 30 Tahun ke Atas dengan Nilai Transfer Tertinggi Sebelum Casemiro

Serafin Unus Pasi | 19 Agustus 2022, 18:34
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United terus berusaha menambah amunisi mereka memanfaatkan sisa waktu bursa transfer musim panas 2022/2023. Kali ini, Setan Merah dikabarkan kembali menjajal peruntungan mereka untuk mencari tambahan di sektor gelandang.

Setelah dikabarkan tak bersepakat soal gaji dengan Adrien Rabiot dan belum menemui kesepakatan dengan Frenkie de Jong, Manchester United mengalihkan bidikan mereka. Kali ini, yang menjadi target Setan Merah adalah Casemiro.

Gelandang yang kini memperkuat Real Madrid tersebut diplot untuk menjaga kedalaman lini tengah Setan Merah, hal yang tak bisa dilakukan duet gelandang United saat ini, Fred dan Scott McTominay.

Namun, United tak bisa mendapatkan Casemiro secara cuma-cuma. Pasalnya, gelandang asal Brasil tersebut masih terikat kontrak bersama Real Madrid hingga 30 Juni 2025 mendatang.

Setan Merah dikabarkan telah mengajukan penawaran resmi ke Madrid. Mereka disebut siap merogoh kocek sebesar 60 juta euro plus untuk memboyong Casemiro. Nilai transfer ini bisa bertambah 10 juta euro lagi jika seluruh klausul dalam transfer terpenuhi.

Dengan nilai ini, Casemiro bisa mencatatkan rekor. Ia bisa menjadi salah satu pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi.

Selain Casemiro, ada sejumlah pemain lain yang sudah terlebih dulu masuk ke dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi. Salah satu pemain dalam daftar yang disusun laman Transfermarkt ini adalah Cristiano Ronaldo.

Siapa saja mereka? Berikut lima orang di antaranya.

1 dari 5 halaman

Leonardo Bonucci - 42 juta euro

Selebrasi Leonardo Bonucci usai mencetak gol dalam laga Juventus vs Venezia, Minggu (1/5/2022) (c) La Presse via AP Photo

Selebrasi Leonardo Bonucci usai mencetak gol dalam laga Juventus vs Venezia, Minggu (1/5/2022) (c) La Presse via AP Photo

Peringkat kelima dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi saat ini ditempati oleh Leonardo Bonucci. Ia meninggalkan Juventus dengan mahar sebesar 42 juta euro.

Pada musim 2017/2018, Bonucci bergabung dengan AC Milan. Waktu itu, pemain belakang asal Italia tersebut berusia 30 tahun.

Bonucci sendiri hanya semusim memperkuat AC Milan. Awal musim 2018/2019, ia kembali bergabung dengan Juventus. Waktu itu, ia direkrut Juve dengan mahar sebesar 35 juta euro.

Meski hanya semusim, Bonucci sukses menjadi andalan di benteng pertahanan AC Milan. Selama berseragam Rossoneri, ia mencatatkan 35 tackle, 55 intersep, 134 sapuan, dan 21 blok. Selain itu, pemain bertinggi 190 sentimeter inijuga mencatatkan 53 duel udara sukses.

2 dari 5 halaman

Paulinho - 42 juta euro

Paulinho (c) NurPhoto

Paulinho (c) NurPhoto

Di urutan keempat dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi saat ini ada nama Paulinho. Ia ditebus dari Barcelona dengan mahar sebesar 42 juta euro.

Paulinho bergabung dengan Guangzhou FC pada bursa transfer musim dingin 2018/2019. Waktu itu, usia pemain asal Brasil tersebut sudah mencapai 30 tahun.

Bersama klub asal Tiongkok tersebut, Paulinho menjadi salah seorang pemain andalan. Tercatat, selama dua setengah musim berseragam Guangzhou, ia bermain dalam 68 pertandingan. Dalam 5.912 menit bermain, ia mencatatkan 44 gol dan 17 assist.

Paulinho, yang berposisi sebagai gelandang bertahan, juga dominan dalam mendistribusikan bola. Ia mencatatkan rata-rata 52 umpan dalam tiap laga dengan akurasi mencapai 90 persen.

3 dari 5 halaman

Robert Lewandowski - 45 juta euro

Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Robert Lewandowski menjadi pemain ketiga dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi saat ini. Ia dipinang Barcelona dengan mahar sebesar 45 juta euro.

Lewandowski direkrut dari Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas 2022/2023 ini. Waktu hijrah ke Spanyol, pemain asal Polandia tersebut berusia 33 tahun.

Sejauh ini, Lewandowski baru bermain dalam satu laga resmi bersama Barcelona. Dalam 90 menit bermain ini, ia belum mencetak satu gol pun. Dalam laga tersebut, ia mencatatkan lima tembakan, satu umpan kunci, dan tiga dribble sukses.

4 dari 5 halaman

Miralem Pjanic - 60 juta euro

Miralem Pjanic (c) FCB

Miralem Pjanic (c) FCB

Urutan kedua dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi saat ini ditempati oleh Miralem Pjanic. Ia direkrut Barcelona dengan mahar 60 juta euro.

Pjanic direkrut dari Juventus pada awal musim 2020/2021 silam. Waktu itu, usia gelandang asal Bosnia tersebut sudah 32 tahun.

Pjanic hanya sempat bermain dalam 30 laga, sebagian sebagai pengganti, sebelum dipinjamkan ke Besiktas pada musim 2021/2022. Dalam 30 laga ini, Pjanic 27 tembakan, 24 umpan kunci, 15 dribble sukses. Selain itu, ia rata-rata mencatatkan 51 umpan akurat dalam tiap laga.

Awal musim ini, Pjanic sudah kembali dari masa peminjamannya di Besiktas. Namun, ia masih belum mendapat kesempatan tampil bersama Los Blaugrana.

5 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo - 117 juta euro

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo.  (c) AP Photo

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Peringkat pertama dalam daftar pemain berusia lebih dari 30 tahun dengan nilai transfer tertinggi saat ini ditempati Cristiano Ronaldo. Ia dipinang Juventus dengan mahar sebesar 117 juta euro.

Ronaldo direkrut dari Real Madrid pada musim 2018/2019. Waktu itu, pemain asal Portugal tersebut berusia 33 tahun.

Dampak yang diberikan Ronaldo sendiri cukup dahsyat. Dalam 134 laga bersama Si Nyonya Tua, ia menctak 101 gol dan 22 assist.

Ronaldo pun membantu Juventus meraih dua gelar juara Serie A, satu trofi juara Coppa Italia, dan dua trofi juara Supercoppa Italia.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR