BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Phil Foden, Ini 5 Anak Gawang yang Sukses Jadi Pesepakbola Top Dunia

16-02-2021 16:32 | Aga Deta

Gelandang Manchester City Phil Foden. (c) AP Photo Gelandang Manchester City Phil Foden. (c) AP Photo

Bola.net - Dalam satu pertandingan sepak bola biasanya ada anak kecil di pinggir lapangan yang bertugas mengambil bola. Mereka biasa disebut sebagai ball boy atau anak gawang.

Jadi, banyak anak kecil yang senang bertugas menjadi anak gawang untuk klub lokal mereka. Bagaimana tidak, bukan hanya bisa melihat pemain idola dari dekat, tapi juga berpeluang menonton laga-laga berkualitas.

Ada anak gawang yang konsisten berkiprah di sepak bola, hingga menjadi pemain profesional. Tapi, ada juga yang tak meneruskan kiprahnya di lapangan hijau.

Ada beberapa anak gawang yang gigih dan akhirnya menjelma menjadi bintang sepak bola dunia. Satu di antaranya Phil Foden.

Pemain muda Manchester City tersebut dulunya ternyata jadi anak gawang yang dibelanya saat ini. Selain Foden, empat bintang sepak bola ini juga pernah menjadi anak gawang. Berikut sosok mereka, seperti dilansir The Sun.

1 dari 5 halaman

1. Callum Hudson-Odoi

Pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi. (c) AP Photo Pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi. (c) AP Photo

Sesekali seorang anak gawang alias bal boy menjadi bintang pertunjukan. Itulah yang terjadi pada pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, yang saat itu berusia 13 tahun dan menjadi anak gawang.

Ketika mencetak gol ketiga dari hat-tricknya melawan Manchester United pada 2014, Samuel Eto'o merayakan golnya dengan tersenyum kepada Hudson-Odoi sembari saling berpegangan tangan.

2 dari 5 halaman

2. Phil Foden

Gelandang Manchester City Phil Foden. (c) AP Photo Gelandang Manchester City Phil Foden. (c) AP Photo

Saat Stevan Jovetic merayakan golnya untuk Manchester City melawan Swansea pada 2014, ada seorang anak laki-laki di latar belakang melihatnya.

Sang anak sama sekali tidak berubah sedikit pun. Ya, dia adalah Phi Foden yang kini bersinar di Manchester City.

Tentu saja, Phil Foden pernah membagikan gambar itu di media sosial, di sebelah foto dirinya mencetak gol melawan Liverpool.

Dia memberi caption pada unggahan itu. "Bagaimana ini dimulai ... bagaimana perkembangannya."

3 dari 5 halaman

3. Bernardo Silva

Aksi Bernardo Silva pada duel Manchester City vs Birmingham City, putaran ketiga FA Cup 2020/21. (c) mancity.com Aksi Bernardo Silva pada duel Manchester City vs Birmingham City, putaran ketiga FA Cup 2020/21. (c) mancity.com

Sebelum menjadi bintang Manchester City, pemain Portugal, Bernardo Silva, sangat identik dengan Benfica. Dia merupakan jebolan akademi sepak bola Benfica, bersama dengan Ederson dan Renato Sanches.

Sebelum itu, pada 2008, dia dikabarkan menjadi anak gawang di laga Liga Europa antara Benfica kontra Napoli.

4 dari 5 halaman

4. Donny van de Beek

Donny van de Beek (c) AP Photo Donny van de Beek (c) AP Photo

Di Ajax, menjadi anak gawang merupakan bagaian dari pengembangan pemain dan didesain untuk mengajari sang anak soal rasa tanggung jawab.

Menjadi anak gawang juga membuka kesempatan untuk bertemu pemain idola. Seperti gelandang Manchester United, Donny van de Beek yang membagikan foto masa lalu di media sosialnya. Dia berfoto dengan Luis Suarez yang merupakan salah satu pemain idolanya.

5 dari 5 halaman

5. Matthijs De Ligt

Bek Juventus, Matthijs De Ligt (c) AP Photo Bek Juventus, Matthijs De Ligt (c) AP Photo

Sama seperti Van de Beek, De Ligt juga tumbuh di Ajax dan menjadi bintang di Juventus. De Ligt, yang saat itu menjadi anak gawang, juga pernah berfoto dengan Luis Suarez yang memperkuat Ajax.

Kedua pemain bahkan bisa kembali berjumpa, tapi kini sama-sama sebagai pemain, di Liga Champions musim ini.

Sumber: The Sun
Disadur dari: Bola.com/Penulis Yus Mei Sawitri
Published: 14 Februari 2021

KOMENTAR