BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Pahlawan Treble Winners, Ini 5 Pemain yang Pernah Memperkuat MU dan Aston Villa

31-12-2020 10:59 | Gia Yuda Pradana

Ashley Young di Manchester United (c) AP Photo Ashley Young di Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United (MU) dan Aston Villa, yang akan bersua pada laga pekan ke-17 Premier League 2020/2021, merupakan dua tim dengan sejarah panjang di kancah sepak bola Inggris. Sejak akhir abad 19, kedua tim ini sudah mewarnai percaturan sepak bola Inggris.

Sepanjang perjalanan mereka, kedua tim ini sudah menjadi persinggahan banyak pemain bintang. Hal ini tentu tak lepas dari reputasi United dan Villa sebagai tim pilih tanding.

Di antara sejumlah pemain bintang tersebut, ada sejumlah pemain yang sempat memperkuat United dan Villa. Hal ini tak lepas juga dari hubungan kedua tim yang tergolong apik.

Siapa saja para pesepak bola yang sempat memperkuat United dan Villa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Axel Tuanzabe

Axel Tuanzebe (c) MUFC Axel Tuanzebe (c) MUFC

Laga antara United dan Villa, yang akan dihelat pada Sabtu (02/01) ini, bisa jadi akan menjadi partai reuni bagi Tuanzebe. Sebelum merangsek ke tim utama United, pemain berusia 23 tahun tersebut sempat berseragam Villa.

Tuanzebe bergabung dengan akademi United sejak usia delapan tahun. Setelah lulus dari jenjang akademi, pemain kelahiran Kongo ini sempat dipinjamkan ke Aston Villa. Bersama Villa, ia sempat bermain 35 kali.

Setelah tampil apik bersama Villa, Tuanzebe kembali ke United. Ia pun menjadi salah satu pilihan di lini belakang Setan Merah.

2 dari 5 halaman

Tom Cleverley

Tom Cleverley saat masih membela Manchester United (c) FIFA Tom Cleverley saat masih membela Manchester United (c) FIFA

Di bawah bimbingan Sir Alex Ferguson, Cleverley menjadi salah seorang andalan di lini tengah Manchester United. Ia mampu menjalankan peran sebagai dinamo lini tengah United. Bahkan, ia kerap disebut sebagai pewaris Paul Scholes.

Namun, kondisi ini berbeda setelah kedatangan Louis van Gaal ke kubu United. Pelatih asal Belanda ini tak memasukkan Cleverley dalam rencana permainannya. Walhasil, Cleverley harus angkat koper dari Old Trafford.

Pada awal September 2014, Cleverley resmi bergabung dengan Villa. Kendati hanya berstatus pinjaman, ia mengatakan bahwa kariernya di Old Trafford sudah usai.

Karena penampilannya yang tak juga stabil bersama Villa, Cleverley tak dipermanenkan. Setelah masa peminjamannya usai, dan kontraknya bersama United juga berakhir, ia bergabung dengan Everton.

3 dari 5 halaman

Ashley Young

Ashley Young (c) MUFC Official Ashley Young (c) MUFC Official

Young bergabung dengan Villa pada 23 Januari 2007. Sebelumnya, pemain kelahiran 9 juli 1985 tersebut menunjukkan penampilan apik bersama Watford.

Bersama Villa, Young terus menunjukkan permainan apiknya. Ia menjadi salah satu nyawa permainan Villa.

Penampilan apik Villa membuatnya diminati sejumlah klub besar. Setelah mengalahkan Liverpool dalam mendapat tanda tangan Young, United akhirnya resmi memboyong pemain lincah ini pada 23 Juni 2011.

Bersama United, Young menjadi andalan di sisi sayap. Ia pun menjadi salah satu kekuatan Setan Merah sampai ketika ia meninggalkan klub tersebut pada awal Januari 2020. Young kemudian hijrah ke Italia dan bergabung dengan Inter Milan.

4 dari 5 halaman

Ronny Johnsen

Sebelum bergabung dengan Villa, Johnsen merupakan salah seorang pemain andalan Manchester United. Pemain asal Norwegia ini adalah batu karang di lini pertahanan Setan Merah.

Johnsen bergabung dengan United dari Besiktas. Ia dipinang pada musim panas 1996 dengan kontrak bernilai 1,2 juta Pounds.

Bersama United, Johnsen meraih empat gelar juara liga dan satu Piala FA. Selain itu, ia meraih satu trofi Liga Champions. Ia mengakhiri masa baktinya di United pada pengujung musim 2001/2002.

Johnsen sempat menjalani trial bersama Schalke 04. Namun, ia gagal bergabung dengan klub asal Jerman ini dan justru merapat ke Aston Villa. Ia bersama Villa sampai medio musim 2004.

5 dari 5 halaman

Dwight Yorke

Yorke mengawali karier profesionalnya di Liga Inggris bersama Aston Villa. Ia ditemukan Graham Taylor, yang waktu itu menjadi manajer Villa, dalam sebuah laga uji coba pada 1989.

Setahun berselang, Yorke mulai menjadi pilihan utama di tim inti Villa. Ia menjadi andalan Villa sampai sewindu ke depan.

Tampil apik bersama Villa, Yorke menarik perhatian Sir Alex Ferguson. Setelah serangkaian proses negosiasi, ia akhirnya bergabung dengan United pada 20 Agustus 1998.

Bersama United, Yorke langsung tampil moncer. Pada musim pertamanya bersama Setan Merah, ia membawa timnya meraih gelar treble.

Selama memperkuat United, Yorke mencetak 65 gol dari 152 pertandingan. Ia membawa Setan Merah meraih tiga gelar juara liga, satu trofi Piala FA, satu gelar Liga Champions, dan satu trofi Piala Interkontinental.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR