BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Henderson, Ini Empat Pemain yang Sempat Memperkuat Manchester United dan Sheffield United

26-01-2021 12:12 | Gia Yuda Pradana

Kiper Manchester United, Dean Henderson (c) AP Photo Kiper Manchester United, Dean Henderson (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United akan bertemu dengan Sheffield United pada laga pekan ke-20 Premier League 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Old Trafford, Kamis (28/01) dini hari WIB.

Kedua tim tersebut memiliki sejarah panjang di kancah sepak bola Inggris. United dan Sheffield sudah sama-sama mewarnai persepakbolaan Inggris sejak abad ke-19.

Sepanjang sejarah kedua tim ini sudah banyak pemain yang bergabung. Di antara sekian banyak pemain tersebut, ada juga yang sempat memperkuat kedua tim tersebut.

Banyak eks pemain United yang kemudian melabuhkan kariernya di Sheffield United. Ada juga pemain muda Setan Merah yang 'disekolahkan' di The Blades untuk mendapat pengalaman bertanding.

Siapa saja pemain yang sempat memperkuat kedua tim tersebut? Berikut empat di antara mereka.

1 dari 4 halaman

Phil Bardsley

Insiden antara Phil Bardsley dan Marcus Rashford (c) AP Insiden antara Phil Bardsley dan Marcus Rashford (c) AP

Bardsley mengawali karier sepak bolanya bersama Akademi Manchester United. Setelah melalui sejumlah jenjang usia di sistem pembinaan pemain muda United, pemain kelahiran 28 Juni 1985 tersebut akhirnya sempat mencicipi kesempatan bermain bersama tim inti United.

Namun, Bardsley tak langsung menjadi pilihan utama di tim inti. Ia pun kemudian dipinjamkan ke sejumlah klub, termasuk Sheffield United. Bersama The Blades, ia sempat tampil 16 kali.

Setelah meninggalkan Sheffield United, Bardsley bergabung dengan Sunderland dan sejumlah klub lain. Musim ini, ia bergabung dengan Burnley.

2 dari 4 halaman

Ritchie de Laet

Ritchie De Laet (c) PA Ritchie De Laet (c) PA

Tampil apik bersama Royal Antwerp membuat De Laet menjadi incaran Manchester United. Pada 8 Januari 2009, pemain asal Belgia ini pun hijrah ke Old Trafford.

Bersama United, De Laet banyak bermain bersama tim cadangan. Pemain kelahiran 28 November 1988 ini kesulitan menembus tim inti United. Kendati United sempat didera krisis pemain belakang, Sir Alex Ferguson lebih suka mengubah posisi pemain yang ada ketimbang memainkan De Laet. Baru pada 15 Desember 2009 ia menjalani debut bermain di Premier League bersama tim senior.

Pada September 2010, De Laet dipinjamkan ke Sheffield United. Waktu itu, The Blades -yang bermain di Championship- mengalami krisis lini belakang. De Laet sempat bermain enam kali dalam sebulan masa peminjamannya.

3 dari 4 halaman

Ravel Morisson

Ravel Morrison (c) MUFC Ravel Morrison (c) MUFC

Morisson merupakan salah satu pemain jebolan Akademi United. Karena talenta dan gaya bermainnya, pemain kelahiran 2 Februari 1993 tersebut dijuluki sebagai The Next Ryan Giggs.

Morisson menjalani debut di tim utama pada 26 Oktober 2010. Waktu itu, ia menggantikan Park Ji Sung pada laga Piala Liga kontra Wolverhampton Wanderers. Dalam laga tersebut United menang 3-2.

Namun, talenta Morisson tak cukup untuk membuatnya mengamankan satu posisi di tim inti United. Ia pun akhirnya harus mengepak koper dari Old Trafford pada 2012.

Setelah meninggalkan United, Morisson mengembara ke sejumlah klub. Akhirnya, pada Juli 2019, Morisson melabuhkan kariernya di Sheffield United. Setengah musim bersama The Blades, Morisson dipinjamkan ke Middlesbrough sampai akhir musim. Ia pun akhirnya meninggalkan Sheffield United pada akhir musim 2019/2020.

Setelah meninggalkan Sheffield United, Morisson bergabung dengan ADO Den Haag. Namun, kebersamaannya dengan klub asal Belanda tersebut tak berlangsung lama. Pada 9 Januari 2021, ia sepakat untuk mengakhiri kontraknya di ADO Den Haag.

4 dari 4 halaman

Dean Henderson

Dean Henderson (c) AP Photo Dean Henderson (c) AP Photo

Sama seperti Morisson dan Bardsley, henderson merupakan produk sistem pembinaan pemain muda Manchester United. Kiper asal Carlslile ini bergabung dengan akademi Setan Merah pada Agustus 2011. Empat tahun menjalani jenjang di akademi, pada Agustus 2015, Henderson menandatangani kontrak profesional bersama Manchester United.

Resmi berstatus sebagai pemain United tak berarti Henderson langsung bisa masuk ke tim inti. Sebaliknya, ia harus disekolahkan dulu ke tim lain untuk mendapat pengalaman bertanding. Jadilah pada 12 Januari 2016 ia dipinjamkan ke Stockport County.

Stockport County bukan satu-satunya klub yang pernah menjadi sekolah bagi Henderson. Pada 2018 sampai 2020, kiper kelahiran 12 Maret 1997 ini menimba ilmu dan pengalaman di Sheffield United.

Bersama The Blades, Henderson kian matang dan teruji. Penampilannya pun kian apik. Ia sukses membawa Sheffield United promosi ke Premier League.

Di kasta tertinggi kompetisi Inggris ini, Henderson melanjutkan penampilan apiknya bersama Sheffield United. Ia melakukan penyelamatan demi penyelamatan yang membuat Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyebutnya sebagai kandidat kiper nomor satu Setan Merah pada masa depan.

Agustus 2020, Henderson kembali ke Old Trafford. Ia pun melakoni debutnya pada laga Putaran Ketiga Carabao Cup kontra Luton Town. Saat ini, ia bergantian dengan David de Gea dalam mengawal gawang United. Terakhir, ia mengawal gawang United kala menang 3-2 dari Liverpool pada awal pekan lalu.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR