BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Chelsea, Ini Lima Tim Premier League 2020/2021 yang Underperform

25-01-2021 18:59 | Serafin Unus Pasi

Skuad Chelsea merayakan gol Thiago Silva ke gawang West Ham, Premier League 2020/21 (c) AP Photo Skuad Chelsea merayakan gol Thiago Silva ke gawang West Ham, Premier League 2020/21 (c) AP Photo

Bola.net - Premier League musim 2020/2021 sudah melewati pekan ke-19. Jika ada 38 laga yang harus dilakoni tim-tim peserta Premier League musim ini, maka kompetisi sepak bola Inggris ini sudah separuh jalan.

Dari separuh perjalanan kompetisi musim ini, ada sejumlah tim yang menunjukkan performa baik (overperform). Namun, sebaliknya, ada juga tim-tim yang menunjukkan performa buruk (underperform).

Salah satu indikator menentukan performa apakah tim tersebut overperform atau underperform adalah dengan membandingkan raihan poin saat ini dengan nilai expected points (xPTS) mereka.

Metode xPTS merupakan salah satu pengembangan lebih lanjut dari alat ukur statistik expected goals (xG). Dalam metode xPTS, nilai xG dan xGA digunakan untuk mengukur kemungkinan perolehan poin klub.

Tim mana sajakah yang underperform sejauh ini? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Aston Villa

Ollie Watkins dibayangi oleh Roberto Firmino di laga Aston Villa vs Liverpool di Villa Park, Senin (05/10/2020). (c) Pool EPA via AP Photo Ollie Watkins dibayangi oleh Roberto Firmino di laga Aston Villa vs Liverpool di Villa Park, Senin (05/10/2020). (c) Pool EPA via AP Photo

Aston Villa berada di peringkat lima dalam daftar lima tim yang paling menunjukkan penampilan underperform di Premier League 2020/2021 sejauh ini.

Villa sejauh ini berada di peringkat delapan klasemen sementara, dengan raihan 29 poin dari 17 pertandingan. Raihan ini lebih rendah 1,94 poin dari nilai xPTS mereka.

Dalam perhitungan Understat, nilai xPTS Villa sendiri adalah 30,94. Dengan nilai xPTS ini, seharusnya Villa berada di peringkat enam.

Performa Villa yang masih di bawah perhitungan matematis mereka ini tak lepas dari kemampuan mereka mencetak gol. Saat ini, Villa baru mencetak 31 gol. Sementara, nilai expected goals (xG) mereka ada di level 32,66.

Namun, kelemahan Villa dalam mencetak gol ini masih tertutupi rapatnya pertahanan mereka. Sejauh ini, gawang mereka kebobolan 18 kali. Sementara, nilai expected goals against (xGA) mereka ada di level 20,64.

2 dari 5 halaman

Chelsea

Thiago Silva dkk hanya bisa terdiam melihat Kevin De Bruyne menjebol gawang Chelsea. (c) Pool EPA via AP Photo Thiago Silva dkk hanya bisa terdiam melihat Kevin De Bruyne menjebol gawang Chelsea. (c) Pool EPA via AP Photo

Chelsea berada di peringkat empat dalam daftar lima tim yang paling menunjukkan penampilan underperform di Premier League 2020/2021 sejauh ini.

Sejauh ini, The Blues berada di peringkat sembilan klasemen sementara dengan raihan 29 poin dari 19 pertandingan. Raihan ini lebih rendah 5,67 poin dari nilai xPTS mereka.

Dalam perhitungan Understat, nilai xPTS Chelsea sendiri adalah 34,67. Dengan nilai xPTS ini, seharusnya skuad Frank Lampard ini berada di peringkat tiga.

Secara penyerangan, Chelsea sebenarnya tak bermasalah. Mereka sejauh ini sudah mencetak 33 gol. Sementara, nilai xG mereka berkisar di level 32,52.

Permasalahan terbesar Chelsea ada di sektor pertahanan mereka. Sejauh ini, gawang The Blues sudah bobol 23 kali. Padahal, nilai xGA mereka berada di angka 19,20.

3 dari 5 halaman

Fulham

Fulham (c) AP Photo Fulham (c) AP Photo

Fulham berada di peringkat tiga dalam daftar lima tim yang paling menunjukkan penampilan underperform di Premier League 2020/2021 sejauh ini.

Sejauh ini, The Cottagers berada di peringkat 18 klasemen sementara dengan raihan 12 poin dari 18 pertandingan. Raihan ini lebih rendah 7,70 poin dari nilai xPTS mereka.

Dalam perhitungan Understat, nilai xPTS Fulham sendiri adalah 19,70. Dengan nilai xPTS ini, seharusnya mereka berada di peringkat 16.

Permasalahan terbesar Fulham ada di sektor penyerangan mereka. Sejauh ini, mereka baru 15 kali membobol gawang lawan. Sementara, nilai xG mereka berkisar di angka 20,15.

4 dari 5 halaman

Brighton and Hove Albion

Pertandingan Brighton vs Liverpool berakhir imbang 1-1 (c) AP Photo Pertandingan Brighton vs Liverpool berakhir imbang 1-1 (c) AP Photo

Brighton berada di peringkat dua dalam daftar lima tim yang paling menunjukkan penampilan underperform di Premier League 2020/2021 sejauh ini.

Sejauh ini, The Seagulls berada di peringkat 17 klasemen sementara dengan raihan 17 poin dari 19 pertandingan. Raihan ini lebih rendah 11,95 poin dari nilai xPTS mereka.

Dalam perhitungan Understat, nilai xPTS Brighton sendiri adalah 28,95. Dengan nilai xPTS ini, seharusnya mereka berada di peringkat lima.

Secara umum, baik penyerangan maupun pertahanan Brighton belum menunjukkan performa apik. Di sisi penyerangan, dari nilai xG 27,06, mereka baru mencetak 22 gol. Sementara, dalam aspek pertahanan, gawang mereka sudah bobol 29 kali. Padahal, secara matematis, nilai xGA mereka berada di level 23,82.

5 dari 5 halaman

Sheffield United

Peringkat pertama dalam daftar lima tim yang paling menunjukkan penampilan underperform di Premier League 2020/2021 sejauh ini ditempati Sheffield United.

Sejauh ini, The Blades berada di peringkat 20 klasemen sementara dengan raihan lima poin dari 19 pertandingan. Raihan ini lebih rendah 18,82 poin dari nilai xPTS mereka.

Dalam perhitungan Understat, nilai xPTS Sheffield sendiri adalah 18,82. Dengan nilai xPTS ini, seharusnya mereka berada di peringkat 17.

Secara umum, baik penyerangan maupun pertahanan Brighton belum menunjukkan performa apik. Di sisi penyerangan, dari nilai xG 19,87, mereka baru mencetak sepuluh gol. Sementara, dalam aspek pertahanan, gawang mereka sudah bobol 32 kali. Padahal, secara matematis, nilai xGA mereka berada di level 29.74.

Sebagai catatan, nilai xGA mereka berada di peringkat keempat tim-tim peserta Premier League 2020/2021.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR