BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Terlalu Padat, Jurgen Klopp Tuntut Adanya Perubahan Jadwal Sepakbola

23-07-2019 23:26 | Dimas Ardi Prasetya

Jurgen Klopp usai menukangi Liverpool melawan Wolverhampton dalam laga penutup Premier League 2018/2019, Minggu (12/5). (c) AP Photo Jurgen Klopp usai menukangi Liverpool melawan Wolverhampton dalam laga penutup Premier League 2018/2019, Minggu (12/5). (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa meningkatnya tekanan pada pemain untuk tampil terus sepanjang tahun akan memberikan dampak negatif dalam jangka panjang bagi dunia sepakbola itu sendiri.

Kompetisi sepakbola di Eropa telah berakhir per bulan Juni lalu. Tentunya para pemain kemudian menjadpat jatah libur.

Namun ada pemain yang masa liburnya akhirnya terpotong. Pada musim panas ini, kasusnya adalah karena mereka harus bermain di pentas UEFA Nations League.

Kemudian ada juga ajang Copa America 2019. Sebagian lagi juga harus menguras sisa-sisa tenaganya di Piala Afrika 2019.

Sementara itu pihak klub tentu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi anyar. Di Inggris, kompetisi akan dimulai awal Agustus.

Jadi sejak Juli ini, mereka sudah harus berkumpul lagi. Mereka harus ikut serta dalam program pra musim yang dirancang pihak klub.

1 dari 2 halaman

Efek Negatif

Di skuat Liverpool ada pemain yang harus memotong jatah liburannya. Mereka adalah Virgil Van Dijk, Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Sadio Mane, Alisson Becker dan Roberto Firmino.

Klopp pun mengeluhkan bahwa mereka para pemain seperti anak-anak asuhnya dan pemain manapun tidak bisa terus diminta bermain sepanjang tahun. Sebab dampaknya akan terasa negatif dalam jangka panjang.

“Kami duduk di sini dan sepertinya saya sedang mengeluh atau apa pun. Hanya saja situasinya, dalam jangka panjang, tidak dapat diterima. Sepertinya tidak ada yang bisa membayangkan sepekan tanpa sepakbola di tahun ini. Kapan itu terjadi? Sepakbola lagi, sepakbola lagi."

“Itu sulit, sulit untuk para pemain. Semuanya akan baik-baik saja musim ini," sambungnya.

"Namun dalam jangka panjang? Kita harus mengubahnya. Harus ada waktu istirahat. Ayo, biarkan mereka istirahat. Beranilah. Jangan perlakukan setiap laga seperti itu adalah yang terakhir dalam satu dekade," cetusnya.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Maksimal

Dari semua pemain Liverpool yang terlibat di pentas sepakbola internasional, Mane jadi pemain yang balik paling terakhir gabung skuat The Reds. Sebab Senegal berhasil masuk final Piala Afrika.

Klopp sendiri sudah memastikan bahwa Mane baru akan balik pada 5 Agustus mendatang, setelah dihelatnya Community Shield. Manajer asal Jerman itu pun menyebut bahwa Mane kekurangan istirahat dan ia nanti tak akan bisa tampil dalam peforma terbaiknya karena tak mendapat cukup istirahat.

“Musim Sadio Mane, setelah ia memainkan final [Afcon], akan menjadi 13 bulan. Semusim 13 bulan, begitulah. Tanyakan padanya berapa banyak liburan yang telah da jalani. Ia bermain hampir setiap pertandingan untuk Senegal. Ia memainkan setiap laga untuk kami. Setiap jeda internasional, ia pergi. Tanyakan padanya," serunya.

“Tekanan ada di mana-mana. Kita perlu menenangkan ini. Kami membutuhkan istirahat yang tepat, maka Anda akan mendapatkan pertunjukan kelas dunia. Maka Anda dapat menikmati para pemain ini dalam jangka panjang dan akan lebih mudah bagi yang lebih muda untuk melewatinya,"

“Kami harus memenangkan hampir setiap pertandingan. Jadi di mana ruang untuk pengembangan? Kita harus memastikan bersama-sama bahwa ada cukup ruang bagi para pemain untuk pulih dan kemudian bermain lagi. Seperti itu di masa lalu yang indah, omong-omong,” tandasnya.

Liverpool saat ini berada di Amerika untuk menjalani tur pra musim. Mereka sudah beruji coba lawan Borussia Dortmund dan Sevilla. Pasukan Jurgen Klopp itu masih akan berhadapan dengan Sporting Lisbon dan Napoli serta Lyon sebelum bermain di Community Shield lawan Manchester City.

Misi Berat Chelsea dan Pembuktian Kiper Kedua Liverpool di Piala Super Eropa

KOMENTAR