BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tanpa Duo Auba-Laca dan Ada 5 Pemain Baru: Perkiraan Starting XI Arsenal Musim 2021/2022

30-07-2021 11:54 | Asad Arifin

Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang West Ham di pekan kedua Premier League 2020/2021 (c) AP Photo
Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang West Ham di pekan kedua Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal bisa jadi tim kejutan pada musim 2021/2022. Sebab, setelah musim 2020/2021 yang sulit, Arsenal melakukan perubahan baik dari sisi teknis maupun dengan cara mendatangkan pemain baru.

Mikel Arteta mendapat kepercayaan penuh untuk memimpin proyek tim. Arteta leluasa mendepak pemain yang memang tidak masuk dalam rencananya, termasuk pemain bintang seperti kasus David Luiz dan Mesut Ozil. Beberapa pemain lain akan menyusul.

Musim ini, Arteta juga mendapat tambahan pemain baru. Ada nama Albert Sambi Lokonga, dan Nuno Tavares yang sudah resmi menjadi milik Arsenal. Lalu, ada Ben White yang dalam waktu dekat akan diumumkan secara resmi sebagai pemain baru.

Selain tiga nama di atas, Arteta juga masih punya rencana lain di bursa transfer musim panas ini. Berikut adalah perkiraan starting XI terkuat Arsenal jika para pemain bidikan mampu didapatkan. Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Kiper - Aaron Ramsdale

Aaron Ramsdale (c) AP Photo
Aaron Ramsdale (c) AP Photo

Performa Bernd Leno tidak cukup memuaskan bagi Mikel Arteta. Kini, Arteta ingin mendapatkan penjaga gawang baru. Targetnya adalah Aaron Ramsdale yang mungkin akan meninggalkan Sheffield karena terdegradasi dari Premier League.

Walau klubnya terdegradasi, Ramsdale tampil bagus pada musim 2020/2021 lalu. Kiper berusia 23 tahun itu masuk dalam skuad Inggris di Euro 2020. Saat ini, Arsenal berupaya untuk bisa mendapatkan jasa Ramsdale.

2 dari 13 halaman

Bek kanan - Calum Chambers

Pemain Arsenal, Calum Chambers (kanan). (c) AP Photo
Pemain Arsenal, Calum Chambers (kanan). (c) AP Photo

Arsenal akan melepas Hector Bellerin yang tidak masuk dalam rencana Mikel Arteta. Saat ini, pemain asal Spanyol itu masuk dalam target transfer Inter Milan. Arteta akan melepas Bellerin karena sudah punya Callum Chambers.

Chambers mengalami banyak cedera pada musim 2020/2021 lalu sehingga sering absen. Jika dalam kondisi bugar, pemain 26 tahun itu bisa diandalkan Arteta untuk mengisi posisi bek kanan Arsenal.

3 dari 13 halaman

Bek tengah - Ben White

Ben White (c) AP Photo
Ben White (c) AP Photo

Ben White belum resmi menjadi milik Arsenal, tetapi transfer sang pemain sudah rampung. Arsenal akan membayar 50 juta pounds pada Brighton untuk mendapatkan jasa pemain 23 tahun.

Dibeli dengan harga mahal, Ben White hampir pasti akan menjadi andalan Arteta di lini belakang. Ben White bakal menggeser peran Gabriel Magalhaes yang tidak optimal pada musim 2020/2021 lalu.

4 dari 13 halaman

Bek tengah - Pablo Mari

Aksi Pablo Mari (tengah) pada duel Arsenal vs Newcastle, Piala FA 2020/21. (c) AP Photo
Aksi Pablo Mari (tengah) pada duel Arsenal vs Newcastle, Piala FA 2020/21. (c) AP Photo

Sebagai duet Ben White, ada nama Pablo Mari yang jadi andalan. Pablo Mari belum tampil optimal sejak dibeli dari Flamengo pada 2020 lalu. Sebab, pemain asal Spanyol itu mengalami cedera dan absen untuk waktu yang lama.

Pablo Mari datang ke Arsenal atas rekomendasi langsung dari Arteta. Bagi sang manajer, Pablo Mari adalah pemain yang diharapkan bugar. Pablo Mari punya kemampuan distribusi bola yang bagus. Kemampuan yang sangat dikagumi Arteta.

5 dari 13 halaman

Bek kiri - Kieran Tierney

Bek Arsenal, Kieran Tierney. (c) AP Photo
Bek Arsenal, Kieran Tierney. (c) AP Photo

Satu nama yang hampir pasti masuk dalam starting XI Arsenal adalah Tierney. Bek asal Skotlandia itu adalah andalan Arteta untuk posisi kiri. Bahkan, beberapa pandit menyebut Tierney bisa jadi kapten masa depan The Gunners.

Tierney, walau sempat cedera, tampil pada 27 laga Arsenal musim lalu. Pemain 24 tahun itu punya potensi yang besar. Tierney punya kemampuan yang lengkap dan seimbang dalam bertahan dan menyerang.

6 dari 13 halaman

Gelandang - Thomas Partey

Gelandang Arsenal, Thomas Partey. (c) AP Photo
Gelandang Arsenal, Thomas Partey. (c) AP Photo

Musim pertama Partey bersama Arsenal tidak berjalan cukup bagus. Partey mengalami empat kali cedera berbeda dan absen pada banyak laga. Namun, Partey diprediksi punya potensi besar untuk bersinar bersama Arsenal.

Partey akan menjadi andalan Arteta musim 2021/2022. Dengan kemungkinan dilepasnya Granit Xhaka ke As Roma, Partey akan punya tanggung jawab lebih besar. Musim kedua pemain asal Ghana itu diyakini akan lebih baik.

7 dari 13 halaman

Gelandang - Sambi Lokonga

Albert Sambi Lokonga resmi bergabung dengan Arsenal (c) Arsenal FC
Albert Sambi Lokonga resmi bergabung dengan Arsenal (c) Arsenal FC

Albert Sambi Lokonga dibeli dari Anderlecht dengan harga 17,5 juta euro. Walau baru berusia 21 tahun, dan tahun pertama bermain di Premier League, Lokonga diprediksi akan langsung jadi andalan di lini tengah.

Lokonga telah menjadi andalan Anderlecht dalam dua musim terakhir. Lokonga punya kemampuan menyerang yang cukup bagus. Jika tugas utama Partey adalah membantu lini pertahanan, maka Lokonga bisa sedikit lebih fokus untuk membantu pertahanan.

8 dari 13 halaman

Winger kanan - Emile Smith Rowe

Gelandang muda Arsenal, Emile Smith-Rowe (c) Arsenal.com
Gelandang muda Arsenal, Emile Smith-Rowe (c) Arsenal.com

Tanda-tanda Smith Rowe bakal menjadi pemain inti sudah nampak sejak sesi pramusim. Pemain 21 tahun itu telah mendapatkan kontrak baru. Selain itu, dia juga mendapatkan kepercayaan memakai nomor punggung 10 yang gengsinya cukup besar di Arsenal.

Idealnya, Smith Rowe bermain untuk peran playmaker. Namun, jebolan timnas Inggris yang menjadi juara Piala Dunia U-19 2017 itu bisa bermain sebagai winger kanan. Smith Rowe bahkan juga bisa bermain untuk peran winger kiri.

9 dari 13 halaman

Playmaker - James Maddison

Gelandang Leicester City James Maddison. (c) AP Photo
Gelandang Leicester City James Maddison. (c) AP Photo

Sejak performa Mesut Ozil menurun, lalu dilepas, Arsenal tidak punya playmaker yang bisa diandalkan dan tampil konsisten. Arsenal harus mencarinya di bursa transfer dan pilihan jatuh pada sosok Maddison.

Maddison masih berstatus pemain Leicester City. Namun, Arsenal sangat serius ingin mendapatkan jasa Maddison. Bahkan, The Gunners siap memecahkan rekor transfer demi mengamankan jasa Maddison. Harga jual Maddison mencapai 80 juta pounds.

10 dari 13 halaman

Winger kiri - Bukayo Saka

Selebrasi Bukayo Saka usai mencetak gol di laga uji coba Inggris vs Austria (c) AP Photo
Selebrasi Bukayo Saka usai mencetak gol di laga uji coba Inggris vs Austria (c) AP Photo

Musim 2020/2021 adalah momen sulit bagi Arsenal. Mereka terseok di papan tengah klasemen Premier League. Jika ada kabar baik, maka itu adalah performa bagus yang ditunjukkan Bukayo Saka.

Saka tampil sangat konsisten dan mampu bermain untuk beberapa peran. Dia kemudian juga masuk skuad timnas Inggris di Euro 2020. Pada usia yang sangat muda, 19 tahun, akan jadi tumpuan Arsenal pada musim 2021/2022 nanti.

11 dari 13 halaman

Penyerang - Lautaro Martinez

Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez (c) AP Photo
Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez (c) AP Photo

Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette gagal tampil menentukan pada musim 2020/2021 lalu. Nama yang disebut kedua akan dilepas awal musim ini dan Auba diprediksi kehilangan tempat di starting XI, terutama jika Lautaro Martinez berhasil dibeli.

Arsenal sudah bertanya pada Inter Milan soal kemungkinan transfer Martinez. The Gunners siap melepas Hector Bellerin demi mendapatkan jasa Martinez. Jika transfer ini terwujud, maka Arsenal bakal punya juru gedor yang menjanjikan musim depan.

12 dari 13 halaman

Para Supersub

Mohamed Elneny (c) Pool AFP via AP Photo
Mohamed Elneny (c) Pool AFP via AP Photo

Merujuk nama-nama di atas, Arsenal punya skuad yang cukup mumpuni untuk bersaing di Premier League. Klub asal London Utara ini mungkin masih kesulitan bersaing untuk gelar juara, tetapi bisa bersaing untuk zona Liga Champions.

Apalagi, barisan pemain pengganti Arsenal juga cukup menjanjikan. Gabriel Martinelli akan kembali setelah cedera parah musim lalu. Lalu, masih ada Nicolas Pepe yang performanya cukup meyakinkan akhir musim lalu. Aubameyang dan Willian juga tidak boleh dilupakan.

Mikel Arteta juga masih punya Mohamed Elneny dan Lucas Torreira yang bisa memberikan banyak hal di lini tengah. Sosok Joe Willock juga bisa menjadi opsi setelah tampil bagus di Newcastle dengan status pinjaman.

Di lini belakang, ada nama Nuno Tavarez, Cedric Soares, Gabriel, dan Sead Kolasinac yang juga perlu dipertimbangkan. Sementara, untuk posisi penjaga gawang, ada persaingan sengit antara Ramdale [jika sukses dibeli] dengan Leno.

13 dari 13 halaman

Grafis

Perkiraan starting XI Arsenal musim 2021/2022 (c) BuildLineUpPerkiraan starting XI Arsenal musim 2021/2022 (c) BuildLineUp

KOMENTAR