BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tampil Solid Sebagai Bek Tengah di Liverpool, Apa Rahasia Fabinho?

30-12-2020 21:35 | Dimas Ardi Prasetya

Fabinho (c) AP Photo Fabinho (c) AP Photo

Bola.net - Gelandang Liverpool Fabinho mengatakan performanya yang apik sebagai bek tengah musim ini tak lepas dari pengalaman sebelumnya plus komunikasi yang apik dengan rekan-rekannya.

Musim ini Liverpool mengalami krisis di lini pertahanannya. Virgil van Dijk dan Joe Gomez cedera lutut dan harus absen lama.

Masih ada Joel Matip, tapi bek Kamerun itu rawan cedera. Alhasi Fabinho harus 'diungsikan' ke lini belakang demi mengisi posisi yang ditinggalkan ketiga pemain tersebut.

Meski tak main di posisi aslinya, Fabinho ternyata mampu tampil solid. Performa pria asal Brasil itu pun menuai banyak pujian, khususnya dari fans Liverpool.

1 dari 3 halaman

Rahasia Fabinho

Fabinho mengaku dirinya bisa tampil apik di pos bek tengah karena hal yang sederhana; ia sebelumnya sudah pernah bermain di posisi tersebut.

Fabinho pertama kali bermain di pos bek tengah pada Januari 2019 silam, saat lawan Brighton. Setelah itu ia bermain beberapa kali lagi di pos tersebut. Jadi pemain 27 tahun itu mengaku dirinya tak kaget lagi kala harus bermain di pos tersebut.

“Di musim pertama saya, saya sudah bermain sebagai bek tengah dan musim lalu, saya tidak ingat persis kapan, tapi saya juga memainkan beberapa pertandingan di sana," ujarnya pada situs resmi Liverpool.

"Manajer telah mempersiapkan saya untuk bermain di posisi ini, jadi tidak mengherankan ketika saya harus bermain di sana karena cedera dan saya senang karena sejauh ini sudah berjalan dengan baik," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Bantuan Klopp

Fabinho dan Jurgen Klopp dalam laga Liverpool vs Midtjylland, Rabu (28/10/2020) (c) Pool Getty via AP Photo Fabinho dan Jurgen Klopp dalam laga Liverpool vs Midtjylland, Rabu (28/10/2020) (c) Pool Getty via AP Photo

Namun Fabinho juga mengatakan, ia mendapatkan bantuan dari Jurgen Klopp untuk beradaptasi di posisi tersebut. Ia mengatakan Klopp membantunya dengan detil-detil kecil yang tampak sepele namun cukup penting.

“Manajer telah mencoba membantu dengan hal-hal kecil, hal-hal posisi atau terkadang ketika memainkan bola panjang atau melangkah maju dengannya. Hal-hal seperti ini - detail kecil - jadi saya bisa menjadi lebih baik," serunya.

"Ia tidak terlalu banyak bicara tentang itu. Ia hanya mencoba memberi saya kepercayaan diri untuk memainkan posisi itu," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Komunikasi

Selain itu, Fabinho juga menyebut ada satu faktor penting lainnya yang ikut berperan membantunya tampil apik di lini belakang Liverpool. Hal tersebut adalah adanya jalinan komunikasi yang baik dengan rekan-rekannya di sekitarnya.

“Saya selalu mengatakan komunikasi sangat penting dengan mitra saya saat bermain di sana - bek tengah lainnya, bek sayap dan gelandang tengah. Para pemain telah banyak membantu saya dan sekarang saya terbiasa bermain di posisi ini, jadi saya lebih percaya diri untuk bermain di sana. Saya hanya ingin membantu tim untuk memainkan sepak bola yang bagus dan menjadi sebaik mungkin," terangnya.

“Seperti yang saya katakan, saya tahu di posisi ini saya harus lebih komunikatif dengan semua pemain karena saya bisa melihat hampir semuanya di lapangan. Saya mencoba membantu pasangan saya dalam posisi mereka ketika mereka harus menutup sisi kiri atau kanan," serunya.

“Ini lebih tentang komunikasi, tetapi saya tidak tahu apakah saya benar-benar harus banyak berubah dalam hal bagaimana saya berada di lapangan. Ini lebih tentang kepemimpinan dan komunikasi," tandasnya.

Fabinho musim ini telah bermain sebanyak 20 kali bagi Liverpool di semua ajang kompetisi. Ia bermain di pos gelandang bertahan enam kali sementara di bek tengah sebanyak 14 kali.

(Liverpoolfc.com)

KOMENTAR