BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tak Ada Salah dan Mane, Liverpool Masih Punya Van Dijk

17-01-2022 23:59 | Dimas Ardi Prasetya

Virgil Van Dijk beraksi di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Virgil Van Dijk beraksi di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Eks penyerang Tottenham Garth Crooks mengatakan Liverpool memang kehilangan Sadio Mane dan Mohamed Salah tapi mereka masih punya Virgil Van Dijk yang merupakan ancaman besar bagi lawan dalam situasi bola-bola mati.

Liverpool baru saja berduel lawan Brentford di pekan ke-22 Premier League 2021-22 di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. Di laga tersebut mereka kembali tak diperkuat oleh Mane dan Salah yang masih berlaga di Piala Afrika 2021.

Liverpool mulanya sempat kesulitan menghadapi perlawanan Brentford. The Reds kemudian baru bisa mencetak gol pertamanya jelang laga babak pertamanya berakhir melalui Fabinho.

Di babak kedua barulah Liverpool bisa mengendalikan jalannya laga. Mereka bisa menambah dua gol lagi melalui Alex Oxlade-Chamberlain dan Takumi Minamino.

1 dari 3 halaman

Van Dijk Ancaman Bagi Brentford

Liverpool menang telak 3-0 atas Brentford. Namun mereka sejatinya bisa saja menang lebih besar jika saja sontekan Virgil Van Dijk tak digagalkan oleh kiper lawan, Alvaro Fernandez.

Garth Crooks lantas memberikan pujiannya pada Van Dijk. Ia menyebut bek asal Belanda itu merupakan ancaman besar bagi pertahanan lawan jika bergerak maju dalam situasi bola-bola mati. Ia juga disebut bisa sedikit membantu lini serang Liverpool di saat Sadio Mane dan Mohamed Salah absen.

“Liverpool tidak beruntung untuk tidak unggul satu gol ketika van Dijk, ancaman di area penalti lawan mana pun, membawa bola ke bawah dengan brilian dan menembak ke gawang, hanya untuk melihat usahanya diselamatkan dengan luar biasa oleh Alvaro Fernandez," ujarnya pada BBC.

“Kehadiran Van Dijk di kotak penalti Brentford pada set-piece lain yang menciptakan peluang bagi Fabinho untuk mencetak gol," sambung Crooks.

“Jelas pemain internasional Belanda itu merupakan masalah bagi para bek lawan, yang sama baiknya karena melawan Arsenal di Piala Carabao pada hari Kamis – dan kehilangan pemain mereka dalam tugas Piala Afrika – mereka terlihat sangat biasa," klaim Crooks.

2 dari 3 halaman

Soal Kemenangan Lawan Brentford

Manajer Liverpool Jurgen Klopp sebelumnya sempat berkomentar soal kemenangan besar timnya atas Brentford. Ia mengatakan sejak awal yakin anak-anak asuhnya akan bisa meraih tiga poin. Bahkan saat mereka tak diperkuat oleh Sadio Mane dan Mohamed Salah.

"Saya tidak terkejut tentang itu tetapi menang bagus untuk kepercayaan diri, tentu saja. Saya tidak berpikir kami kesusahan dalam hal kepercayaan diri," ujarnya pada situs resmi Liverpool.

"Kami cukup banyak memotong kebisingan publik, jadi apa yang terjadi di sekitar. Kami tahu melawan Arsenal apa yang tidak benar tetapi apa yang dibuat dunia di luar sana pada saat itu, jadi seperti hanya meletakkan jari pada hal yang jelas bahwa beberapa pemain tidak ada di sini – pemain kelas dunia, omong-omong," ucapnya.

"Kami tahu itu, jadi kami tidak perlu membacanya dan kami bisa melakukan hal kami sendiri. Dan itulah yang kami lakukan," tandas Klopp.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

(BBC/Liverpoolfc.com)

KOMENTAR