Tak Ada Nama Haaland dan Nunez, Ini Starting XI Terbaik Pekan Pertama Premier League 2022/2023

Serafin Unus Pasi | 8 Agustus 2022, 19:48
Pemain Liverpool, Darwin Nunez (tengah) merayakan golnya ke gawang Man City di Community Shield 2022 (c) AP Photo
Pemain Liverpool, Darwin Nunez (tengah) merayakan golnya ke gawang Man City di Community Shield 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Premier League 2022/2023 sudah bergulir. Bintang-bintang lapangan hijau di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris ini juga sudah menunjukkan kemampuan terbaik mereka pada pekan pertama ini.

Di antara bintang yang berkesempatan unjuk kebolehan mereka pada pekan pertama ini ada nama Erling Haaland dan Darwin Nunez. Dua penyerang muda ini menjadi pemain yang paling banyak menjadi buah bibir jelang Premier League dimulai.

Pada laga perdananya di Premier League, Haaland mencetak dua gol yang membawa Manchester City menang 2-0 atas West Ham United. Sementara, Nunez mencetak satu gol dan satu assist yang membantu Liverpool bermain imbang 2-2 kala bertandang ke markas Fulham. Atas performa mereka tersebut, Haaland mendapat ponten 7,77 untuk penampilannya pada laga tersebut. Sementara, performa Nunez diganjar nilai 7,50.

Dengan nilai tersebut, kendati tampil apik dan berperan besar atas hasil yang diraih timnya, Haaland dan Nunez tak masuk ke dalam daftar starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Tak ada nama dua pemain muda tersebut dalam daftar yang disusun laman Whoscored ini.

Siapa saja para pemain yang masuk ke dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Edouard Mendy - 7,66

Aksi Edouard Mendy pada laga melawan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2021 (c) AP Photo

Aksi Edouard Mendy pada laga melawan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2021 (c) AP Photo

Edouard Mendy terpilih mengisi posisi penjaga gawang dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Kiper Chelsea tersebut mendapat nilai 7,66 untuk penampilannya pada laga kontra Everton.

Pada laga tersebut, Mendy menjadi salah satu aktor utama di balik kemenangan Chelsea. Tiga penyelamatan yang dicatatkannya pada laga ini mampu menjaga gawang The Blues tetap perawan sampai laga berakhir. Dalam laga ini, Mendy juga sukses memenangi dua duel udara.

Tak hanya mampu menjaga gawangnya dari serbuan lawan, Mendy juga mampu mengawali serangan timnya dengan baik. Kemampuan pemain berusia 30 tahun ini dalam mendistribusikan bola sangat baik. Ia melepas 25 umpan, yang 22 di antaranya tepat sasaran.

2 dari 11 halaman

Ben White - 7,7

Bek Arsenal Ben White beradu cepat dengan penyerang sayap Crystal Palace Wilfried Zaha. (c) AP Photo

Bek Arsenal Ben White beradu cepat dengan penyerang sayap Crystal Palace Wilfried Zaha. (c) AP Photo

Di posisi fullback kanan dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 ada nama Ben White. Pemain belakang Chelsea tersebut diganjar ponten 7,7 untuk penampilannya pada laga kontra Crystal Palace.

Dalam laga tersebut, Ben White mampu menjadi tembok kokoh di sektor bek sayap kanan Arsenal. Dalam laga tersebut, ia mencatatkan delapan tackle, satu intersep, empat sapuan, dan satu blok.

Tak hanya mampu bertahan dengan baik, White juga ciamik dalam membantu serangan. Pemain 24 tahun tersebut juga melepas 24 umpan akurat yang satu di antaranya merupakan umpan kunci.

3 dari 11 halaman

Fabian Schar - 8,7

Fabian Schar (c) Premier League

Fabian Schar (c) Premier League

Satu tempat di jantung pertahanan dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 ditempati Fabian Schar. Penampilan pemain belakang Newcastle United tersebut pada laga kontra Nottingham Forest mendapat ponten 8,7.

Schar mencetak satu dari dua gol kemenangan Newcastle pada laga tersebut. Satu gol ini dicatatkannya dari dua tembakan ke gawang Forest pada laga tersebut.

Selain itu, pemain asal Swiss tersebut juga apik dalam mendistribusikan permainan. Dalam laga tersebut, ia melepas 51 umpan, yang 37 di antaranya tepat sasaran. Satu di antara 37 umpan tersebut merupakan umpan kunci.

Schar juga tak lalai menjalankan tugasnya sebagai seorang pemain belakang. Ia mencatatkan satu intersep dan dua sapuan. Schar pun tangguh dalam duel udara dengan catatan empat duel udara sukses pada laga tersebut.

4 dari 11 halaman

Lloyd Kelly - 8,2

Lloyd Kelly (c) BCFC

Lloyd Kelly (c) BCFC

Kelly terpilih sebagai partner Kelly di jantung pertahanan dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Pemain belakang Bournemouth ini mendapat nilai 8,2 untuk penampilannya pada laga kontra Aston Villa.

Berposisi sebagai pemain belakang, Kelly kokoh mengawal pertahanan Leeds United. Ia mencatatkan dua tackle, satu intersep, sebelas sapuan, dan satu blok. Selain itu, pemain belakang bertinggi 178 sentimeter tersebut tangguh dalam duel udara. Ia mencatatkan dua duel udara sukses pada laga tersebut.

Kelly juga apik dalam membantu penyerangan. Pemain 23 tahun tersebut mencatatkan 15 umpan akurat dari 26 umpan yang dilepaskan. Dari 15 umpan akurat tersebut satu di antaranya adalah assist yang berbuah gol kedua timnya.

5 dari 11 halaman

Oleksandr Zinchenko - 8,1

Bek Crystal Palace Nathaniel Clyne berduel dengan bek Arsenal Oleksandr Zinchenko ketika kedua tim bertemu pada pekan ke-1 Premier League 2022/2023, Sabtu (6/8/2022). (c) AP Photo

Bek Crystal Palace Nathaniel Clyne berduel dengan bek Arsenal Oleksandr Zinchenko ketika kedua tim bertemu pada pekan ke-1 Premier League 2022/2023, Sabtu (6/8/2022). (c) AP Photo

Oleksandr Zinchenko mengisi posisi fullback kiri dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Pemain belakang anyar Arsenal tersebut diganjar ponten 8,1 untuk penampilannya pada laga menghadapi Crystal Palace.

Didatangkan dari Manchester City pada bursa transfer musim panas ini, Zinchenko langsung tancap gas. Pada laga perdananya bersama Arsenal di Premier League 2022/2023 ini, ia mencatatkan satu assist dan dua kunci dari 48 umpan yang dilepaskannya. Akurasi umpannya pun tergolong apik dengan capaian 81,3 persen.

Untuk urusan bertahan, pemain asal Ukraina ini pun sangat apik. Ia mencatatkan lima tackle, tiga intersep, dan satu sapuan. Pada laga kontra Palace, Zinchenko mencatatkan dua duel udara sukses.

6 dari 11 halaman

Emerson Royal - 7,6

Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol Ryan Sessegnon ke gawang Southampton dalam partai Premier League, Sabtu (6/8/2022). (c) AP Photo

Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol Ryan Sessegnon ke gawang Southampton dalam partai Premier League, Sabtu (6/8/2022). (c) AP Photo

Sektor gelandang kanan dalam starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 diisi oleh Emerson Royal. Gelandang Tottenham Hotspur ini mendapat nilai 7,6 untuk performanya pada laga kontra Southampton.

Emerson tampil garang pada laga kontra Southampton. Ia mencatatkan dua dribble sukses pada laga ini. Selain itu, pemain asal Brasil ini juga mencatatkan 43 umpan sukses dari 50 umpan yang dilepaskannya. Dari 43 umpan akurat yang dicatatkannya tersebut, Emerson mencetak satu assist dan dua umpan kunci.

Pemain berusia 23 tahun tersebut juga apik dalam membantu pertahanan. Ia mencatatkan tiga tackle, dua sapuan, dan satu blok.

7 dari 11 halaman

Joelinton - 8,7

(c) AP Photo

(c) AP Photo

Joelinton terpilih mengisi satu posisi di ruang mesin starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Penggawa Newcastle United tersebut mendapat nilai 8,7 atas penampilannya pada laga kontra Nottingham Forest.

Dalam laga tersebut, Joelinton menjadi distributor yang baik bagi timnya. Pemain asal Brasil tersebut mencetak satu assist dan tiga umpan kunci dari 48 umpan akurat yang dicatatkannya pada laga ini.

Pemain 25 tahun ini juga piawai melewati adangan lawan. Tercatat, ia mencatatkan empat dribble sukses pada laga tersebut. Joelinton pun sempat melepaskan tiga tembakan pada laga kontra Forest.

Berposisi sebagai gelandang serang, Joelinton pun tak segan membantu pertahanan. Ia mencatatkan satu tackle dan dua intersep pada pertandingan tersebut.

8 dari 11 halaman

Dejan Kulusevski - 8,6

Pemain Tottenham, Dejan Kulusevski (kiri) berebut bola dengan penggawa Middlesbrough dalam laga putaran kelima FA Cup hari Rabu (2/3/2022). (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Dejan Kulusevski (kiri) berebut bola dengan penggawa Middlesbrough dalam laga putaran kelima FA Cup hari Rabu (2/3/2022). (c) AP Photo

Sebagai partner Joelinton di jantung lini tengah starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 ada nama Dejan Kulusevski. Penggawa Tottenham Hotspur tersebut mendapat ponten 8,6 untuk penampilannya pada laga kontra Southampton.

Dejan Kulusevski melanjutkan performa apiknya dari musim lalu. Pemain asal Swedia tersebut masih menjadi nyawa lini tengah Spurs pada laga kontra Southampton.

Dalam laga kontra Southampton, ia mencatatkan satu gol dan satu assist. Selain itu, pemain 22 tahun ini juga mencatatkan tiga umpan kunci dari 36 umpan akurat yang dilepaskannya pada laga tersebut.

Untuk urusan pertahanan, eks penggawa Juventus tersebut juga terhitung rajin. Ia mencatatkan empat tackle pada laga kontra Southampton.

9 dari 11 halaman

Jack Harrison - 7,9

Joao Moutinho mencetak gol dalam laga Manchester United vs Wolverhampton, Selasa (4/1/2022) (c) AP Photo

Joao Moutinho mencetak gol dalam laga Manchester United vs Wolverhampton, Selasa (4/1/2022) (c) AP Photo

Posisi gelandang kiri di starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 ditempati Jack Harrison. Performa pemain Leeds United ini kala menghadapi Wolverhampton Wanderers diganjar nilai 7,9.

Harrison menjadi pemain yang paling banyak meneror lini pertahanan Wolves pada laga tersebut. Tak cuma dengan dua dribble sukses yang ia catatkan, Harrison juga mengobrak-abrik barisan pertahanan Wolves dengan tujuh umpan kunci dan satu assist dari 16 umpan akuratnya pada laga ini.

Pemain Inggris berusia 25 tahun ini pun tak segan dalam membantu pertahanan. Ia mencatatkan dua tackle, satu intersep, dan satu sapuan pada laga kontra Wolves.

10 dari 11 halaman

Danny Welbeck - 8,2

Pemain Brighton, Danny Welbeck (c) AP Photo

Pemain Brighton, Danny Welbeck (c) AP Photo

Danny Welbeck menempati satu tempat di sektor ujung tombak starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023. Pemain Brighton and Hove Albion ini mendapat nilai 8,2 untuk penampilannya pada laga kontra Manchester United.

Welbeck menjadi momok bagi mantan klubnya tersebut. Ia melepas lima tembakan ke gawang David De Gea. Selain itu, ia pun sukses membuat Harry Maguire dan kawan-kawan kalang kabut dengan catatan empat dribble sukses.

Welbeck memang tak mencetak gol pada laga kontra United. Namun,ia mencatatkan satu assist dan tiga umpan kunci pada laga ini.

11 dari 11 halaman

Aleksandar Mitrovic - 9,6

Alekandar Mitrovic usai mencetak gol ke gawang Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Alekandar Mitrovic usai mencetak gol ke gawang Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Pemain terakhir di starting eleven terbaik pekan pertama Premier League 2022/2023 adalah Aleksandar Mitrovic. Penggawa Fulham ini diganjar ponten 9,6 untuk performanya pada laga kontra Liverpool.

Mitrovic jadi buah bibir akhir pekan ini. Ia sukses membuat bintang Liverpool, Virgil van Dijk, jadi bahan cemoohan ketika gagal menghentikan serbuan pemain asal Serbia tersebut. Mitrovic sendiri mencatatkan dua dribble sukses pada laga ini.

Dalam laga ini, Mitrovic juga mencetak dua gol dari tiga tembakan yang ia lepaskan.

Pemain bertinggi 189 sentimeter ini juga luar biasa di udara. Ia memenangi sebelas duel udara pada laga kontra The Reds.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR