BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sudah Tua dan Performa Menurun, Kenapa MU Pertahankan Juan Mata?

25-08-2021 16:50 | Serafin Unus Pasi

Selebrasi Juan Mata usai menyumbang gol buat Manchester United kala melawan Wolverhampton dalam laga pekan terakhir Premier League, Minggu (23/5/2021). (c) AP Photo
Selebrasi Juan Mata usai menyumbang gol buat Manchester United kala melawan Wolverhampton dalam laga pekan terakhir Premier League, Minggu (23/5/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United, Rio Ferdinand merasa lega melihat Juan Mata di skuat Setan Merah saat ini. Ia menilai Mata adalah pemain yang sangat penting bagi skuat MU meski ia jarang bermain.

Beberapa tahun terakhir, Mata memang mulai kehilangan tempatnya di skuat utama Manchester United. Ia kalah bersaing dengan nama-nama seperti Mason Greenwood dan Bruno Fernandes sehingga ia lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Mata sendiri kontraknya habis di musim panas ini. Namun Manchester United berhasil meyakinkan sang playmaker untuk bertahan setidaknya hingga tahun 2022 mendatang.

Menurut Ferdinand, MU telah mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan Mata. "Juan adalah pemain pelapis di tim ini, di mana ia bermain 18 pertandingan di musim lalu. Namun ia masih diberi kesempatan dan ia selalu membantu tim ini," ujar Ferdinand kepada FIVE.

Baca komentar lengkap mantan bek MU itu selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Masih Berguna

Ferdinand menilai Mata belum sepenuhnya habis. Ia menilai sang gelandang kini punya peran yang berbeda di skuat MU.

"Terkadang anda membutuhkan pembeda di tim anda, dan anda tidak bisa mengharapkan itu dari Juan Mata. Ia kini sudah menua dan ia tidak setajam sebelum-sebelumnya,"

"Ketika ia bermain, ia menjadi pengatur irama permainan dan ia menjadi pemain yang bertugas untuk menahan bola. Dia adalah pesepakbola yang cerdas dan pemain yang sangat bagus untuk tim ini,"

2 dari 3 halaman

Efek di Luar Lapangan

Ferdinand juga menilai ada alasan mengapa MU memutuskan mempertahankan Mata. Ia menyebut sang playmaker punya pengaruh yang positif di ruang ganti dan itu penting untuk menjaga kestabilan tim.

"Terkadang mempertahankan seorang pemain tidak hanya karena apa yang bisa ia tawarkan di atas lapangan. Terkadang seorang pemain dipertahankan karena ia punya peran yang lain,"

"Setiap tim membutuhkan pemain yang memiliki pengaruh besar di ruang ganti dan mampu mempengaruhi pemain lain. Saya rasa Juan Mata adalah pemain itu," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Belum Dapat Jatah

Sejauh ini Mata belum diberikan kesempatan bermain oleh Solskjaer.

Ia duduk di bangku cadangan saat MU berhadapan dengan Leeds United dan Southampton.

(FIVE)

KOMENTAR