BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sudah Ada David Luiz, Emery Persilahkan Mustafi Tinggalkan Arsenal

10-08-2019 07:26 | Yaumil Azis

Shkodran Mustafi (c) Arsenal FC Shkodran Mustafi (c) Arsenal FC

Bola.net - Bek Arsenal, Shkodran Mustafi, masih laris dalam bursa transfer meski dinilai buruk di sepanjang musim 2018-2019 kemarin. Sang pelatih, Unai Emery, membukakan pintu baginya jika memang ingin hengkang dari Emirates Stadium.

Mustafi merupakan sasaran kritikan publik atas sejumlah gol-gol yang bersarang ke gawang Arsenal di musim lalu. Ia dianggap tampil buruk sehingga membuat Bernd Leno dan Petr Cech harus sering memungut bola dari gawangnya.

Arsenal lalu dituntut mencari bek baru guna menggantikan Mustafi sebagai duet Sokratis Papastathopoulos di musim panas ini. Mereka memberikan jawaban dengan merekrut sosok berpengalaman, David Luiz, dari Chelsea jelang penutupan bursa transfer kemarin.

Sementara itu, porsi bermain Mustafi juga perlahan mulai dikurangi oleh Unai Emery. Hal itu terlihat di serangkaian laga uji coba beberapa waktu lalu, di mana pelatih asal Spanyol tersebut lebih mengutamakan Calum Chambers ketimbang Mustafi.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Persilahkan Mustafi Pergi

Emery lalu mempertegas situasi Mustafi dalam konferensi pers jelang laga pekan perdana Premier League kontra Newcastle United yang digelar Minggu (11/8/2019). Ia mempersilahkan sang bek untuk mencari klub baru sebelum bursa transfer di negara lain berakhir.

"Saya berbicara dengannya saat kami memulai pramusim, dan saya berbincang dengannya lagi dua pekan sebelumnya sambil berkata bahwa ada kemungkinan di akan pergi," ujar Emery dikutip dari Goal.

"Kami memutuskan untuk lebih kompetitif dalam setiap posisi, di bek sentral dengan David Luiz, dan pemain lainnya di tengah bersama [Dani] Ceballos, dengan Kieran Tierney, dengan Nicolas Pepe," lanjutnya.

"Saya pikir, dengan menjadi lebih kompetitif, kami bisa memberikan respon yang lebih baik di musim ini. Beberapa pemain mungkin telah merasa bahwa mereka akan bermain lebih sedikit dengan situasi itu dan bisa pergi," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Keputusan di Tangan Mustafi

Namun Emery tidak ingin mengambil keputusan sepihak. Semua keputusan ia serahkan kepada Mustafi. Tapi tentu saja ada resiko dirinya bakalan lebih sering duduk di bangku cadangan ketimbang tampil di lapangan.

"Itu adalah keputusan yang diambil bersama sang pemain, klub, dengan tim. Pada saat ini dia [Mustafi] berada di sini dan bila kami sangat butuh dia, maka dia akan bermain bersama kami. Saya yakin dia bisa tampil dengan baik," tandasnya.

Sejauh ini, Arsenal memiliki enam pemain untuk memperebutkan dua posisi bek sentral dalam formasi 4-2-3-1 andalan Emery. Kemungkinan besar akan ada lagi yang keluar pada bulan Januari nanti, terlebih jika Rob Holding sudah benar-benar pulih dari cederanya.

(Goal International/Yaumil Azis)

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR