BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Strategi Belanja Arsenal Diungkap Mikel Arteta, Fase Pertama Soal Keseimbangan

29-03-2021 03:07 | Yaumil Azis

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo
Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Bola.net - Membangun ulang Arsenal sejak masa kepemimpinan Arsene Wenger bukanlah hal mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati, sebagaimana kata Mikel Arteta selaku pelatih.

Arteta ditunjuk sebagai pelatih baru the Gunners selang kabar pemecatan Unai Emery mencuat ke permukaan. Di sela-sela waktu, ada Freddie Ljungberg yang menempati kursi kepelatihan dengan status interim.

Pria berkebangsaan Spanyol tersebut memberikan secercah harapan buat the Gunners. Tetapi, dalam beberapa kesempatan, Arteta juga harus melalui masa-masa buruk yang membuat klub harus bertengger nyaris di papan bawah Premier League.

Untungnya, kepercayaan manajemen Arsenal kepada mantan asisten pelatih Manchester City itu sangat tinggi. Arteta juga mampu membalas kepercayaan tersebut dengan membalikkan peruntungan Arsenal.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Babak Pertama: Keseimbangan

Meskipun sudah berada dalam momen yang baik, Arsenal tetap dirundung kritikan dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari sang legenda klub, Tony Adams, yang menyoroti kebijakan manajemen dalam bursa transfer.

Untuk yang satu ini, Arteta harus memberikan pembelaan. Pelatih berusia 39 tahun tersebut mengungkap strategi klub yang disusun rapih untuk membawa the Gunners kembali ke masa kejayaannya.

"Pertama-tama saya berpikir bahwa anda harus menetapkan dengan jelas prinsip soal apa yang ingin diraih dan prosesnya, gunanya untuk meminimalisir resiko tiap kali kami mendapatkan seorang pemain," katanya kepada Astro SuperSport.

"Saat saya berkata soal keseimbangan skuad, itu adalah sesuatu yang berkaitan dengan perekrutan. Pertama-tama skuad harus terlihat seimbang dan dalam kondisi yang baik," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Fase Berikutnya

Setelahnya, barulah Arsenal bisa mulai mencari pemain-pemain yang bisa meningkatkan levelnya. Tanpa melupakan prinsip yang selama ini dipegang teguh oleh raksasa Inggris tersebut, yakni mempromosikan pemain muda bertalenta dari akademinya.

"Setelahnya anda bisa berbicara soal membawa skuad ke level yang berbeda, meningkatkan perekrutan, meningkatkan kualitas skuad dari segi individu dan posisi spesifik yang kami inginkan," tambahnya.

"Namun juga, sebagai bagian dari perekrutan - dan penting buat klub ini - adalah pemain muda kami. Saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan klub ini, seluruh pelatih di seluruh babak, agar bisa memiliki kualitas dan talenta yang kami punya di klub."

"Jadi, kami harus menciptakan ruang di dalam skuad agar bisa memberikan kesempatan dan mulai menyesuaikan tim utama untuk para pemain muda. Dan itulah kunci masa depan kami," pungkasnya.

(Astro SuperSport - via Metro)

KOMENTAR