Steve McClaren, Sosok yang Akan Meringankan Beban Berat Erik ten Hag di MU

Ari Prayoga | 19 Juni 2022, 06:21
Steve Mcclaren (c) AFP
Steve Mcclaren (c) AFP

Bola.net - Sosok Steve McClaren diyakini akan berperan penting membantu Erik ten Hag dalam tugas beratnya di Manchester United. Keyakinan itu dilontarkan striker legendaris Setan Merah, Teddy Sheringham.

Setelah tugas Ralf Rangnick sebagai manajer interim rampung, Manchester United kini mulai dibesut oleh Ten Hag yang sudah ditunjuk mengisi pos manajer sejak April lalu.

Baru-baru ini, Manchester United pun juga sudah resmi menunjuk dua sosok untuk menjadi asisten Ten Hag. Dua nama itu adalah McClaren dan Mitchell van der Gaag.

1 dari 4 halaman

Sosok Steve McClaren

Manchester United (c) AP Photo

Manchester United (c) AP Photo

McClaren bukanlah sosok bagbarui Ten Hag. Keduanya pernah berkolaborasi di Twente dan mempersembahkan gelar juara Eredivisie pada musim 2009/10 silam.

Selain itu, ini juga bukanlah kali pertama McClaren menjabat sebagai asisten manajer di Manchester United. Ia pernah menjadi tangan kangan Sir Alex Ferguson pada 1999 hingga 2001 silam.

McClaren pun sudah malang melintang di sepak bola Inggris, Belanda, hingga Jerman sebagai manajer. Jadi, soal pengalaman bukanlah masalah besar baginya.

2 dari 4 halaman

Keyakinan Teddy Sheringham

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. (c) Manchester United

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. (c) Manchester United

Atas dasar itulah, Sheringham pun meyakini bahwa sosok McClaren akan sangat membantu Ten Hag dalam bekerja sebagai manajer Manchester United.

“McClaren akan membantunya memahami etos Manchester United dan sejarahnya, sambil juga mempelajari pengalamannya memenangkan banyak hal bersama Sir Alex," ujar Sheringham kepada Lord Ping seperti dikutip Sportbible.

"Sir Alex selalu memberi tahu para pemainnya bahwa merupakan suatu kehormatan bagi mereka bermain untuk United dan apa artinya United bagi orang-orang dan kota Manchester." imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Seluk Beluk Manchester United

Erik Ten Hag (c) MUFC Official

Erik Ten Hag (c) MUFC Official

Bagi Sheringham, yang paling krusial dari kehadiran sosok McClaren adalah bahwa dia akan mampu mengulangi cerita-cerita Sir Alex soal seluk beluk Manchester United yang tak banyak orang tahu.

“Dia akan berbicara tentang Busby Babes, legenda yang bermain untuk klub. Ini adalah hal-hal yang kuat dan menyatukan orang-orang," tutur Sheringham.

"United berjalan dalam dan Steve mengerti itu. Dan dia akan memastikan bahwa para pemain, jika mereka belum, memahaminya juga,"

“Sulit bagi Ten Hag untuk langsung memahaminya. Steve akan membantunya - dia telah menjadi bagian dari sejarah United." tukasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR