Statistik Pekan Pertama Arsenal dan Chelsea, Bak Bumi dan Langit

Gia Yuda Pradana | 22 Agustus 2021, 10:28
Premier League, Arsenal vs Chelsea (c) Bola.net
Premier League, Arsenal vs Chelsea (c) Bola.net

Bola.net - Arsenal akan menghadapi Chelsea pada laga pekan kedua Premier League 2021/2022. Derby London Barat Laut ini akan dihelat di Emirates Stadium, Minggu (22/08) malam WIB.


Sama-sama berasal dari London, Arsenal dan Chelsea memiliki modal kontras jelang pertandingan ini. Pada laga pekan pertama, Arsenal mengalami kekalahan kala menantang Brentford. Sementara, Chelsea meraih kemenangan saat menjamu Crystal Palace.

Hasil ini juga memberi tekanan berbeda bagi kedua tim jelang persuaan mereka. Juru taktik Arsenal, Mikel Arteta, berada dalam tekanan menyusul kekalahan anak asuhnya pada laga perdana mereka. Bahkan, muncul sejumlah tuntutan agar pelatih asal Spanyol tersebut dipecat.

Bagaimana sejatinya catatan statistik kedua tim pada laga perdana mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Bak Bumi dan Langit

Pemain Arsenal, Kieran Tierney (c) AP Photo

Pemain Arsenal, Kieran Tierney (c) AP Photo

Laman statistik Whoscored memberi penilaian yang kontras bagi penampilan Arsenal dan Chelsea pada laga pertama mereka lalu. Penilaian ini bisa dibilang bak bumi dan langit.

Arsenal, oleh laman Whoscored, diberi ponten 6,34 untuk penampilan mereka pada pekan lalu. Nilai ini membuat The Gunners menempati peringkat ke-18 di antara klub-klub peserta Premier League 2021/2022.

Sementara, oleh Whoscored, performa Chelsea pada laga pertama lalu diberi nilai 7,18. Berkat nilai ini, The Blues menempati peringkat kedua di antara klub-klub peserta Premier League 2021/2022.

2 dari 4 halaman

Sama-Sama Kuasai Pertandingan

Selebrasi Marcos Alonso (kiri) usai cetak gol untuk Chelsea (c) AP Photo

Selebrasi Marcos Alonso (kiri) usai cetak gol untuk Chelsea (c) AP Photo

Kendati mendapat hasil bertolak belakang, sejatinya kedua tim tersebut sama-sama menguasai pertandingan. Hal tersebut bisa dilihat dari penguasaan bola mereka.

Pada laga kontra Brentford, Arsenal mencatatkan penguasaan bola sebesar 64,7%. Sementara, pada laga kontra Crystal Palace, Chelsea mencatatkan penguasaan bola sebesar 61,7%.

3 dari 4 halaman

Arsenal Gagal, The Blues Sukses

Pemain Arsenal memberikan aplaus kepada fans usai laga pekan perdana (c) AP Photo

Pemain Arsenal memberikan aplaus kepada fans usai laga pekan perdana (c) AP Photo

Sama-sama mendominasi penguasaan bola, Arsenal dan Chelsea berbeda dalam kesuksesan memanfaatkan peluang. Arsenal memang mampu melepas 22 tembakan pada laga tersebut. Namun, hanya empat dari 22 tembakan tersebut yang mengarah ke gawang Brentford. Sisanya, 14 tembakan melenceng dari sasaran dan empat tembakan diblok pemain bertahan Brentford.

Sementara, dalam laga kontra Palace, Chelsea melepas 13 tembakan. Dari 13 tembakan, enam di antaranya mengarah ke gawang Palace. Sementara, lima tembakan melenceng dari sasaran dan dua tembakan lainnya diblok pemain bertahan Palace.

4 dari 4 halaman

Kualitas Chelsea Lebih Mengkilap

Chelsea langsung tancap gas di pekan ke-1 Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Chelsea langsung tancap gas di pekan ke-1 Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Tak hanya kemampuan melepas tembakan jitu ke gawang lawan, urusan kualitas peluang pun, Chelsea mengungguli Arsenal. Laman Understat mencatat bahwa The Blues memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,19 dari 13 peluang mereka. Rata-rata, nilai xG peluang-peluang Chelsea sebesar 0,091.

Peluang terbesar Chelsea dimiliki Christian Pulisic pada menit ke-39. Nilai xG peluang, yang berbuah gol tersebut, ditaksir sebesar 0,59.

Sementara, dari 22 peluang mereka sepanjang laga, nilai xG Arsenal ditaksir sebesar 1,02. Rata-rata, nilai xG peluang-peluang The Gunners sebesar 0,046.

Peluang terbesar Arsenal pada laga ini dimiliki Gabriel Martinelli pada menit ke-64. Nilai xG peluang, yang melenceng dari sasaran tersebut, ditaksir sebesar 0,12.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR